Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] - Aplikasi GoPay Sudah Bisa Dicoba | Jutaan E-mail Militer AS Nyasar gara-gara Typo

Kompas.com - 21/07/2023, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi GoPay standalone atau yang terpisah dari Gojek, sudah mulai bisa dicoba. Kendati demikian, akses aplikasi ini masih terbatas di sejumlah kota dan pengguna tertentu. Berita ini menjadi salah satu artikel terpopuler KompasTekno.

Berita lain yang juga cukup banyak dibaca adalah laporan OpenSignal tentang performa internet masing-masing operator seluler di Indonesia. Dari lima operator, Telkomsel menjadi penyedia layanan internet seluler yang paling "ngebut" di Indonesia.

Artikel lain yang tak kalah populer adalah soal jutaan e-mail militer AS yang nyasar gara-gara salah ketik atau typo. Kesalahan ini bahkan sudah berlangsung selama 10 tahun. Selengkapnya, berikut rangkuman berita teknologi terpopuler KompasTekno.

Baca juga: [POPULER TEKNO] - Asus ROG Phone 7 Series dan Realme 11 Pro 5G Series Resmi di Indonesia | Rusia Larang Karyawan Pemerintahan Pakai iPhone

Aplikasi GoPay mulai bisa dicoba

Gojek mulai menguji coba aplikasi GoPay yang kini dibuat secara terpisah dari aplikasi utama Gojek. Biasanya, pengguna GoPay harus membuka aplikasi Gojek terlebih dahulu jika ingin melakukan transaksi.

Pantauan KompasTekno, aplikasi GoPay sudah tersedia di toko aplikasi Play Store maupun App Store Indonesia. Di kedua toko itu, aplikasi ini bernama "GoPay Versi Perdana", dikembangkan oleh PT GoTo Gojek Tokopedia.

Di Google Play Store, aplikasi GoPay hadir dalam versi 1.4.0 dan berukuran 24 MB. Sementara versi di App Store adalah 1.2.2. dengan ukuran 104,7 MB.

Akan tetapi, akses ke aplikasi GoPay ini masih terbatas. Hanya pengguna di beberapa daerah tertentu saja yang sudah bisa menjajalnya. Lantas, apa saja benefitnya?

Selengkapnya bisa disimak di artikel "Aplikasi GoPay yang Terpisah dari Gojek Sudah Bisa Dicoba".

Daftar kecepatan download operator seluler di Indonesia

IlustrasiYoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Ilustrasi

Perusahaan riset jaringan mobile, OpenSignal merilis laporan bertajuk "Indonesia Mobile Network Experience Report" untuk Juni 2023.

Laporan tersebut menyuguhkan data pengalaman internet seluler di Tanah Air meliputi kecepatan unduh (download) dan unggah (upload), pengalaman bermain game dan streaming video, hingga pengalaman jangkauan (coverage experience).

Lantas, seberapa cepat download dengan internet seluler dari operator seluler Telkomsel, XL, Indosat, Tri, dan Smartfren?

Dari kelimanya, Telkomsel menjadi Internet Service Provider (ISP) atau penyedia layanan internet seluler yang paling "ngebut" di Tanah Air.

Dalam laporan OpenSignal, Telkomsel tercatat memiliki kecepatan download 22 Mbps. Menurut OpenSignal, kecepatan download Telkomsel mengalami peningkatan signifikan (25,2 persen) dibandingkan dengan hasil riset pada akhir 2022 lalu, yaitu dari rata-rata 17,6 Mbps naik menjadi 22 Mbps.

Bagaimana dengan operator seluler lain? Simak selengkapnya di artikel "Daftar Kecepatan Download Telkomsel, XL, Indosat, Tri, dan Smartfren Juni 2023".

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com