Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Samsung Bocorkan Ponsel Lipat Berikutnya Lebih Ringan dan Ramping

Kompas.com - 21/07/2023, 15:02 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Peluncuran ponsel lipat terbaru Samsung, yang konon akan bernama Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5, tinggal menghitung hari. Seminggu menjelang hari peluncuran kedua ponsel lipat ini, bos Samsung memberi sebuah bocoran.

President and Head of MX Business Samsung Electronics, TM Roh, mengatakan bahwa ponsel lipat Samsung terbaru akan memiliki desain yang lebih tipis dan ringan dari sebelumnya.

Bocoran ini ia sampaikan di halaman Samsung Newsroom yang berjudul “Unpacking the Designs and Innovations Inspired by You”.

Adapun ponsel lipat terbaru Samsung yang diduga kuat Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 ini, akan dirilis dalam acara Galaxy Unpacked 2023 pada 26 Juli mendatang di Seoul, Korea Selatan.

“Kami membentuk sebuah standard untuk ponsel lipat yang egornomis. Perbedaan ketebalan ponsel dalam hitungan milimeter mungkin terdengar bukan perbedaan yang besar, tetapi setiap gram dan milimeter dalam perangkat lipat melibatkan terobosan di tim teknisi (engineering),” ujar TM Roh.

Baca juga: Samsung Galaxy S21 FE 5G, Smartphone Premium Harga Terjangkau

“Hal itu memerlukan keahlian yang penuh passion. Saat semuanya selesai, manfaatnya bagi pengguna itu besar. Itulah alasan kamu berinovasi pada ponsel lipat terbaru kami dengan (desain) lebih tipis dan ringan dibanding generasi sebelumnya,” ungkap TM Roh.

Pernyataan yang disampaikan juga sejalan dengan filosofi desain yang tengah menjadi fokus perusahaan. Rancangan desain yang diusung selama ini ingin memberi pesan kepada pengguna melalui perpaduan fungsionalitas yang praktis dan orisinalitas.

Maka dari itu, di tahun ini, Samsung bakal melahirkan inovasi baru dengan menghadirkan ponsel lipat yang lebih tipis dan ringan.

Bocoran spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5

Tampang Samsung Galaxy Z Flip 4 (kiri) dan Samsung Galaxy Z Flip 5 (kanan, rumor).SamMobile Tampang Samsung Galaxy Z Flip 4 (kiri) dan Samsung Galaxy Z Flip 5 (kanan, rumor).
Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CNET, Jumat (21/7/2023), duo ponsel lipat anyar ini kemungkinan besar juga datang dengan gaya engsel yang berbeda.

Mekanisme engsel yang baru diklaim bakal menghilangkan bekas lipatan di layar perangkat. Bekas lipatan tersebut konon akan lebih tersamarkan dibanding sebelumnya.

Selain itu, perubahan tersebut juga disebut dapat meningkatkan pengalaman pengguna mengakses layar, agar lebih maksimal.

Baca juga: Cara Hasilkan Foto Epik dengan Fitur Zoom di Samsung Galaxy S23 Ultra 5G

Jika bicara soal layar, Samsung Galaxy Z Flip 5 disebut akan memiliki layar sekunder yang lebih besar dan punya fungsi yang lebih luas. Ukuran layar depan Galaxy Z Flip 5 konon adalah 3,4 inci, berbeda dengan generasi sebelumnya yakni 1,4 inci.

Bentuk layar ini bakal nyaris memenuhi setengah bodi belakang dalam posisi terlipat. Konon, ukuran layar lebar tersebut dapat digunakan untuk melakukan berbagai macam hal, mulai dari menonton YouTube, membuka Google Maps, membalas pesan, dan beberapa hal lainnya.

Selain duo ponsel lipat anyar, Samsung diprediksi bakal meluncurkan lini produk barunya yang lain, seperti jam tangan pintar (smartwatch) dan earbuds.

Pada 26 Juli 2023 nanti, Galaxy Unpacked dapat disaksikan secara live streaming (siaran langsung) melalui situs resmi Samsung di URL Samsung.com/id mulai pukul 18.00 WIB (Waktu Indonesia bagian Barat).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com