Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi dan Harga Tablet Samsung Galaxy Tab S9 Plus di Indonesia

Kompas.com - 27/07/2023, 16:42 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung menggelar Galaxy Unpacked kedua tahun ini di Korea Selatan pada 26 Juli lalu. Dalam perhelatan tahunan itu, Samsung meluncurkan  tablet Galaxy Tab S9 series

Galaxy Tab S9 sendiri merupakan tablet premium dari Samsung yang menjadi suksesor dari Galaxy Tab S8 yang rilis Februari lalu bersamaan Galaxy S23 series.

Samsung Galaxy Tab S9 hadir dalam tiga model, meliputi Galaxy Tab S9 "reguler", Galaxy Tab S9 Plus dan Galaxy Tab S9 Ultra. Nah, Galaxy Tab S9 Plus menjadi model tengah di antara model lainnya.

Spesifikasi Galaxy Tab S9 Plus juga terbilang menengah, sehingga menjadi alternatif bagi pengguna yang mungkin bingung dalam memilih antara Galaxy Tab S9 reguler atau Galaxy Tab S9 Ultra.

Baca juga: Link Pre-Order Samsung Galaxy Tab S9 Series dan Galaxy Watch 6 Series di Indonesia, Ada Bonus hingga Rp 5 Juta

Misalnya pada aspek layar, Galaxy Tab S9 Plus punya layar yang lebih besar dibanding model reguler, tetapi lebih kecil dibanding model Ultra.

Begitu pula dengan aspek kamera belakang, Galaxy Tab S9 Plus membawa resolusi yang sama seperti model Ultra, tetapi kamera depannya memiliki resolusi seperti model reguler.

Terlepas dari perbedaan tersebut, Galaxy Tab S9 Plus ditenagai dengan chipset yang dama seperti model reguler maupun Ultra. Berikut rincian spesifikasinya.

Spesifikasi Galaxy Tab S9 Plus

Galaxy Tab S9 Plus tampil dengan desain yang identik seperti model Ultra, khususnya pada punggung ponsel yang dihias dengan dua modul kamera belakang serta lekukan untuk mengisi ulang daya stylus S Pen.

Adapun layarnya dilengkapi dengan panel Dynamic AMOLED 2x berukuran 12,4 inci. Layar ini dibekali dukungan refresh rate 60 Hz hingga 120 Hz.

Karena layarnya lebih kecil dari model Ultra, bodinya juga lebih ramping. Galaxy Tab S9 Plus punya bodi dengan ketebalan 5,7 mm dan bobot 586 gram.

Baca juga: Samsung Galaxy Tab S9 Series Resmi, Bisa Dipakai Corat-coret di Dalam Air

Pada aspek dapur pacu, Galaxy Tab S9 Plus ditenagai oleh chipset khusus dari Qualcomm yaitu Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy.

Chip ini menawarkan CPU dengan clock speed hingga 3,36 GHz, lebih kencang dari clock speed Snapdragon 8 Gen 2 biasa yang hanya 3,2 GHz. Chip ini juga memiliki GPU alias kartu grafis Adreno 740.

Chip ini dipadukan dengan dua opsi RAM dan penyimpanan, yaitu 12/256 GB dan 12/512 GB. Tablet ini mendukung slot microSD, jadi pengguna bisa memperluas penyimpanannya menggunakan memori eksternal hingga 1 TB.

(Kiri-kanan) Tampilan punggung dari Galaxy Tab S9 Ultra dan Galaxy Tab S9 Plus yang dilengkapi dua sensor kamera, sedangkan Galaxy Tab S9 memiliki satu sensor kamera belakang sajaKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto (Kiri-kanan) Tampilan punggung dari Galaxy Tab S9 Ultra dan Galaxy Tab S9 Plus yang dilengkapi dua sensor kamera, sedangkan Galaxy Tab S9 memiliki satu sensor kamera belakang saja

Beralih ke aspek kamera, Galaxy Tab S9 Plus menawarkan kamera belakang ganda, terdiri dari kamera utama 13 MP yang dilengkapi Auto Focus (AF) dan kamera ultrawide 8 MP.
Sedangkan kamera depannya dibekali resolusi 12 MP.

