Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Umumkan Memori GDDR7 untuk GPU Masa Depan

Kompas.com - 22/07/2023, 10:40 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Produk-produk GPU terkini biasanya dipasangkan dengan memori DRAM jenis GDDR6 yang sudah digunakan sejak 2018, atau GDDR6X yang lebih kencang tapi lebih panas. Tahun depan, diperkirakan GPU AMD dan Nvidia sudah akan beralih ke GDDR7.

Indikasinya antara lain bisa dilihat dari Samsung yang pada pekan ini mengumumkan rampungnya pengembangan memori GDDR7 besutannya. Dibandingkan GDDR6, GDDR7 menawarkan bandwidth lebih tinggi.

Baca juga: Awas, Ada SSD Samsung Palsu yang Lebih Pelan dari Flashdisk

Modul GDDR7 16 GB Samsung, misalnya memiliki kecepatan 32 GT/s (gigatransfer per detik) dengan bandwidth maksimal 128 GB per detik. Ini lebih tinggi dibanding GDDR6X terkencang sekalipun dengan kecepatan 22,4 GT/s dan bandwith 89,6 GB per detik.

"DRAM GDDR7 kami akan meningkatkan pengalaman pengguna dalam hal yang membutuhkan kinerja grafis luar biasa, seperti workstation, PC, dan konsol game," ujar Executive VP Memory Product Planning Samsung Electronics, Yongcheol Bae, dalam sebuah pernyataan.

Ilustrasi memori GDRR7 SamsungSamsung Ilustrasi memori GDRR7 Samsung

Selain lebih kencang, Samsung juga mengeklaim memori GDDR7 bikinannya lebih efisien daya, hingga 20 persen dibanding teknologi GDDR6, seebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Sabtu (22/7/2023).

Dalam manufaktur chip memori GDDR7, Samsung turut menggunakan epoxy molding compound untuk meredam panas dan mencegah overheating. Samsung mengklaim material baru ini mengurangi package thermal resistance hingga 70 persen dibanding chip GDDR6.

Baca juga: Samsung Punya TV Neo QLED 8K Baru, Ini Deretan Keunggulannya

Meskipun pengembangannya sudah rampung, masih ada tahapan yang mesti dilalui sebelum bisa diproduksi masal sehingga Samsung belum tentu menjadi vendor pertama yang melepas GDDR7 ke pasaran.

Selain Samsung, pabrikan memori lainnya, Micron, pada Juni lalu juga telah mengumumkan bahwa memori GDDR7 buatannya diperkirakan mulai hadir pada paruh pertama 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com