BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Samsung

Bikin Video Liburan Sinematik Pakai Samsung Galaxy S23 Ultra 5G, Ini 5 Tipnya

Kompas.com - 14/07/2023, 20:15 WIB
Anissa DW,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Salah satu cara terbaik untuk mengabadikan momen liburan dengan orang-orang tersayang, seperti pasangan, keluarga, atau sahabat, adalah dengan merekamnya dalam bentuk video sinematik.

Dilansir dari nasacademy.com, video sinematik adalah video yang dikemas layaknya film di bioskop. Untuk menghasilkannya, dibutuhkan berbagai aspek, seperti teknik perekaman, suara, dan pencahayaan.

Tak hanya mengabadikan berbagai momen berharga, video liburan yang dikemas secara sinematik juga memiliki alur cerita dan sinematografi yang indah.

Pembuatan video liburan sinematik pun tidak selalu membutuhkan kamera profesional. Kamu bisa menggunakan smartphone, seperti Samsung Galaxy S23 Ultra 5G.

Lalu, bagaimana tip membuat video sinematik dengan Samsung Galaxy S23 Ultra 5G? Berikut adalah ulasannya.

1. Komposisi dan pergerakan kamera stabil

Untuk menghasilkan video sinematik, kamu bisa menerapkan konsep rule of third atau membagi frame gambar menjadi tiga bagian secara vertikal dan horizontal. Kamu bisa mengaktifkan grid lines sebagai panduan.

Kemudian, kamu dapat bereksplorasi dengan menempatkan subyek video di titik-titik pertemuan garis atau salah satu bagian layar agar gambar yang dihasilkan lebih sinematik. Misalnya, untuk merekam subyek saat berjalan, kamu bisa menempatkan subyek pada satu pertiga bagian pada kanan atau kiri layar sesuai dengan arah berjalan.

Baca juga: Bongkar Rahasia Edit Foto Pakai Galaxy S23 Ultra yang Bikin Autolikes

Selain komposisi, pergerakan video yang stabil dan minim guncangan juga diperlukan dalam video sinematik. Kamera Samsung Galaxy S23 Ultra 5G sudah dilengkapi dengan teknologi peredam guncangan, yakni Optical Image Stabilization (OIS) dan Video Digital Image Stabilization (VDIS).

Gabungan teknologi tersebut mampu mengurangi guncangan dan keburaman gambar dengan menggerakkan lensa ke arah berlawanan. Jadi, meski tanpa bantuan tripod, hasil rekaman tetap tajam dan stabil.

2. Eksplorasi teknik pengambilan gambar dan angle kamera

Supaya video sinematik tidak monoton, gunakan teknik pengambilan gambar yang bervariasi. Kamu bisa memanfaatkan beberapa jenis shot, seperti closed up, extreme closed up, long shot, dolly zoom, dan wide shot.

Sebagai contoh, untuk menggambarkan kondisi lingkungan subyek, kamu bisa menggunakan teknik panning atau menggerakkan kamera secara horizontal dari satu sisi ke sisi lain. Sementara, pengambilan gambar closed up cocok untuk menampilkan ekspresi subyek atau menggiring fokus pada obyek tertentu.

Baca juga: Riset Canalys: Samsung Galaxy S23 Ultra HP Android Terpopuler di Dunia

Selain itu, penggunaan angle kamera yang beragam juga tidak kalah penting. Beberapa angle yang bisa dicoba adalah eye level, overhead shot, high angle, dan low angle.

3. Jangan lupakan suara

Selain menambahkan musik sebagai background video sinematik, jangan lupa juga memanfaatkan suara-suara asli yang terekam dalam video. Misalnya, suara kendaraan melintas, suara burung atau hewan di alam, atau suara percakapan.

Penggunaan suara asli pada beberapa scene video dapat membantu menonjolkan hal-hal penting. Selain itu, suara asli video juga bisa membuat video sinematik tampak lebih natural.

