Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OpenAI, Perusahaan di Balik ChatGPT Diinvestigasi, Ada Apa?

Kompas.com - 14/07/2023, 18:34 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Komisi Perdagangan Federal (FTC) Amerika Serikat (AS) menginvestigasi OpenAI, perusahaan pengembang chatbot berbasis teknologi kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI), ChatGPT.

Investigasi ini dilakukan untuk mengetahui apakah OpenAI melakukan pelanggaran yang bisa membahayakan data pribadi penggunanya. FTC juga mencari tahu apakah ChatGPT berperan dalam penyebaran misinformasi.

FTC sudah mengirimkan surat investigasi kepada OpenAI secara online. Pihak FTC bakal meninjau bagaimana perusahaan melatih sistem AI-nya dalam mengatasi masalah pengumpulan data pribadi.

Mereka juga ingin mengetahui bagaimana OpenAI mengatasi risiko penyebaran misinformasi yang mungkin dihasilkan ChatGPT.

Baca juga: Pertama Kalinya, Jumlah Pengguna ChatGPT Turun

Surat tersebut juga sejalan untuk meminta OpenAI menyerahkan seluruh dokumen, informasi, keluhan yang dilaporkan oleh publik terkait masalah misinformasi, dan rincian tuntutan hukum yang dihadapi.

Proses investigasi ini juga ingin mengetahui lebih lanjut tentang kebocoran data OpenAI yang terungkap pada awal 2023 ini. Kasus kebocoran tersebut melibatkan riwayat obrolan pengguna dan sejumlah informasi transaksi, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Digital Trends, Jumat (14/7/2023).

CEO OpenAI, Sam Altman buka suara soal permintaan investigasi FTC. Melalui akun Twitter pribadinya dengan handle @sama, Sam mengatakan kecewa dengan permintaan FTC.

"Sangat kecewa melihat permintaan (investigasi) FTC yang dimulai dengan bocoran dan tidak membantu membangun kepercayaan," kata Sam.

CEO OpenAI Sam Altman.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto CEO OpenAI Sam Altman.

"Sangat penting bagi kami bahwa teknologi kami aman dan mendukung konsumen, dan kami percaya diri bahwa kami mematuhi hukum, jadi kami akan bekerja sama dengan FTC," imbuh Sam.

 

Sejak dikenal publik pada November 2022, ChatGPT "naik daun", alias popularitasnya meroket di kalangan pengguna secara global. Kemampuannya menjawab pertanyaan dengan cara luwes kerap menarik perhatian banyak orang.

ChatGPT dan chatbot AI serupa lainnya, semacam Bard (chatbot bikinan Google) merupakan sistem berbasis teks yang memiliki kemampuan berkomunikasi dengan gaya yang natural, luwes, tidak kaku seperti robot.

Baca juga: Profil Sam Altman, CEO Perusahaan ChatGPT yang Berkunjung ke Indonesia

Kecanggihan dari teknologi ini punya peran yang penting karena dapat melakukan sejumlah pekerjaan dengan cara yang lebih efektif dan efisien ketimbang manusia. Mulai dari mengotomatisasikan pekerjaan operasional di ranah kesehatan/kedokteran, pendidikan, dan masih banyak lagi.

Namun, di sisi sebaliknya, perkembangan dari teknologi ini juga membuat pihak pemerintah secara global harus “mengejar” ketertinggalannya dalam aspek regulasi. Ada berbagai macam pertimbangan dan penyesuaian baru yang harus dilakukan.

Pemerintah juga diharapkan dapat mencapai kesepakatan regulasi yang seimbang. Regulasi yang ditetapkan, diharapkan bukan bertujuan menghambat perkembangan teknologi, tetapi harus mampu meminimalisasi risiko teknologi yang menyebabkan kerusakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com