Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Flipsuit, Casing Samsung Galaxy Z Flip 5 dengan "Kartu Ajaib"

Kompas.com - 27/07/2023, 13:15 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

SEOUL, KOMPAS.com - Samsung resmi meluncurkan Galaxy Z Flip 5 secara global pada Rabu (26/7/2023) di Seoul, Korea Selatan pukul 20.00 waktu Korea atau sekitar pukul 18.00 waktu Indonesia.

Untuk mempercantik perangkat, Samsung juga menghadirkan aksesori tambahan untuk Galaxy Z Flip 5. Aksesori terbaru yang cukup menarik adalah casing Flipsuit Case.

Aksesori Flipsuit Case berisi satu casing bening atau clear case yang mendukung NFC dan sebuah kartu khusus bernama Suit Card.

Cara kerja clear case dalam aksesori Flipsuit Case ini cukup unik. Menurut penjelasan pihak Samsung, casing ini mendukung NFC (Near-Field Communication).

Nah, NFC ini nantinya akan berfungsi untuk membaca "kartu ajaib" Suit Card. Jadi, pengguna dapat menyisipkan kartu ajaib tersebut di bawah casing.

Ketika Suit Card itu disisipkan ke dalam clear case, layar sekunder Samsung Z Flip 5 bakal berubah menampilkan foto latar (wallpaper) di lock screen yang sesuai dengan tema kartu tersebut.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip 5 Resmi Meluncur, Engsel Baru dan Layar Sekunder Lebih Besar

Jurnalis KompasTekno, Caroline Saskia Tanoto yang meliput langsung peluncuran Samsung Galaxy Z Flip 5, juga menguji coba aksesori ini. Saat diuji coba, kartu yang disisipkan bertema grup band kenamaan Korea Selatan, BTS.

Ilustrasi Flip Suitcase bertema grup band kenamaan asal Korea Selatan, BTSKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Ilustrasi Flip Suitcase bertema grup band kenamaan asal Korea Selatan, BTS

Kartu tersebut memiliki ilustrasi gambar siluet dari anggota band disertai tulisan “Dynamite”, salah satu judul lagu garapan BTS.

Setelah kartu dimasukkan ke bagian bawah casing, layar sekunder Galaxy Z Flip 5 langsung berubah menjadi ungu, dan ada motion yang bergerak dari atas ke bawah menampilkan tulisan “Dynamite”.

Wallpaper lockscreen tersebut terlihat dinamis alias tidak statis, sehingga, memberi kesan yang interaktif. Tidak hanya itu, kartu yang ingin disisipkan juga tersedia dalam berbagai macam tema.

Artinya, pengguna bisa melakukan personalisasi terhadap tampilan layar sekunder ataupun tampilan dari Samsung Z Flip 5 secara keseluruhan. Sebelum memasang dan menyisipkan Flip Card, pengguna harus terlebih dulu mengaktifkan mode NFC di perangkat.

Sebaliknya, jika pengguna tidak lagi merombak atau mengganti tampilan layar sekundernya, pengguna bisa langsung melepas "kartu ajaib" tersebut dari kasing Galaxy Z Flip 5.

Baca juga: Makin Besar, Layar Depan Samsung Galaxy Z Flip 5 Bisa Lakukan Banyak Hal

Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus mengungkapkan aksesori ini bakal diboyong ke Indonesia dan bakal terdiri lebih dari 16 varian kartu dengan tema yang berbeda-beda.

“Kami akan bawa ke Indonesia dan ada lebih dari 16 varian warna,” ujar Verry dalam sesi tanya jawab bersama awak media, Rabu (26/7/2023).

Aksesori Flip Suitcase ini dibanderol Rp 599.000. Dengan harga tersebut, kartu default yang diberikan terdiri dari dua warna, Biru dan Lavender. Kemudian, pengguna bakal mendapat satu kartu secara acak sebagai bonus tambahan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com