Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Samsung Galaxy Z Flip 5, Engsel Baru Bikin Bekas Lipatan Jadi Samar

Kompas.com - 26/07/2023, 20:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

SEOUL, KOMPAS.com - Samsung resmi merilis ponsel lipat generasi terbarunya, Galaxy Z Flip 5 di acara Galaxy Unpacked 2023 yang diselenggarakan pertama kali di Seoul, Korea Selatan, Rabu (25/7/2023) malam.

Salah satu peningkatannya adalah layar sekundernya yang kini diperbesar, dari 1,9 inci di Galaxy Z Flip 4 menjadi 3,4 inci di Galaxy Z Flip 5. Layar baru ini membuat kontrol gestur ditingkatkan.

Selain itu, Galaxy Z Flip 5 juga membawa desain engsel baru yang membuat bekas lipatan kini lebih tersamarkan. Berikut pengalaman KompasTekno menjajal Galaxy Z Flip 5 setelah acara peluncuran di Korea Selatan.

Kontrol gestur bertambah

(Kiri-kanan) Perbandingan ukuran layar sekunder Samsung Galaxy Z Flip 4 dengan Galaxy Z Flip 5KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto (Kiri-kanan) Perbandingan ukuran layar sekunder Samsung Galaxy Z Flip 4 dengan Galaxy Z Flip 5

Saking besarnya layar sekunder Galaxy Z Flip 5, membuatnya nyaris memenuhi punggung ponsel ketika layar terlipat. Dengan layar yang lebih lebar, kontrol gestur di layar sekunder ini juga lebih beragam dibandingkan Galaxy Z Flip 4.

Jika sebelumnya pengguna hanya dimungkinkan melakukan gestur geser ke kanan dan ke kiri, sekarang gestur yang tersedia adalah geser ke kanan, ke kiri, ke atas, bawah, dan mencubit (pinch) layar.

Baca juga: Link Pre-Order Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5, Ada Bonus Jutaan Rupiah

Saat menggeser layar ke kiri, pengguna dapat mengakses sebanyak 11 widgets yang berbeda-beda. Widgets tersebut terdiri dari aplikasi Weather, Calendar, Direct Call, Voice Recorder, Timer, Stopwatch, mengecek nilai saham di Google Finance, membalas pesan SMS dan WhatsApp, Google Finance, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, saat menggeser layar ke kanan, pengguna dapat mengaktifkan kamera. Dengan gestur yang sama, ketika ada notifikasi pesan, pengguna dapat membalas pesan teks sebanyak maksimal 30 karakter saja.

Layar sekunder Galaxy Z Flip 5 yang diperbesar dari 1,9 inci menjadi 3,4 inciKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Layar sekunder Galaxy Z Flip 5 yang diperbesar dari 1,9 inci menjadi 3,4 inci

Kemudian ketika swipe layar ke bawah, pengguna bisa mengakses panel jendela notifikasi, seperti mengaktifkan mode pesawat (airplane mode), senter (flashlight), Bluetooth, Wi-Fi, mengatur tingkat kecerahan layar, sceen record, mengaktifkan paket data, mengaktifkan mode Sleep, dan sebagaonya.

Gestur mencubit layar dapat memungkinkan pengguna menampilkan keseluruhan menu widget. Hal tersebut dapat memudahkan pengguna menentukan mana saja menu yang ingin ditampilkan di layar sekunder.

Baca juga: Resmi, Ini Harga Samsung Galaxy Z Flip 5 di Indonesia

Menurut KompasTekno, layar yang luas memberi pengalaman baru yang menarik dan unik bagi pengguna. Pengguna bisa melakukan sejumlah pekerjaan yang simpel langsung di layar sekunder, tanpa harus membuka/mengakses layar utama.

Engsel baru, lipatan lebih rapat

(kiri-kanan) Perbandingan konstruksi engsel dari Galaxy Z Flip 3, Galaxy Z Flip 4, dan Galaxy Z Flip 5KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto (kiri-kanan) Perbandingan konstruksi engsel dari Galaxy Z Flip 3, Galaxy Z Flip 4, dan Galaxy Z Flip 5

Beralih ke desain engsel, Galaxy Z Flip 5 juga mengadopsi konstruksi engsel yang baru, sama seperti Galaxy Z Fold 5. Perombakan hinge perangkat mampu menyamarkan bekas lipatan di layar utama dan membuat perangkat tertutup lebih rapat dibandingkan Z Flip 4.

Bila dibandingkan dengan Galaxy Z Flip generasi pertama hingga paling baru, perombakan desain engsel ini terlihat cukup signifikan.

KompasTekno juga merasakan perubahan dari segi bodi. Desain yang dirombak membuat perangkat terasa lebih ringan, ringkas, dan cukup nyaman dibandingkan Galaxy Z Flip 4.

Mekanisme engsel baru di Galaxy Z Flip 4 (kiri) dan Galaxy Z Flip 5 (kanan)KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Mekanisme engsel baru di Galaxy Z Flip 4 (kiri) dan Galaxy Z Flip 5 (kanan)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com