Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Kesimpulan Otomatis dengan ChatGPT buat Skripsi, Esai, Artikel, dll

Kompas.com - 16/07/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - ChatGPT merupakan program Artificial Intelligence berbasis Language Model buatan OpenAI yang dapat dimanfaatkan untuk membantu menyelesaikan berbagai tugas pengguna, terutama tugas-tugas penulisan.

ChatGPT punya kemampuan utama untuk menjawab dan menanggapi beraneka macam perintah pengguna. Kemampuan ini bisa digunakan untuk salah satunya membuat teks kesimpulan pada beragam karya tulis, seperti skripsi, esai, artikel, dan lainnya.

Baca juga: 7 Tips Menggunakan Chat GPT buat Menyusun Skripsi, Bisa Bantu Cari Ide Judul

Membuat bagian kesimpulan pada karya tulis tak bisa dibilang pekerjaan yang mudah. Sebab, untuk menyusun bagian kesimpulan, pengguna perlu membuat benang merah antara permasalahan, hasil tinjauan, dan komponen lain di dalam karya tulis.

Pengguna dalam kondisi tertentu mungkin bisa bingung atau kehabisan ide untuk menuliskan kesimpulan di karya tulis yang berisi hubungan antar komponen. Salah satu solusi untuk mengatasi kebingunan itu, pengguna bisa memakai ChatGPT.

Lantas, bagaimana cara menggunakan ChatGPT untuk membuat kesimpulan pada karya tulis seperti skripsi, esai, artikel, dan lainnya? Cara menggunakan ChatGPT untuk membuat kesimpulan itu cukup mudah.

Pengguna hanya perlu memasukkan perintah pada ChatGPT untuk membuat kesimpulan dari karya tulis yang tengah disusun. Kemudian, ChatGPT bakal secara otomatis menyajikan tanggapan atau hasilnya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara membuat kesimpulan dengan ChatGPT.

Cara membuat kesimpulan dengan ChatGPT

  • Kunjungi website ChatGPT ini https://chat.openai.com dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah berhasil masuk, pada kolom pengetikan pesan, silakan ketik teks perintah atau prompt pada ChatGPT untuk menuliskan kalimat kesimpulan yang cocok dengan karya tulis tertentu.
  • Kirim prompt tersebut dan tunggu beberapa saat hingga Chat GPT menyajikan contoh teks kesimpulan yang bisa dipakai.
  • Chat GPT bisa menyajikan beberapa versi tanggapan, yang dalam hal ini adalah teks kesimpulan.
  • Bila pengguna kurang puas dengan contoh teks kesimpulan yang dihasilkan, pengguna bisa meminta ChatGPT buat menyajikan versi lainnya dengan klik opsi “Regenerate response”.

Ilustrasi cara membuat kesimpulan dengan ChatGPT pada karya tulis.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat kesimpulan dengan ChatGPT pada karya tulis.

Cukup mudah bukan cara membuat kesimpulan dengan ChatGPT? Untuk diketahui, prompt merupakan kunci penting agar ChatGPT dapat menyajikan tanggapan dengan tepat. Pengguna perlu memasukkan prompt ChatGPT dengan detail.

Semakin detail perintahnya maka ChatGPT bisa menyajikan tanggapan yang lebih sesuai dengan keinginan pengguna. Adapun contoh prompt ChatGPT yang bisa dipakai untuk membuat kesimpulan adalah sebagai berikut.

Contoh prompt ChatGPT buat bikin kesimpulan

  • Tolong buatkan bagian kesimpulan untuk skripsi saya yang berjudul "ABCDEF". Kesimpulan itu harus mencakup bagian permasalahan yang diangkat, teori yang digunakan, dan hasil penelitian. Adapun detail informasi pada bagian tersebut adalah sebagai berikut:
    • Permasalahan yang diangkat: “AB”
    • Teori yang digunakan: “CD”
    • Hasil penelitian: “EF”

Itulah contoh prompt ChatGPT yang dapat dipakai untuk membuat kesimpulan pada karya tulis. Contoh di atas tak wajib ditiru sama persis. Pengguna bisa menyusun sendiri prompt ChatGPT sesuai dengan kebutuhan, asalkan perintahnya detail.

Dengan ChatGPT, membuat bagian kesimpulan pada karya tulis bisa menjadi lebih mudah. Kendati lebih mudah, ChatGPT sejatinya memiliki keterbatasan. Pengguna harus memahami keterbatasan itu agar dapat memakai ChatGPT secara tepat dan bijak.

Baca juga: 7 Hal yang Bisa Dilakukan di Chat GPT, Termasuk Menyusun dan Merangkum Teks

Penting diketahui, ChatGPT sebaiknya dipakai sebagai alat bantu saja. Pengguna hendaknya tidak memakai langsung informasi yang dihasilkan ChatGPT. Sebab, ChatGPT masih punya potensi untuk menyajikan informasi yang tidak akurat.

Oleh karena itu, pengguna harus senantiasa memeriksa dan memverifikasi kembali keakuratan informasi yang disajikan ChatGPT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com