Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/07/2023, 19:45 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah meluncurkan Galaxy Z Flip 5 secara global di acara "Galaxy Unpacked 2023", Rabu (26/7/2023), Samsung langsung membuka keran pemesanan (pre-order). Khusus di Indonesia, Samsung menghadirkan Galaxy Z Flip 5 edisi Nusantara.

Hanya berselang tiga hari setelah sesi pre-order dibuka, Samsung Galaxy Z Flip 5 edisi Nusantara langsung habis terjual. Hal itu dikatakan oleh Verry Octavianus, MX Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia.

"Animo konsumen Indonesia dengan smartphone yang lebih personal semakin tinggi, terbukti dengan edisi spesial Nusantara Galaxy Z Flip 5 telah habis terjual hari ini (29/7/2023), hanya dalam waktu tiga hari," kata Verry dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Sabtu (29/7/2023).

"Ini juga merupakan berita baik yang membuktikan apresiasi masyarakat pada budaya Indonesia yang telah kami sematkan di edisi Nusantara Samsung Z Flip 5," imbuhnya.

Baca juga: 6 Kelebihan Samsung Galaxy Z Flip 5 Dibanding Z Flip 4, Salah Satunya Lebih Rapat

Kendati demikian, Samsung tidak mengumbar berapa jumlah unit yang dipesan selama masa pre-order, dan apakah pemesanan Samsung Galaxy Z Flip 5 edisi Nusantara akan kembali dibuka atau tidak.

Sebelumnya, stok Samsung Galaxy Z Fold 5 edisi Nusantara juga ludes terjual, tepatnya pada 26 Juli pukul 22.00 WIB, hanya beberapa jam setelah sesi pre-order dibuka.

Samsung Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 edisi khusus dengan tajuk "Nusantara" ini merupakan hasil kolaborasi antara Samsung Indonesia dan perusahaan fesyen lokal, Sejauh Mata Memandang.

Samsung menghadirkan Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5 edisi khusus Nusantara Edition. Pembeli akan mendapat sejumlah aksesori khusus dalam edisi ini.Samsung Indonesia Samsung menghadirkan Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5 edisi khusus Nusantara Edition. Pembeli akan mendapat sejumlah aksesori khusus dalam edisi ini.

Konsumen yang membeli Samsung Galaxy Z Fold 5 atau Galaxy Z Flip 5 edisi Nusantara, akan mendapat aksesori tambahan, seperti pouch bermotif batik khas Sejauh Mata Memandang, disertai tali strap yang didominasi warna merah, merah tua, dan putih.

Baca juga: 7 Gadget Baru Samsung yang Dirilis di Galaxy Unpacked, Tak Cuma Z Fold dan Z Flip 5

Bonus lainnya, pengguna akan mendapatkan adalah Clear Case (casing bening) dan skin tambahan untuk disisipkan di bawah Clear Case.

Skin tersebut serupa dengan stiker yang bisa dipakai untuk menambah elemen visual Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5.

Hanya saja, casing untuk Samsung Z Fold 5 tidak disertai slot untuk menaruh pen digital (stylus) yang ada di punggung perangkat.

Karena merupakan bentuk kerja sama dengan brand lokal, tema kartu yang dihadirkan juga didesain dengan nuansa lokal, logo ikonik dari brand lokal, disertai motif batik.

Adapun Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5 Nusantara Edition hanya tersedia untuk varian warna Grey saja.

"Nusantara Edition di varian warna Grey saja karena warna itu hadir di kedua perangkat, Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5," jelas Verry.

Baca juga: Aktor Reza Rahadian Komentari Desain Baru Samsung Galaxy Z Flip 5

Bonus paket Nusantara Edition yang terdiri dari pouch kecil, tali strap, dan bonus kasing Flip SuitcaseSamsung Indonesia Bonus paket Nusantara Edition yang terdiri dari pouch kecil, tali strap, dan bonus kasing Flip Suitcase

Di Indonesia, harga Samsung Z Flip 5 adalah Rp 18 juta untuk varian 8 GB/256 GB, sedangkan Samsung Z Fold 5 dibanderol seharga Rp 25 juta untuk varian 8 GB/256 GB.

Keduanya membawa sejumlah peningkatan dibanding pendahulunya. Samsung Z Flip 5 misalnya, menghadirkan layar sekunder (cover screen) yang diperluas dari 1,9 inci (Z Flip 4) menjadi 3,4 inci (Z Flip 5).

Di sisi lain, Samsung Z Fold 5 mengunggulkan konstruksi engsel yang diklaim lebih rata ketimbang pendahulunya, sehingga smartphone ini tidak akan memiliki celah ketika dilipat.

Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 edisi "reguler", masih bisa dipesan di Indonesia. Cara pre-order Samsung Z Fold 5 dan Z Flip 5 bisa disimak di artikel ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com