BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Samsung

Samsung Galaxy S21 FE 5G, Smartphone Premium Harga Terjangkau

Kompas.com - 17/07/2023, 17:53 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Harga flagship smartphone Samsung versi fan edition Galaxy S21 FE 5G yang diluncurkan di Tanah Air pada awal 2022 kini lebih murah.

Pada awal peluncuran, smartphone tersebut dibanderol seharga Rp 8.999.000 untuk varian RAM 8 GB/128 GB, sedangkan untuk RAM 8 GB/256 GB dibanderol Rp 9.999.000.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokapasar per Selasa (11/7/2023), harga Samsung Galaxy S21 FE 5G turun menjadi sekitar Rp 6,7 juta untuk varian 8 GB/128 GB dan Rp 7,3 juta untuk RAM 8 GB/256 GB. Ini berarti, Galaxy S21 FE 5G sudah setara dengan ponsel kelas mid-range.

Meski diluncurkan pada awal 2022, Galaxy S21 FE 5G tetap punya keistimewaan jika dibandingkan ponsel kelas mid-range yang lebih baru di pasaran. Sebut saja Samsung Galaxy A73 5G.

Ditilik berdasarkan skor Antutu Benchmark versi 9.4.4, Samsung Galaxy S21 FE 5G memiliki performa yang lebih unggul ketimbang Samsung Galaxy A73 5G, yakni 728.085 berbanding 508.954.

Baca juga: Bereksperimen dengan Fitur Nightography Samsung Galaxy A54 5G

Dengan harga yang beda tipis, performa chipset Samsung Galaxy S21 FE 5G pun lebih unggul ketimbang Galaxy A73 5G.

Lantas, apa saja keistimewaan S21 FE 5G yang patut Anda pertimbangkan? Simak ulasan berikut.

1. Bisa buat main game berat

Selayaknya flagship smartphone, Galaxy S21 FE 5G dapat memainkan mobile game berat, seperti baik PUBG maupun Mobile Legends. Kemampuan tersebut didapat berkat chipset Exynos 2100. Untuk diketahui, chipset ini merupakan prosesor pertama Samsung yang menggunakan proses extreme ultra-violet (EUV) 5 nm.

Kinerja CPU Samsung Galaxy S21 FE 5G pun diklaim lebih optimal ketimbang ponsel pada rentang harga sama, yakni Samsung Galaxy A73 5G. Hal ini diamini MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Ilham Indrawan.

Menurut Ilham, CPU S21 FE 5G memiliki performa 1,4 kali lebih cepat ketimbang CPU A73 5G sehingga mendukung performa gaming yang lebih baik. Apalagi, Samsung Galaxy S21 FE 5G memiliki RAM dengan kapasitas besar, yakni 8 GB.

Baca juga: Bikin Video Liburan Sinematik Pakai Samsung Galaxy S23 Ultra 5G, Ini 5 Tipnya

Kombinasi tersebut membuat kinerja Galaxy S21 FE 5G makin lancar, termasuk untuk gaming.
Tidak hanya itu, Samsung Galaxy S21 FE 5G juga dilengkapi dengan fitur mode game untuk memanjakan para gamer.

Fitur tersebut melengkapi chipset gesit Exynos 2100 yang menjadikan respons sentuhan pada layar menjadi lebih cepat. Dengan begitu, gamer bisa bermain game dengan lebih mulus.

Performa tersebut didukung pula dengan layar panel Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,4 inci dengan screen ratio berukuran 19,5:9, minim bezel, refresh rate 120 Hz, serta touch sampling rate 240 Hz.

2. Tunjang produktivitas

Samsung Galaxy S21 FE 5G juga dapat digunakan untuk menunjang produktivitas kerja ataupun belajar. Selain punya spesifikasi gahar, kemampuan tersebut juga ditunjang oleh fitur Samsung DeX.

Fitur Samsung DeX memungkinkan pengguna menghubungkan smartphone dengan laptop atau personal computer (PC) tanpa menggunakan USB. Dengan begitu, pengguna dapat dengan mudah memindahkan foto atau video ke laptop.

Baca juga: Bongkar Rahasia Edit Foto Pakai Galaxy S23 Ultra yang Bikin Autolikes

Tidak hanya itu, Samsung DeX juga dapat mengubah fungsi Samsung Galaxy S21 FE 5G menjadi komputer dengan mengubahnya ke mode desktop. Bila ingin mengaktifkan mode ini, Samsung Galaxy S21 FE 5G harus tersambung dengan monitor atau TV pintar.

Samsung Galaxy S21 FE 5G juga memiliki fitur penunjang produktivitas lain, yakni Link to Windows. Berkat fitur ini, seluruh fungsi smartphone dapat berpindah ke perangkat laptop. Canggih bukan?

Lewat sebuah aplikasi di Windows, sejumlah aplikasi pada smartphone dapat digunakan di perangkat komputer, seperti foto, notifikasi, messages, apps, dan panggilan. Game yang terdapat di Samsung Galaxy S21 FE 5G juga dapat dimainkan di laptop.

3. Ambil foto dan rekam video artsy

Flagship smartphone tak lengkap rasanya bila tak dibekali fitur dan lensa kamera yang andal. Layaknya sebuah ponsel pintar premium, Samsung melengkapi Galaxy S21 FE 5G dengan kamera Triple Pro Grade. Rinciannya adalah kamera utama 12 MP, ultra-wide 12 MP, serta telephoto 8 MP.

Tak ketinggalan, Samsung juga membekali sejumlah fitur kamera dan video canggih untuk menunjang berbagai aktivitas. Dengan fitur ini, pencinta fotografi dapat membidik gambar serta membuat konten video artsy yang mengagumkan.

