Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Game Harga di Bawah Rp 10.000 di Steam Summer Sale, Ada Game Indonesia

Kompas.com - 04/07/2023, 18:30 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber SteamDB

KOMPAS.com - Platform distribusi game, Steam, sedang menggelar promosi diskon besar-besaran bertajuk "Summer Sale 2023".

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Valve selaku pemilik Steam memangkas harga game dengan potongan harga yang bervariasi, mulai dari 10 hingga 95 persen.

Dengan demikian, beberapa game di pesta diskon ini dijual dengan harga di bawah Rp 10.000. Sejumlah game yang harganya "disunat" juga dikembangkan oleh developer asal Indonesia.

Contohnya saja game zombi "Infectonator: Survivors" yang dikembangkan oleh Toge Productions.

Game ini mengusung genre survival alias bertahan hidup yang mengombinasikan mekanisme gameplay Tower Defense dan manajemen.

Baca juga: Steam Summer Sale 2023 Digelar, Harga Game Mulai Rp 9.000

Pada dasarnya, Tower Defense merupakan sistem permainan yang mengharuskan gamers bertahan hidup dari serbuan musuh yang dibagi menjadi beberapa gelombang atau arus.

Di sisi lain, manajemen dalam konteks "Infectonator: Survivors" merujuk pada pengumpulan material dan senjata untuk bertahan hidup.

Menariknya, game ini juga memiliki elemen "Roguelike", sehingga pemain harus mengulang game dari awal apabila "darah" menyentuh angka nol.

Begitu mengulang, peta (map) dalam permainan akan berubah total sehingga gamers tidak bisa mempelajari rute menuju kemenangan.

Game yang digarap oleh developer seri "Coffee Talk" ini bisa diboyong dengan harga Rp 9.100. Angka ini sudah dipotong 90 persen dari harga awal Rp 90.999.

Beralih ke game karya anak bangsa berikutnya, ada "MagiCat" yang dibuat oleh tim Kucing Rembes.

MagiCatSteam MagiCat
"MagiCat" mengajak gamers untuk bermain sebagai kucing yang berusaha merebut kembali artefak berharga yang dicuri.

Menilik dari sisi gameplay, permainan ini merupakan platformer dengan sudut pandang ke samping (2D) alias side scroller. Dengan sistem gameplay seperti ini, "MagiCat" dapat dikatakan mirip dengan seri "Super Mario Bros." atau "Kirby".

Dalam petualangannya, kucing dengan topi penyihir tersebut bisa menggunakan berbagai kemampuan (skill) seperti melompat tinggi dan melempar bola api.

Sepanjang perjalanan, sang kucing bakal mendapatkan bermacam-macam item mumpuni untuk menaklukkan musuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com