Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tecno Pova Neo 3 Meluncur dengan Baterai 7.000 mAh

Kompas.com - 25/07/2023, 13:03 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Tecno diam-diam merilis smartphone terbarunya, Tecno Pova Neo 3 pada Senin (24/7/2023). Tecno Pova Neo 3 dirilis tanpa ada acara peluncuran. Smartphone ini muncul di situs global Tecno.

Tecno Pova Neo 3 merupakan suksesor dari Tecno Pova Neo 2 yang dirilis pada September 2022. Bila dibandingkan, penerus ini membawa sejumlah perbedaan, misalnya dari segi desain, RAM, dan sistem operasi.

Menilik tampilannya, Tecno Pova Neo 3 hadir dengan desain "Turbo Mecha Design" dalam tiga varian warna, yakni Mecha Black, Amber Gold, dan Hurricane Blue.

Punggung ini dihias dengan penampang bergaris bertema futuristis dan modul kamera yang besar.

Baca juga: Tecno Camon 20 Pro 5G dan 4G Masuk Indonesia, Harga Rp 3 Jutaan

Tecno Pova Neo 3GizmoChina Tecno Pova Neo 3
Tecno Pova Neo 3 dibekali dua kamera belakang, yaitu 16 MP dan satu kamera lain yang tidak diketahui spesifikasinya. Di dalam modul tersebut juga terdapat LED flash. Kamera depannya memiliki resolusi 8 MP dan dilengkapi pula oleh LED flash.

Bicara soal bagian depan, Tecno Pova Neo 3 mengusung layar IPS LCD 6,82 inci dengan resolusi HD Plus (1.640 x 720 piksel), refresh rate hingga 90 Hz, dan rasio aspek 20.5:9.

Beralih ke jeroan, Tecno Pova Neo 3 diotaki System-on-Chip (SoC) MediaTek Helio G85. Chipset delapan inti (octa-core) ini mencakup dua unit Cortex-A75 (clockspeed 2.0 GHz) dan enam unit Cortex-A55 (clockspeed 1.8 GHz).

Chipset Helio G85 ini kemudian dipadukan dengan dua pilihan RAM yaitu 4 GB atau 8 GB, serta media penyimpanan (storage) 128 GB.

Pengguna bisa memperluas RAM hingga 8 GB dengan memanfaatkan fitur Extended RAM. Dengan begitu, total RAM smartphone menjadi 12 atau 16 GB tergantung varian RAM yang dipilih.

Sebagai perbandingan, pendahulunya hanya menghadirkan opsi RAM 4 dan 6 GB saja. Selain RAM, pengguna juga dapat memperluas storage smartphone dengan memanfaatkan kartu microSD.

Untuk daya, Tecno Pova Neo 3 disokong baterai jumbo berkapasitas 7.000 mAh dengan teknologi pengisian cepat (fast charging) 18 Watt.

Tecno mengeklaim baterai smartphone ini bisa bertahan lebih dari 33 jam untuk mendengarkan musik, 22 jam untuk menonton YouTube, 14 jam untuk bermain game "Free Fire", dan 45 jam untuk panggilan telepon.

Baca juga: Cara Mengetahui Smartphone Anda Mendukung Fast Charging atau Tidak

Ponsel ini juga memiliki fitur Battery Lab 3.0 untuk membuat baterai tahan lebih lama. Fitur ini pada dasarnya mengidentifikasi aplikasi yang menguras baterai kemudian menyesuaikannya ke mode hemat daya.

Berpindah ke software, Tecno Pova Neo 3 menjalankan sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka HIOS.

Fitur pendukung lainnya mencakup Dual Game Engine (Panther Game Engine 2.0 + HyperEngine, pemindai sidik jari (fingerprint) samping (side-mounted), GPS, Bluetooth, Wi-Fi, dual speaker, dan lain sebagainya.

Meski spesifikasinya sudah diungkap, situs global Tecno belum merinci ketersediaan dan harga Tecno Pova Neo 3, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GizmoChina, Selasa (25/7/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com