Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Game Mengecewakan Paruh Pertama 2023 Versi Metacritic

Kompas.com - 12/07/2023, 16:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Metacritic

KOMPAS.com - Dengan berakhirnya paruh pertama tahun 2023, berbagai situs, media, dan kreator konten mulai membagikan daftar game paling baik serta paling mengecewakan, tepatnya yang diluncurkan dari bulan Januari hingga Juni 2023.

Salah satunya adalah situs ulasan game, film, dan serial televisi bernama Metacritic. Situs ini pada dasarnya mengumpulkan dan merangkum ratusan ulasan game dari berbagai situs berita, seperti IGN dan GamesRadar+.

Setelah dirangkum, berbagai skor yang diberikan situs berita tersebut dikonversi menjadi angka baru, dari 0 hingga 100.

Baca juga: Daftar Game Terbaik Paruh Pertama 2023 Versi OpenCritic, Ada Zelda dan Resident Evil 4

Lantas, apa saja game yang gagal "melampaui" ekspektasi kritikus pada paruh pertama 2023? Berikut daftarnya.

1. The Lord of the Rings: Gollum

The Lord of the Rings: GollumSteam The Lord of the Rings: Gollum
Game terburuk alias paling mengecewakan pada paruh pertama 2023 adalah "The Lord of the Rings: Gollum". Seperti namanya, game ini mengadaptasi kisah karakter Gollum dari novel "The Lord of the Rings", yang pertama kali diterbitkan pada 1954.

Permainan yang dirilis di PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, dan Xbox One ini mengusung mekanisme gameplay stealth ala "Hitman" atau "Dishonored". Sehingga, pemain akan banyak bersembunyi dari musuh sambil berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Di situs Metacritic, permainan stealth ini mendapatkan skor 34. Dari 52 ulasan kritikus, sebanyak 42 ulasan di antaranya bernada negatif, 10 bersifat bercampur-aduk (mixed), dan 0 bernada positif.

Sebagai contoh, media game IGN memberikan skor 4/10 untuk "Gollum". Dalam ulasannya, IGN menghujani kritik untuk mekanisme permainannya. Sistem gameplay menyusup (stealth) dinilai terlalu sederhana, karena pemain bisa mudah melewati musuh begitu saja tanpa tantangan.

Baca juga: Daftar Game Gratis Xbox Game Pass Juli 2023, Ada GTA 5

Kritik yang sama juga dibahas oleh situs Eurogamer. Mereka juga sering menemukan celah kerusakan (bug) dalam berbagai adegan. Dengan begitu, kritikus kerap kali harus mengulang game dari checkpoint terakhir atau bahkan mengulang satu chapter secara keseluruhan.

2. Greyhill Incident

Greyhill IncidentSteam Greyhill Incident
Berikutnya, terdapat game horor survival bertemakan alien dengan tajuk "Greyhill Incident". Game ini pertama kali dirilis pada Juni lalu di PC, lewat toko game Steam.

"Greyhill Incident" menceritakan Ryan Baker, protagonis permainan yang mesti menyelamatkan tetangganya di tengah invasi alien dan UFO.

Sehubungan dengan itu, Ryan bakal menggunakan tongkat bisbol dan pistol revolver dengan amunisi terbatas untuk melawan para alien.

Pada saat yang bersamaan, Baker akan mengungkap konspirasi alien yang selama ini disembunyikan oleh pemerintah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com