Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata QRT, Singkatan yang Sering Dipakai di Twitter

Kompas.com - Diperbarui 04/07/2023, 08:42 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Di Twitter, terdapat singkatan-singkatan yang kerap dipakai, tetapi kadang jarang diketahui oleh pengguna secara umum. Salah satu singkatan tersebut adalah kata QRT. Sebagian dari Anda mungkin juga sudah sering melihat kata itu berseliweran di Twitter.

Kata QRT di Twitter biasanya dipakai oleh pengguna untuk mengajak pengguna lain melakukan suatu tindakan tertentu. Contohnya bisa dilihat lewat twit dari akun dengan handle @BuildBelgium, sebagaimana tertera di bawah ini.

Baca juga: Ketika Twitter Bertubi-tubi Menerapkan Pembatasan ke Pengguna…

Pada twit tersebut, pengguna mengajak pengguna lain untuk melakukan tindakan QRT pada postingan yang dibuatnya. Selain contoh di atas, masih bisa dijumpai banyak lagi pengguna yang memakai kata QRT untuk mengajak melakukan tindakan tertentu.

Akan tetapi, meski banyak dipakai, tak semua pengguna mungkin mengetahui arti QRT. Lantas, QRT di Twitter artinya apa? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai arti QRT di Twitter.

Arti QRT di Twitter

QRT adalah singkatan dari Quote Retweet. Untuk diketahui, sebagai singkatan dari Quote Retweet, QRT merupakan fitur di Twitter yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah kembali postingan orang lain dengan menambahkan pesan padanya.

Jadi, seperti namanya, dengan QRT, pengguna seakan mengutip postingan orang lain dan ditambahkan dengan pesan buatannya sendiri. QRT berbeda dengan Retweet biasa. Di Retweet, pengguna hanya bisa mengunggah kembali postingan orang lain.

Pengguna tidak bisa menambahkan pesan pada postingan orang lain yang diunggah kembali melalui Retweet. QRT sering dipakai untuk membuat unggahan sendiri berisi komentar atas postingan orang lain.

Jika terdapat ajakan QRT, pengguna berarti diminta untuk mengunggah kembali postingan orang lain dengan menambahkan pesan padanya. Demikianlah penjelasan mengenai arti QRT di Twitter. Lantas, bagaimana cara QRT di Twitter?

Cara QRT di Twitter itu cukup mudah. Untuk QRT di Twitter, caranya mirip dengan ketika pengguna hendak melakukan Retweet biasa. Penjelasan cara QRT di Twitter bisa dibaca lebih lanjut di bawah ini.

Cara QRT di Twitter

  • Cari dan pilih postingan pengguna lain yang hendak dikutip atau QRT.
  • Setelah itu, klik ikon panah berputar yang terdapat di bagian bawah postingan tersebut.
  • Kemudian, pilih opsi “Kutip Tweet” atau “Quote Tweet”.
  • Selanjutnya, tambahkan komentar atau pesan yang berkaitan dengan postingan itu.
  • Terakhir, unggah dan kini pengguna berhasil membuat QRT di Twitter.

Ilustrasi cara QRT di Twitter.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara QRT di Twitter.

Baca juga: Ramai Pengguna Twitter Tak Bisa DM ke Akun yang Belum Di-follow , Kenapa?

Itulah penjelasan mengenai cara QRT di Twitter untuk mengunggah twit berisi komentar atas postingan orang lain, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com