Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Meluncur di Jepang Setahun Lalu, Kenapa Sharp Aquos R7s Baru Dirilis di Indonesia?

Kompas.com - 27/07/2023, 08:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sharp resmi meluncurkan smartphone kelas atas (flagship) terbarunya, Aquos R7s di Indonesia, Rabu (26/7/2023). Butuh waktu setahun lebih untuk membawa ponsel ini ke Tanah Air.

Pasalnya, Sharp Aquos R7s sudah lebih dulu dirilis di Jepang pada Mei 2022 dengan nama "Aquos R7". Lantas, apa yang menyebabkan Sharp Aquos R7s cukup lama meluncur di Indonesia?

Menurut AUVI Product Head Division PT Sharp Electronics Indonesia, Ardy Sofyan, penundaan yang cukup lama itu disebabkan oleh berbagai kendala yang dihadapi Sharp, ketika ingin memboyong smartphone dari Jepang ke Indonesia.

Baca juga: Sharp Targetkan Kuasai 5 Persen Pangsa Pasar Ponsel di Indonesia Tahun Ini

"Kita sebenarnya juga mau meluncurkan smartphone pada hari yang sama dengan perilisan di Jepang. Masalahnya, perlu ada langkah step by step untuk melakukan hal itu, karena tidak mudah untuk memboyong ponsel dari Jepang ke Indonesia," kata Ardy dalam peluncuran Sharp Aquos R7s di Jakarta, Rabu (26/7/2023).

Adapun langkah-langkah yang dimaksud berhubungan dengan sejumlah regulasi yang berlaku di Indonesia, contohnya aturan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan International Mobile Equipment Identity (IMEI).

TKDN adalah nilai atau persentase komponen produksi buatan Indonesia yang dipakai dalam sebuah perangkat telekomunikasi. Nilai ini menjadi salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi vendor ponsel di Indonesia agar bisa menjual produknya di Tanah Air.

Di sisi lain, IMEI merupakan nomor internasional untuk mengidentifikasi perangkat handphone, komputer genggam, dan tablet (HKT), yang tersambung ke jaringan bergerak seluler.

Nomor ini harus didaftarkan di Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Bila tidak terdaftar, ponsel pengguna akan diblokir.

Ardy mengatakan, proses seperti inilah yang biasanya memakan waktu lama.

"Itu kan butuh waktu juga, tidak sembarangan. Jadi, memang ada banyak kendala yang kami hadapi," ungkapnya.

Sehubungan dengan itu, Sharp Indonesia ke depannya akan menyelesaikan urusan TKDN, IMEI, dan lain sebagainya dari jauh-jauh hari.

Baca juga: Alasan Sharp Masih PD Jualan Smartphone di Indonesia meski Persaingan Ketat

Setelah kendala ini teratasi, jarak waktu perilisan ponsel di Jepang dan Indonesia diharapkan tak lagi memakan waktu setahun lebih, seperti yang terjadi di Aquos R7s.

Ardy juga mengungkapkan bahwa tahun ini, Sharp Indonesia akan meluncurkan produk anyar pada hari yang sama seperti di Jepang. Kendati begitu, Ardy tidak mengumbar produk apa yang dimaksud.

Sharp Aquos R7s dan Aquos V7 Plus meluncur di Indonesia

Tanpilan punggung martphone Android Aquos Sharp R7s.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Tanpilan punggung martphone Android Aquos Sharp R7s.

Sharp Aquos R7s mengunggulkan sektor kamera dengan sensor berukuran satu inci di kamera utamanya. Kamera ini memiliki resolusi 47,2 MP (f/1.9) dan dilengkapi fitur octa-PDAF autofocus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com