Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Samsung Viewfinity S9, Monitor 5K Pesaing Apple Studio Display

Kompas.com - 24/07/2023, 15:42 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Samsung Viewfinity S9 sempat mencuri perhatian saat pertama kali diperkenalkan dalam gelaran CES 2023 lalu. Setelah melakukan debut di Korea Selatan, kini monitor 5K profesional tersebut mulai merambah pasaran internasional.

Viewfinity S9 dijadwalkan mulai hadir di Amerika Serikat pada Agustus mendatang. Banderol harganya dipatok sebesar 1.599 dollar AS (Rp 24 juta) atau sama dengan monitor Apple Studio Display. Desainnya pun terbilang mirip.

Namun, fitur Viewfinity S9 lebih lengkap karena sudah memiliki matte display serta stand yang memungkinkan pengaturan ketinggian, tilt adjustment, serta bisa dirotasi 90 derajat menjadi orientasi portrait.

Baca juga: Lenovo Legion Y34w Meluncur, Monitor Gaming Ultrawide 165 Hz

Sementara itu, Apple mengenakan biaya tambahan 300 dollar AS (sekitar Rp 4,5 juta) untuk menerapkan nano-texture matte display di Studio Display, dan 400 dollar AS (sekitar Rp 6 juta) untuk stand yang memberikan pengaturan tilt.

Dalam sebuah keterangan tertulis, Samsung mengeklaim bahwa resolusi 5K (5.120 x 2.880 piksel) pada monitor ini menghadirkan area kerja 50 persen lebih luas dibandingkan monitor-monitor beresolusi 4K.

Dihimpun KompasTekno dari Macrumors, Senin (24/7/2023), Viewfinity S9 sendiri memiliki panel IPS dengan diagonal 27 inci, contrast ratio (static) 1.000:1, tingkat kecerahan 600 cd/m2 (typical), refresh rate 60 Hz, response time 5 ms (GtG), dan kerapatan piksel 218 ppi.

Viewfinity S9 bisa dirotasi 90 derajat menjadi orientasi portrait. Samsung Viewfinity S9 bisa dirotasi 90 derajat menjadi orientasi portrait.
Sebagai monitor untuk profesional, Viewfinity S9 memiliki tingkat akurasi warna tinggi, dengan kalibrasi Delta E <2 langsung dari pabrik dan cakupan gamut DCI-P3 sebesar 99 persen.

Baca juga: Xiaomi Curved Gaming Monitor 30 Inci dan Robot Vacuum E10 Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Fitur-fitur lain mencakup satu buah port Thunderbolt 4, tiga port USB-C, sebuah Mini DisplayPort, dan konektor daya DC 20V sebagai power supply. Di bagian atas bertengger kamera 4K SlimFit yang sudut pandangnya bisa disesuaikan dengan kemiringan monitor.

Samsung diketahui memasarkan jajaran monitor profesionalnya di Indonesia, termasuk dari seri Viewfinity. Namun, belum diketahui apakah Viewfinity S9 akan ikut dijual atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com