Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Pemain Dota 2 Asal Indonesia yang Masuk The International 2023

Kompas.com - 07/07/2023, 09:05 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Liquipedia

KOMPAS.com - Kompetisi e-sports kasta tertinggi di game Dota 2, yaitu The International 2023, akan digelar pada Oktober mendatang di Seattle, Washingon, Amerika Serikat (AS). 

Dalam turnamen ini, ada 20 tim e-sports Dota 2 dari berbagai negara yang akan berlomba-lomba mengejar titel tim terkuat di dunia, sekaligus mengangkat piala prestisius The International 2023. 

Nah, ada satu pemain asal Indonesia yang ikut serta di The International 2023. Namun, ia tidak tergabung dalam tim Indonesia.

Ia adalah Rafli "Mikoto" Rahman, pro player Tanah Air yang biasa memainkan role Solo Middle atau Carry. Ia merupakan anggota tim asal Hong Kong, Talon Esports.

Baca juga: Dijebak dan Ketahuan Curang, 40.000 Pemain Dota 2 Diblokir

Kehadiran Mikoto di Talon Esports juga membuatnya menjadi pro player Dota 2 asal Indonesia pertama yang resmi akan berkompetisi di The International 2023.

Selain itu, Talon Esports juga merupakan tim region Asia Tenggara pertama yang berkompetisi di turnamen bergengsi Dota 2 tersebut.

The International 2023 sebenarnya bukan kompetisi level The International pertama Mikoto. Pada 2022 lalu, ia juga pernah bermain di The International 2022 untuk Talon Esports.

Namun, di kompetisi tersebut, Talon Esports hanya mampu berada di posisi ke-18 dari 20 tim yang berpartisipasi. 

Mikoto juga pernah mengikuti kualifikasi The International di tahun-tahun sebelumnya, seperti The International 2019 dan 2021, bersama Boom Esports.

Hanya saja, mereka gagal lolos kualifikasi, sehingga tak mendapat slot di The International di tahun yang sama.

Dengan begitu, ini merupakan kesempatan Mikoto untuk bersinar dan menunjukkan kemampuannya di The International 2023 dan membawa pulang piala juara dunia Dota 2 untuk Talon Esports.

Pro player Dota 2 Indonesia lainnya

Ilustrasi Boom Esports memenangkan pertandingan melawan Team Spirit di The International 2022.YouTube/Dota2 Ilustrasi Boom Esports memenangkan pertandingan melawan Team Spirit di The International 2022.

Selain Mikoto, skena kompetitif Dota 2 juga dihadiri dengan sejumlah pro player asal Indonesia lainnya.

Mereka adalah Matthew "Whitemon" Filemon dari TSM, Kenny "Xepher" Deo dari Boom Esports, Saieful "Fbz" Ilham dari Team Secret, dan Muhammad "inYourdreaM" Rizky, Daud "db-" Budiawan, Tri "Jhocam" Kuncoro, Rizki "Varizh" Varizh dari Army Geniuses. 

Army Geniuses, Boom Esports, dan Team Secret kemungkinan besar tak akan mengikuti kompetisi The International 2023.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com