Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Sharp Baru Jual TV Mini LED di Indonesia

Kompas.com - 05/07/2023, 15:10 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sharp Electronics Indonesia resmi merilis Aquos FV1 hari ini, Rabu (5/7/2023). Televisi ini menjadi TV dengan panel Mini LED pertama Sharp di Tanah Air.

Sebelum Sharp, perusahaan seperti LG dan Samsung sudah terlebih dahulu meluncurkan TV dengan teknologi Mini LED mereka sejak 2021.

Bedanya, LG menggunakan istilah pemasaran Quantum Nanocell Mini LED (QNED). Sementara Samsung memakai istilah Quantum Dot LED TV (Neo QLED).

Nah, Sharp menggunakan istilah XLED untuk menyebut teknologi panel Mini LED mereka. Nama XLED ini dapat diartikan sebagai "Excellent Experience".

Baca juga: Sharp Aquos FV1 Meluncur, TV Mini LED Pertama Sharp di Indonesia

Lantas, mengapa Sharp baru sekarang menjual TV Mini LED buatannya di Indonesia?

Menurut AUVI Product Head Division PT Sharp Electronics Indonesia, Ardy Sofyan, hal ini dikarenakan pergerakan pasar Indonesia yang semakin meminati televisi dengan ukuran layar yang lebih besar.

Adapun teknologi Mini LED umumnya tersedia di televisi dengan layar berukuran sekitar 55 inci ke atas.

"Selama ini, kami kebanyakan berfokus ke pasar entry-level hingga mid-range atau kelas menengah. Jadi, fokus ke televisi berukuran 42 inci ke bawah. Itu yang menjadi backbone (tulang punggung) kami," ungkap Ardy.

AUVI Product Head Division PT Sharp Electronics Indonesia, Ardy Sofyan, dalam peluncuran TV XLED Sharp Aquos FV1 di Jakarta Pusat, Rabu (5/7/2023).KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy AUVI Product Head Division PT Sharp Electronics Indonesia, Ardy Sofyan, dalam peluncuran TV XLED Sharp Aquos FV1 di Jakarta Pusat, Rabu (5/7/2023).

Ardy mengatakan, saat ini, pasar justru bergerak mengarah ke atas. Sebaliknya, pasar televisi 42 inci ke bawah justru menurun dan mengecil.

"Jadi, ini pilihan yang kami ambil supaya tidak kehilangan pasar yang menggiurkan itu," ungkap Ardy kepada KompasTekno dalam sesi peluncuran TV XLED Sharp Aquos FV1 di Hotel Mulia, Jakarta Pusat

Untuk diketahui, TV XLED Sharp Aquos FV1 hadir di Indonesia dengan dua model yang berbeda, yakni 65 inci (4T-C65FV1) dan model 75 inci (4T-C75FV1). Seperti yang sebelumnya sudah dipaparkan, televisi ini dibekali panel Mini LED.

Layar Mini LED menggunakan lampu (backlight) LED dengan ukuran yang lebih kecil (mini) dibanding backlight LED yang digunakan televisi konvensional.

Backlight LED televisi terbaru Sharp ini berukuran 1/10 lebih kecil dibanding TV Sharp yang sebelumnya, sehingga Sharp bisa memasang lampu LED yang 88 kali lebih banyak di satu panel.

Jumlah backlight LED yang banyak ini memungkinkan Sharp untuk mengatur tingkat peredupan lampu di satu area dengan lebih presisi.

Baca juga: Melihat TV XLED Sharp Aquos FV1 dari Dekat

Panel Mini LED tersebut memiliki 2.000 zona peredupan (dimming zone), yang memungkinkan penampilan kontras dan kecerahan yang tinggi serta warna hitam yang lebih pekat dibanding TV LED pada umumnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com