Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Game Android dengan Grafik Keren, Gratis dan Berbayar

Kompas.com - 04/07/2023, 19:20 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi sebagian gamer, grafik menjadi salah satu aspek paling penting dalam video game. Dengan grafik yang lebih ciamik atau realistis, pengalaman bermain pun akan menjadi semakin imersif.

Umumnya, game dengan grafik yang keren hadir di komputer (PC) atau konsol-konsol modern, misalnya PlayStation 4 (PS4) dan PS5 buatan Sony, atau Xbox One dan Xbox Series X/S besutan Microsoft.

Meski begitu, perkembangan teknologi memungkinkan smartphone dengan sistem operasi (OS) Android bermain game yang memiliki grafik "cantik". Catatannya, pengguna mesti menyiapkan ponsel dengan spesifikasi yang mumpuni.

Lantas, apa saja game yang "dikemas" dengan grafik yang keren? Berikut daftarnya.

Baca juga: Daftar Game Gratis PS Plus Juli 2023, Ada Call of Duty: Black Ops Cold War

1. Genshin Impact

Ilustrasi karakter Dehya di Genshin Impact.Gematsu Ilustrasi karakter Dehya di Genshin Impact.
List ini diawali oleh game yang sudah tidak asing lagi di telinga gamers, "Genshin Impact". "Genshin Impact" merupakan permainan Role-Playing Game (RPG) yang digarap oleh studio asal China, HoYoverse.

Dalam game ini, pengguna bakal bermain sebagai Traveler, seorang petualang antar dimensi yang terpisah dari saudara kembarnya setelah keduanya mendarat di dunia Teyvat.

Traveler pun akan menelusuri dunia tersebut, mengerjakan berbagai misi, dan melawan berbagai monster atau bos dengan beberapa elemen, mulai dari Electro (listrik) hingga Pyro (api).

Dari segi grafik, game ini terlihat seperti perpaduan permainan "Ni No Kuni" dan "The Legend of Zelda: Breath of the Wild". Hal ini dikarenakan oleh visual animenya yang penuh warna. Dalam pengaturan grafik rendah pun, game ini bakal tetap terlihat indah.

Bila tertarik untuk mencoba, pemain disarankan untuk menggunakan ponsel dengan CPU Qualcomm Snapdragon 854 atau lebih baik.

Pengguna juga memerlukan RAM minimal 4 GB, media penyimpanan (storage) sekitar 20 GB dan sistem operasi Android 8.1 atau lebih tinggi.

"Genshin Impact" dapat diunduh secara gratis lewat tautan berikut ini.

2. Ark: Survival Evolved

Ark: Survival EvolvedGoogle Play Ark: Survival Evolved
Berikutnya ada "Ark: Survival Evolved", yakni game bertahan hidup (survival) yang mengharuskan pemain untuk menjelajahi dunia prasejarah, sambil menangkap dan menjinakkan puluhan dinosaurus purba.

Karena merupakan game survival, pemain tentunya akan mengumpulkan banyak bahan baku untuk berbagai kebutuhan, mulai dari membangun rumah hingga membuat makanan.

Menariknya, game ini juga memiliki mode multiplayer dengan ratusan pemain. Siapa yang kuat, ia yang bertahan hidup.

"Ark: Survival Evolved" dapat dikatakan memiliki grafik yang baik karena detail yang tinggi pada setiap model karakter, dinosaurus, dan objek.

Game besutan Studio Wildcard ini mengharuskan pemain menyiapkan perangkat dengan chipset Snapdragon 835 dan RAM minimal 3 GB.

Perangkat juga harus menjalankan Android 7.0, memiliki storage kosong minimal 2 GB, dan mempunyai dukungan Vulkan.

Vulkan itu sendiri adalah antarmuka (Application Programming Interface/API) yang diperlukan untuk game 3D dengan performa tinggi.

"Ark: Survival Evolved" bisa di-download tanpa pungutan biaya lewat tautan berikut ini.

Baca juga: Game Berburu Zombie Undawn Meluncur, Pemain di Android, iOS, dan PC Bisa Mabar

3. Grid Autosport

ilustrasi Grid AutosportFeral Interactive ilustrasi Grid Autosport
"Grid Autosport" adalah game balapan mobil (racing) yang digarap oleh Feral Interactive.

Game yang pertama kali hadir di konsol lawas PlayStation 3 dan Xbox 360 ini menawarkan pengalaman menyetir yang diklaim realistis. Sebab, setiap mobil memiliki karakteristik dan kontrol yang berbeda.

Misalnya Aston Martin Zagato V12 2011untuk balap jalanan (street racing) dan Holden VF Commodore untuk disiplin balap mobil turing.

Pemain bisa menikmati berbagai mode permainan seperti mode "Career", "Time Trial", "Quick Race", "Demolition Derby", dan masih banyak lagi. "Career" merupakan mode utama di "Grid Autosport" yang memungkinkan gamers untuk merintis karirnya.

Meskipun merupakan game lawas, grafik "Grid Autosport" masih terlihat ciamik, terutama pada bagian detail model setiap mobil.

Sebelum menjajal game ini, pengguna mesti menyiapkan perangkat dengan sistem operasi Android 9.0 dan storage 3.9 GB.

Ada banyak ponsel yang bisa memainkan game ini, seperti Asus ROG Phone 2 dan Xiaomi Note 8 Pro.

Game yang dapat dimainkan sendiri atau secara online ini dibanderol seharga Rp 59.900 di Google Play Store.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com