Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sutradara "Oppenheimer" Christopher Nolan Enggan Pakai Smartphone dan E-mail

Kompas.com - 18/07/2023, 18:04 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Christopher Nolan, dikenal sebagai penulis skenario sekaligus sutradara kawakan yang gemar membuat film bertema sains dengan teknologi canggih dan efek sinematografi yang apik.

Salah satu film arahan Nolan yang paling ditunggu tahun ini adalah Oppenheimer. Film yang bercerita tentang kisah hidup Julius Robert Oppenheimer (bapak bom atom) itu direkam dengan kamera film canggih IMAX 70mm untuk hasil resolusi tinggi (hingga 18K).

Menurut Nolan, kamera film IMAX 70mm itu juga bisa memberikan pengalaman 3D tanpa kacamata.

Namun, di sisi lain, Nolan ternyata membatasi diri dengan teknologi seperti internet dan e-mail. Sutradara asal Inggris itu mengaku enggan menenteng-nenteng smartphone, tidak pakai e-mail, dan menulis skripnya di komputer tanpa koneksi internet. Apa alasannya?

Baca juga: Dipenjara 37 Tahun, Pria Ini Tak Bisa Pakai Smartphone Saat Bebas

Salah satu alasannya adalah karena Nolan merasa internet bisa mengganggunya ketika ia sedang mengerjakan naskah film.

Saking membatasi diri dengan internet, Nolan juga tidak punya e-mail sendiri. Semua keperluan berkirim surat elektronik ia serahkan kepada asistennya.

Padahal e-mail saat ini memudahkan orang untuk berkomunikasi. Nolan juga sebenarnya bisa lebih mudah mengirim naskah film ke aktor/aktris.

Namun, Nolan punya pemikiran berbeda. Penulis skenario berusia 52 tahun ini memilih memberikan naskah garapannya secara langsung ke aktor.

Nolan mengaku pernah terbang ke Irlandia untuk memberikan naskah film secara langsung ke Cillian Murphy dan menunggu aktor tersebut membaca naskahnya.

"Orang-orang akan berkata, 'Mengapa Anda bekerja secara rahasia?' " kata Nolan. "Ya, ini bukan kerahasiaan, ini privasi," lanjutnya.

Menurut Nolan ada "seni" tersendiri ketika ia memberikan naskah secara langsung ke aktor. Ia bisa melihat ekspresi langsung orang yang baru saja membaca naskahnya dan terhubung dengannya secara tatap muka.

Dalam wawancara dengan Hollywood Reporter, sutradara film "Interstellar" itu mengaku tidak membenci teknologi. Ia hanya memilah seberapa intensnya ia terlibat dengan teknologi tertentu. Dan ia memilih tidak menghabiskan waktunya di internet.

Baca juga: Anak Bos YouTube Tak Bisa Bebas Pakai Smartphone

"Anak-anak saya mungkin akan mengatakan saya benar-benar 'anti-teknologi' (Luddite)," kata Nolan.

"Saya benar-benar menentang deskripsi itu. Saya pikir teknologi memberikan manfaat yang luar biasa. Pilihan pribadi saya adalah tentang seberapa terlibatnya saya dengan teknologi itu," lanjut dia.

Ini bukan pertama kalinya sutradara Inggris-Amerika itu berbicara tentang preferensi teknologinya.

Pada Desember 2020, Nolan mengungkapkan bahwa ia hanya memiliki "telepon lipat kecil" yang dibawanya dalam beberapa waktu terakhir. Hal itu dikarenakan Nolan tidak ingin memiliki akses yang mudah ke internet ketika dia bosan.

Pada Oktober 2014, The New York Times juga melaporkan bahwa Nolan tidak memiliki alamat email dan asistennya menangani seluruh email masuk dan mencetak email penting untuk dia baca, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Business Insider, Selasa (18/7/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com