Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Celah "Zenbleed" Ditemukan di Prosesor AMD Ryzen, Data Pengguna Terancam

Kompas.com - 27/07/2023, 10:29 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber TechSpot

KOMPAS.com - Peneliti keamanan Google, Tavis Ormand, menemukan celah keamanan di lini prosesor AMD yang menggunakan arsitektur Zen-2.

Vulnerability yang disebut "Zenbleed" tersebut berdampak pada seri prosesor Rzyen 3000/4000/5000 dan jajaran prosesor enterprise Epyc besutan AMD.

Orman pertama kali menemukan Zenbleed pada pertengahan Mei lalu dan baru mempublikasikan laporan detilnya pada pekan ini. AMD telah membenarkan adanya celah keamanan itu.

Baca juga: Peneliti Temukan Celah Kemanan di Pemindai Sidik Jari Ponsel

"Dalam keadaaan tertentu, sebuah register di CPU Zen-2 dapat tidak tertulis sebagai '0'. Ini bisa menyebabkan data dari sebuah proses dan/ atau thread tersimpan di YMM register," tulis AMD dalam laman berisi penjelasan celah keamanan terkait.

"Hal tersebut dapat memungkinkan aktor penyerang mengakses informasi sensitif," lanjut AMD mengenai akbat dari Zenbleed.

Eksploitasi Zenbleed dapat menyebabkan kebocoran data dengan kecepatan 30 KB per detik per core, cukup untuk memantau kunci enkripsi dan password saat seorang pengguna melakukan log-in.

Data dari software yang berjalan di sistem pun bisa dicuri, termasuk dari virtual machine, sandbox, container, dan virtual machine sehingga ikut mengkhawatirkan bagi penyedia layanan cloud.

Baca juga: Ada Celah Berbahaya, Microsoft Minta Pengguna Windows Segera Update

Dihimpun KompasTekno dari Techspot, Kamis (27/7/2023), serangan eksploitasi Zenbleed dapat dilakukan secara remote lewat JavaScript di sebuah website. Jadi, aktor penyerang tidak perlu memiliki akses fisik ke komputer atau server.

AMD sendiri sedang menyiapkan "obat" untuk Zenbleed. Namun, solusi berupa update BIOS motherboard ini baru akan tersedia dalam beberapa bulan ke depan.

Mitigasi Zenbleed untuk seri prosesor AMD Epyc generasi kedua dan Ryzen Threadripper 3000 Series (Castle Peak) dijadwalkan hadir pada Oktober 2023.

Sementara, update serupa untuk seri prosesor Ryzen 3000, Ryzen 4000, Ryzen 5000 Mobile, Ryzen 4000 mobile, dan Ryzen 7020 baru akan dirilis pada November dan Desember 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com