Untuk menopang daya tahannya, tablet ini dilengkapi baterai berkapasitas 10.090 mAh dengan fast charging 45 watt.

Galaxy Tab S9 Plus juga sudah mengantongi sertifikasi IP68 (tahan air dan debu) sehingga tablet ini bisa dipakai di dalam air. Tablet ini juga dibekali dukungan pena digital alias stylus S Pen. Aksesori itu juga disertakan dalam paket pembelian Galaxy Tab S9 Plus.

Tablet ini berjalan dengan sistem operasi Android 13 dan antarmuka (UI) OneUI 5.1.1

Seperti Galaxy Tab S9 lainnya, Galaxy Tab S9 Plus juga dibekali sejumlah fitur termasuk editing di layar yang lebih fleksibel dan mulus, berbagi pekerjaan dari Samsung Notes ke Google Meet, hingga terintegrasi dengan sejumlah aplikasi editing.

Baca juga: Bocoran Tampang Tablet Lipat Samsung, Layar Besar dengan Dua Lipatan

Aplikasi tersebut terdiri dari GoodNotes (semacam Samsung Notes), Luma Fision (aplikasi edit video), Clip Studio Paint (aplikasi untuk membuat desain grafis), dan ArcSite, khusus pengguna arsitektur atau desain interior.

Samsung Galaxy Tab S9 Plus juga memiliki fitur Multi Window dan Pop-up View. Dalam satu jendela layar, pengguna dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus untuk melakukan pekerjaan multitasking.

Perangkat juga mengadopsi ekosistem Samsung dengan fitur Quick Share. Artinya, tablet bisa langsung terintegrasi dengan sejumlah perangkat Samsung lainnya, seperti Galaxy Z Fold 5 atau Galaxy Z Flip 5.

Selain itu, Galaxy Tab S9 Plus juga dilengkapi empat speaker AKG dengan teknologi Dolby Atmos, agar pengalaman pengguna dalam bermain game, menonton, mengedit, dan lainnya bisa lebih maksimal.

Samsung Galaxy Tab S9 Plus sudah mendukung jaringan 5G dan juga dilengkapi konektivitas Wi-Fi.

Harga Samsung Galaxy Tab S9 Plus di Indonesia

Samsung Galaxy Tab S9 Plus hanya tersedia dalam warna Graphite. Berikut rincian harga Samsung Tab S9 yang dijual di Indonesia.

  • Galaxy Tab S9 Plus (12 GB/256 GB): Rp 17 juta
  • Galaxy Tab S9 Plus (12 GB/512 GB): Rp 19 juta

Konsumen juga sudah bisa melakukan pemesanan awal alias pre-order Galaxy Tab S9 Plus sejak 26 Juli hingga 17 Agustus 2023. Pre-order tablet ini bisa langsung dilakukan di laman resmi Samsung Indonesia.

Konsumen yang mendaftarkan diri sebagai pengguna pre-order bakal mendapat sejumlah benefit, seperti gratis upgrade storage yang dipilih, diskon aksesori keyboard sebesar 50 persen, dan cicilan bank serta cashback senilai Rp 750.000.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S9 Plus
Layar Dynamic AMOLED 2x 12,4 inci, refresh rate 60 Hz - 120 Hz
Dimensi dan bobot

285.4 x 185.4 x 5.7 mm
bobot 586 gram

Chipset

Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy
CPU clock speed hingga 3,36 GHz
GPU Adreno 740

RAM dan memori

12 GB/256 GB
12 GB/512 GB

Kamera belakang

Kamera utama 13 MP, Auto Focus (AF)
Kamera ultrawide 8 MP

Kamera depan 12 MP
Sistem operasi dan UI Android 13, One UI 5.1.1
Baterai 10.090 mAh, fast charging 45 watt
SIM dan microSD Nano-SIM, microSD sampai 1 TB
Fitur lainnya Sertifikasi IP68, stylus S Pen, WiFi, empat speaker AKG, Dolby Atmos
Warna Graphite
Harga 12 GB/256 GB: Rp 17 juta
12 GB/512 GB: Rp 19 juta
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com