Untuk merekam suara pada Samsung Galaxy S23 Ultra 5G, kamu bisa memanfaatkan opsi multi-source mikrofon pada mode Video Pro agar kualitas perekaman suara lebih jernih.

Terdapat enam opsi mic yang bisa dipilih, yakni omni, mic depan, mic belakang, USB, BT, dan BT Mix. Opsi omni akan menangkap suara dari segala arah. Opsi mic depan cocok digunakan untuk menangkap suara yang datang dari arah depan handphone. Sementara, mic belakang ideal untuk menangkap suara dari belakang handphone.

Kemudian, opsi USB dapat menangkap suara dari input USB-C, seperti mikrofon atau headset berkabel. Opsi BT akan menangkap suara dari perangkat input Bluetooth. Opsi BT Mix akan merekam suara dari perangkat input Bluetooth dan smartphone.

4. Tambahkan footage

Jangan lupakan footage saat merekam video untuk kebutuhan video sinematik. Pasalnya, berbagai potongan rekaman video mentah ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Sebagai contoh, untuk melengkapi cerita, memberikan konteks, serta menunjukkan ekspresi dan pergerakan subyek.

Biasanya, footage memiliki durasi yang tidak terlalu lama dan punya tema yang linier dengan keseluruhan cerita video.

Untuk video sinematik saat liburan, misalnya, kamu bisa menambahkan wide shot yang menunjukkan panorama alam dari destinasi wisata yang dikunjungi.

5. Manfaatkan mode perekaman

Samsung Galaxy S23 Ultra 5G punya banyak mode yang mendukung perekaman video. Salah satunya adalah mode Video Pro. Sesuai namanya, mode ini memungkinkan pengguna merekam video berkualitas tinggi layaknya kamera profesional.

Merekam video dengan mode Video Pro milik Samsung Galaxy S23 Ultra 5G. KOMPAS.com/Anissa Dea Widiarini Merekam video dengan mode Video Pro milik Samsung Galaxy S23 Ultra 5G.

Melalui mode Video Pro, pengguna dapat mengatur sendiri tingkat kecerahan atau ISO, shutter speed, eksposur (EV), white balance, titik fokus perekaman, dan mengatur mikrofon untuk merekam suara.

Kamu juga bisa memilih rasio gambar yang direkam dan mengatur resolusi sesuai kebutuhan. Untuk perekaman video sinematik, kamu dapat menggunakan rasio video 16:9 dengan resolusi minimal 1080p dan frame rate 24 fps atau 30 fps.

Kehadiran berbagai fitur dan mode perekaman pada Samsung Galaxy S23 Ultra 5G makin lengkap dengan dukungan kamera utama beresolusi 200 MP. Selain itu, terdapat pula tiga kamera belakang, yakni kamera telefoto 10 MP (f/2.4m, 3x optical zoom), kamera telefoto 10 MP (f/2.4, 10x optical zoom), dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2).

Baca juga: Rekam Video 4K Konser Suga BTS Pakai Galaxy S23 Ultra, Storage Aman Hasil Gak Ada Lawan

Salah satu keunggulan yang dimiliki flagship smartphone itu adalah fitur perekaman 8K dengan frame rate hingga 30 fps. Kombinasi ini dapat menciptakan hasil video yang lebih hidup dengan detail yang lebih akurat dan pergerakan gambar yang lebih halus.

Berdasarkan pengalaman tim KompasTekno selama menjajal Samsung Galaxy S23 Ultra 5G di Korea Selatan, Rabu (12/4/2023), video yang diambil menggunakan smartphone itu tampak jernih di segala kondisi cahaya menggunakan mode otomatis (auto). Hasil rekaman video juga tetap stabil, meski direkam sambil berjalan-jalan.

Itulah lima tip merekam video sinematik menggunakan Samsung Galaxy S23 Ultra 5G. Untuk informasi lebih lengkap tentang smartphone tersebut, kamu bisa mengunjungi tautan ini.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com