Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Dikabarkan Bikin Chatbot AI Pesaing ChatGPT

Kompas.com - 21/07/2023, 09:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber ZDNet

KOMPAS.com - Popularitas chatbot besutan OpenAI, ChatGPT, semakin meroket sejak diperkenalkan pada November 2022. Tidak mau ketinggalan, perusahaan-perusahaan raksasa teknologi lainnya juga turut berkecimpung di produk yang sama.

Setelah Google, Microsoft, dkk, kini Apple dikabarkan tengah mengembangkan chatbot berteknologi AI untuk bersaing dengan ChatGPT. Kabar tersebut diungkap oleh salah satu outlet media bisnis asing, Bloomberg.

Dalam laporannya, salah seorang sumber yang dekat dengan permasalahan ini mengungkapkan tim teknisi, alias engineer Apple memberi julukan kepada chatbot AI bikinan Apple dengan sebutan “Apple GPT”. Kesamaan jargon tersebut merujuk pada “ChatGPT”.

Dalam laporan yang sama, proyek Apple GPT itu dikembangkan dengan framework Ajax, yang berjalan di atas platform Google Cloud, dan mulai dikembangkan sejak tahun lalu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari ZDNET, Kamis (20/7/2023).

Baca juga: Pertama Kalinya, Jumlah Pengguna ChatGPT Turun

Pengembangan layanan AppleGPT tersebut mulai dilakukan beberapa bulan setelah OpenAI memperkenalkan ChatGPT secara publik pada November 2022.

Mengingat popularitas chatbot AI ini cukup disambut antusias oleh sebagian besar orang, alasan ini yang mungkin mendorong Apple turut mengembangkan layanan serupa.

Chatbot AppleGPT tersebut dilaporkan sudah mulai digunakan oleh karyawan internal. Kendati demikian, pihak eksekutif, alias bos-bos Apple dikabarkan masih belum menemukan waktu yang tepat untuk meluncurkan chatbot bikinannya secara publik.

Kabarnya, Apple tengah menghadapi berbagai macam tantangan karena ada masalah keamanan sehingga hal tersebut membuat proses pengembangan harus dihentikan.

Namun, masalah tersebut sepertinya sudah berangsur pulih karena, seperti yang disebut sebelumnya, layanan tersebut sudah mulai digunakan beberapa karyawan Apple.

Layanan chatbot garapan Apple ini juga menerapkan perizinan akses secara khusus. Pengguna tidak diperbolehkan memanfaatkan output dari layanan chatbot tersebut untuk mengembangkan fitur seputar pelanggan.

Ilustrasi ChatGPT, chatbot berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence) bikinan OpenAI.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi ChatGPT, chatbot berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence) bikinan OpenAI.

Menurut wartawan teknologi Bloomberg, Mark Gurman, kabar pengembangan layanan AI di Apple cukup mengagetkan sejumlah pihak. Sebab, proyek ini sama sekali tidak disinggung oleh Apple dalam ajang Worldwide Developers Conference Juni lalu.

Baca juga: Generative AI bak Pisau Bermata Dua untuk Keamanan Siber

Gurman berpendapat bahwa teknologi AI sudah menjadi fokus dari Apple selama beberapa bulan terakhir ini. Hanya saja, para tim dan pihak perusahaan masih belum mempersiapkan layanan barunya kepada publik.

Dengan informasi yang masih minim, belum dapat diketahui kebaruan layanan apa yang bakal dihadirkan oleh Apple. Fitur-fitur unggulan dan perbedaannya chatbot AI Apple dengan layanan lain juga belum dapat dipastikan lebih lanjut.

Tim Cook selaku CEO Apple juga bungkam dan tidak memberi komentar lebih lanjut mengenai teknologi AI, walau dirinya memang mengaku sempat menggunakan ChatGPT.

Cook sempat berpendapat bahwa ia cukup khawatir dengan perkembangan teknologi generatif AI yang punya masalah seputar keamanan. Ada berbagai macam potensi dan masalah yang harus diselesaikan sebelum benar-benar mengadopsinya.

Seperti yang diketahui, Apple sendiri memang sudah mengandalkan teknologi AI di salah satu layanannya, yaitu asisten virtual bernama Siri yang menggunakan mesin pembelajaran (machine learning/ML) dan pemrosesan bahasa alami, yang juga dikembangkan dengan framework Ajax.

Melansir dari ZDNET, generatif AI menjadi bukti bahwa teknologi baru ini memiliki tantangan yang cukup besar, khususnya bagi perusahaan yang tengah mencari strategi untuk mengomersialkannya, seperti Apple.

Perlu dicatat bahwa pernyataan di atas sifatnya masih bocoran, belum ada pernyataan resmi dari Apple tentang AppleGPT dan kapan layanan tersebut akan diluncurkan secara resmi kepada publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com