Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kualitas Udara Jakarta Terus Memburuk, Cek lewat Aplikasi Ini

Kompas.com - Diperbarui 15/06/2023, 06:25 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Kualitas udara Jakarta terus memburuk, sebagaimana disampaikan anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Justin Adrian. Justin pun mempertanyakan kinerja pengawasan dan pengendalian kualitas udara oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta.

Menurut Justin, kondisi kualitas udara Jakarta yang memburuk diperparah dengan lemahnya penindakan DLH DKI Jakarta terhadap aktivitas industri di Jakarta yang menghasilkan polusi dan limbah.

Baca juga: Hindari Bawa Kendaraan ke Jakarta pada Hari dan Jam Berikut Ini jika Tidak Mau Kena Macet

Sementara itu, di kesempatan yang berbeda, pihak DLH DKI Jakarta sebelumnya sempat menyampaikan kualitas udara Jakarta yang memburuk belakangan ini disebabkan lantaran musim kemarau, sebagaimana dilansir Kompas.com, Selasa (14/6/2023).

Sub-Koordinator Kelompok Pemantauan Lingkungan Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Rahmawati menjelaskan, musim kemarau membuat konsentrasi polutan di wilayah Jakarta meningkat.

Rahmawati memaparkan, peningkatan konsentrasi polutan atau bahan yang menyebabkan polusi di Jakarta sudah terlihat sejak April 2023. Pada saat itu, rata-rata bulanan konsentrasi polutan PM 2,5 sebesar 29,75 mikrogram per kubik.

Angka konsentrasi polutan tersebut kemudian naik hampir dua kali lipat menjadi 50,21 mikrogram per kubik pada Mei 2023. Menurut Rahmawati, konsentrasi polutan akan berangsur-angsur menurun setelah melewati musim kemarau.

Terlepas dari faktor utamanya, kualitas udara Jakarta saat ini cukup memprihatinkan. Per periode 14 Juni 2023, pukul 09.00 WIB, Kota Jakarta menempati urutan kedua di bawah Kota Delhi, India, sebagai kota besar dengan kualitas udara terburuk.

Berdasarkan data yang disajikan perusahaan teknologi kualitas udara, IQAir, di aplikasi AirVisual, tercatat skor AQI (Air Quality Index atau Indeks Kualitas Udara) kota jakarta secara keseluruhan per periode tersebut mencapai angka 145.

Skor tersebut menandakan banyak polutan di Jakarta dan bisa membahayakan kelompok masyarakat tertentu. Di Jakarta, beberapa wilayah bahkan kualitas udaranya ada yang menyentuh skor AQI 150 ke atas, yang berarti sangat tidak sehat untuk kelompok umum.

Untuk mengetahui skor AQI di Jakarta tersebut, masyarakat juga bisa memantaunya sendiri. Lantas, bagaimana cara mengetahui udara yang tercemar di Jakarta? Seperti yang sempat disinggung di atas, cara cek kualitas udara bisa dilakukan via aplikasi AirVisual.

Bila hendak mencobanya, berikut adalah penjelasan mengenai cara cek kualitas udara di Jakarta melalui aplikasi AirVisual.

Cara cek kualitas udara di Jakarta via aplikasi AirVisual

  • Unduh aplikasi AirVisual lewat App Store (iOS) atau Google Play Store (Android).
  • Buka aplikasi AirVisual di ponsel.
  • Pastikan aplikasi telah diizinkan untuk mengakses fitur Lokasi (GPS).
  • Kemudian, tambahkan lokasi atau tempat yang ingin dipantau kualitas udaranya.
  • Setelah itu, bakal muncul secara otomatis skor kualitas udara di lokasi tersebut.
  • Pengguna juga bisa melihat skor kualitas udara di wilayah lain dengan mengetuk menu “Peta” yang terdapat di bagian bawah layar aplikasi.
  • Selain itu, pengguna juga dapat melihat daftar peringkat perolehan skor kualitas udara di wilayah Ibu Kota dari berbagai negara. Caranya, klik menu “Berita & Peringkat”.

Ilustrasi cara cek kualitas udara di Jakarta via AirVisual.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara cek kualitas udara di Jakarta via AirVisual.

Selain memberikan informasi skor AQI, aplikasi AirVisual juga dapat menyajikan rekomendasi tindakan yang harus dilakukan di tengah kualitas udara buruk. Itulah cara cek kualitas udara di Jakarta melalui aplikasi AirVisual.

Sebagai informasi tambahan, AirVisual akan menampilkan skor dari skala 0-500 untuk menilai kualitas udara di sebuah wilayah. Dalam hal ini, semakin tinggi skor yang diperoleh maka kualitas udaranya diindikasi semakin buruk.

Dikutip dari laman resmi IQAir selaku pengembang AirVisual, tiap negara punya parameter yang berbeda untuk menghasilkan skor Indeks Kualitas Udara (AQI). Perbedaan parameter umumnya terletak pada seberapa banyak jenis polutan yang dihitung.

Baca juga: Data Center Edge DC di Jakarta Pakai Energi Ramah Lingkungan

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com