Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aplikasi Cek Kualitas Udara untuk Android dan iPhone

Kompas.com - Diperbarui 16/08/2023, 08:53 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Baru-baru ini kabar mengenai kualitas udara di Jakarta terus memburuk. Hal ini tentu mengkhawatirkan bagi masyarakat. Kualitas udara yang terus menurun tentu membuat sebagian masyarakat memperketat melindungi kesehatannya, seperti menggunakan masker dan menggunakan penyaring udara (air purifier).

Tak hanya itu, salah satu upaya lain dalam melindungi diri adalah dengan memperhatikan tingkat kualiats udara. Dengan mengetahui nilai kualitas udara, masyarakat dapat lebih perhatian terhadap kesehatan serta dapat mengantisipasi berbagai bahaya yang terjadi akibat kualitas udara yang tidak bagus.

Untuk menilai kualitas udara, Anda dapat mengeceknya dengan mudah lewat aplikasi cek kualitas udara. Beberapa aplikasi ini bisa didapatkan melalui toko aplikasi Android (Google Play Store) dan App Store (iOS).

Aplikasi cek kualitas udara biasanya akan menampilkan kualitas udara waktu nyata, statistik polusi, serta prakiraan cuaca dan iklim terperinci. Adapun kalitas udara diukur dengan Air Quality Index yang disingkat AQI.

AQI bekerja seperti termometer yang dimulai dari 0 hingga 500 derajat. Paramater ini menunjukkan jumlah polusi di udara dalam skala derajat. Selain itu, aplikasi cek kualitas udara akan menggunakan data-data dari situs web pemerintah dan banyak lembaga lokal lainnya.

Bagi Anda yang ingin mencoba mengecek kualitas udara di wilayah yang sedang Anda tempati, selengkapnya berikut beberapa aplikasi yang bisa Anda coba.

Baca juga: Kualitas Udara Jakarta Terus Memburuk, Cek lewat Aplikasi Ini

AirVisual

AirVisualSee The Air AirVisual

Aplikasi AirVisual merupakan salah satu aplikasi cek kualitas udara yang cukup akurat. AirVisual dapat mendeteksi kualitas udara hingga 80 negara dan lebih dari 10.000 kota berdasarkan data tepercaya.

Fitur utama dari aplikasi ini mencakup waktu real-time yang detail dan data polusi udara. AirVisual dapat diakses secara gratis serta tanpa iklan dan bisa diunduh di Play Store (Android) atau App Store (iOS). Cara menggunakan AirVisual dapat disimak pada artikel berikut ini.

Plume labs

Plume LabsPlume Labs Plume Labs

Plume labs dapat mendeteksi kualitas udara dan polusi serta terhubung dengan 12.000 stasiun pemantauan lingkungan di sekitar 60 negara berbeda. Aplikasi ini juga memeriksa data tentang faktor-faktor, seperti waktu, kondisi cuaca, dan lainnya.

Saat ini Plume Labs secara resmi diakuisisi oleh perusahaan ramalan cuaca terkenal, AccuWeather. Plume Labs dapat diunduh secara gratis di Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Air Matters

AirMattersGeekFlare AirMatters

Air Matters merupakan aplikasi yang tersedia di banyak negara untuk membantu pengguna memantau kualitas udara setiap jam, mingguan, dan harian.

Aplikasi ini juga memberikan akan peringatan polusi dan terus memperbarui pengguna dengan banyak informasi lainnya, seperti suhu, tingkat kelembapan, kecepatan angin, dan lainnya. Anda dapat mengunduh aplikasi Air Matters di Play Store (Android) atau App Store (iOS). 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com