Baca juga: Uji Coba Game Booster Samsung Galaxy A34 5G

Salah satu fitur yang patut dijajal adalah Night Mode. Berkat fitur ini, pengguna dapat menghasilkan foto berkualitas, meski dalam kondisi minim cahaya. Dengan fitur ini, sesi motret bertema outfit of the day (OOTD) pada malam hari pun tak jadi soal.

Untuk selfie, Samsung Galaxy S21 FE 5G juga dibenami kamera depan beresolusi 32 MP serta fitur AI Face Restoration. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat memiliki swafoto dengan hasil epik.

Samsung Galaxy S21 FE 5G juga dilengkapi dengan fitur Dual Recording untuk menunjang aktivitas vlogging. Fitur ini memungkinkan kamera depan dan belakang dapat merekam secara bersamaan.

Samsung Galaxy S21 FE 5G menawarkan deretan warna yang dapat disesuaikan dengan preferensi pengguna, yakni olive, lavender, white, graphite, serta navy blue. KOMPAS.com/Yakob Arfin T Sasongko Samsung Galaxy S21 FE 5G menawarkan deretan warna yang dapat disesuaikan dengan preferensi pengguna, yakni olive, lavender, white, graphite, serta navy blue.

4. Cocok untuk outfit kekinian

Menyandang predikat sebagai flagship smartphone, Samsung Galaxy S21 FE 5G mempunyai tampilan premium dengan desain mewah. Bodi ponsel pintar ini pun mulus berkat tema Countur-Cut yang menjadi ciri khas seri Galaxy S21.

Berkat desain Countur-Cut, casing kamera dibuat menyatu dengan kover sehingga tampak mulus serta minim tonjolan modul kamera.

Baca juga: Cuma Pakai Samsung Galaxy A54 5G, Ini 5 Tip Menghasilkan Foto Bokeh Artsy

Untuk menambah kesan elegan, Galaxy S21 FE 5G menawarkan deretan warna yang dapat disesuaikan dengan preferensi pengguna.

Adapun warna yang ditawarkan relevan untuk menunjang outfit pengguna sehingga tampak kekinian, yakni olive, lavender, white, graphite, serta navy blue. Dengan deretan warna tersebut, pengguna dapat memadupadankan outfit mereka agar tampak lebih keren dan senada dengan smartphone flagship Galaxy S21 FE 5G.

Dari segi bobot pun tergolong ringan 177 gram serta kompak dengan dimensi sebesar 155,7 x 74,5 x 7,9 mm. Alhasil, smartphone tersebut nyaman saat digenggam, disimpan dalam saku, ataupun dibawa bepergian.

Kemudian, material bingkai Galaxy S21 FE 5G terbuat dari aluminium yang solid serta kover belakang terbuat dari plastik polikarbonat dengan finishing matte. Desain premium tersebut menjadikan Galaxy S21 FE 5G nyaman digenggam dan terasa cukup kesat sehingga tidak mudah jatuh dari tangan. Sidik jari pun tidak mudah menempel di bagian kover.

Untuk memudahkan navigasi, terdapat tombol volume serta power pada sisi kanan yang dapat digunakan untuk shortcut asisten virtual Bixby.

Baca juga: Tetap Bisa Rekam Konser Musik secara Jelas dari Area Tribune, Begini Caranya!

Galaxy S21 FE juga dibekali ruang untuk dua kartu SIM tipe nano, port USB tipe C, serta satu grill speaker pada bagian bawah. Selain itu, ada pula satu speaker lain di bagian frame atas lengkap dengan mikrofon.

5. Bisa jadi powerbank

Hal lain yang tak kalah menarik di Samsung Galaxy S21 FE 5G adalah dayanya. Ponsel pintar premium ini sudah mendukung reverse charging nirkabel.

Dengan fitur tersebut, Samsung Galaxy S21 FE 5G dapat menjadi powerbank tanpa kabel bagi perangkat Samsung lain, seperti ponsel, bud, serta smartwatch.

Karena bisa jadi powerbank, baterai yang disematkan pun terbilang besar, yakni berkapasitas 4.500 mAh, lengkap dengan fitur fast charging 25 W.

Fitur pengisian cepat tersebut mampu mengisi daya baterai sebesar 50 persen dalam waktu 30 menit dan 75 menit untuk mengisi sampai penuh.

Baca juga: Mudah dan Praktis, Begini Cara Aktifkan Berbagai Fitur Penunjang Gaming pada Samsung Galaxy A34

Menyandang predikat flagship, Samsung Galaxy S21 FE 5G dibekali teknologi pengisian daya nirkabel 15W. Dengan fitur ini, pengguna dapat melakukan pengisian daya secara mudah tanpa kabel.

Caranya pun mudah, cukup meletakkan ponsel ke alat wireless charging yang kompatibel, baterai akan langsung terisi.

6. Privasi dan keamanan digital terjamin

Sebagai flagship smartphone besutan Samsung, Galaxy S21 FE 5G juga ditopang kemampuan untuk melindungi privasi pengguna lewat fitur keamanan Samsung Knox. Dengan fitur ini, data-data yang bersifat rahasia milik pengguna dijamin aman. Pasalnya, Samsung Knox memastikan setiap lapis perangkat dapat terlindungi secara real-time.

Itulah enam keistimewaan Galaxy S21 FE 5G, flagship smartphone besutan Samsung.

Bagaimana? Jadi ingin memiliki ponsel pintar premium harga mid-range tersebut, kan?
Untuk informasi lebih lengkap mengenai spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE, Anda bisa mengunjungi laman resmi Samsung. 


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com