Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Dikabarkan Bersiap Produksi Kartu Grafis Tanpa Kabel Daya

Kompas.com - 30/07/2023, 15:00 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber PC World

KOMPAS.com - Prosesor grafis alias GPU PC desktop masa kini membutuhkan sejumlah besar daya untuk menopang kinerjanya yang tinggi. Kabel daya PCI Express pun jamak ditemukan menjejali kartu grafis modern sehingga mengganggu pandangan.

Bagaimana jika kartu grafis bisa dibuat tidak perlu menggunakan konektor daya tambahan? Konsep itulah yang dipamerkan Asus di ajang Computex 2023 di Taiwan beberapa waktu lalu. Penampilan internal sistem pun bisa jadi lebih rapi.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa Asus sedang menyiapkan produksi lini produk kartu grafis tanpa kabel daya ini. Model perdananya disinyalir adalah GeForce RTX 4070 "Megalodon" seperti yang ditunjukkan dalam Computex.

Baca juga: GPU Nvidia GeForce RTX 4070 Meluncur, Harga Rp 8 Jutaan

Meskipun tidak memiliki kabel, kartu grafis Asus tetap membutuhkan daya tambahan. Hanya saja, alih-alih kabel PCIe 8/16 pin, daya tersebut disalurkan lewat konektor khusus bernama "CG_HPWR" yang letaknya persis di samping konektor PCIe x16.

Kartu grafis tanpa kabel Asus GeForce RTX 4070 Megalodon menggunakan konektor khusus bernama CG_HPWR yang letaknya persis di samping konektor PCIe x16 untuk menyalurkan daya tambahan dari motherboard khusus. Asus Kartu grafis tanpa kabel Asus GeForce RTX 4070 Megalodon menggunakan konektor khusus bernama CG_HPWR yang letaknya persis di samping konektor PCIe x16 untuk menyalurkan daya tambahan dari motherboard khusus.

Konektor daya baru tersebut terhubung ke motherboard. Karena itu, kartu grafis tanpa kabel Asus tidak bisa ditancapkan ke sembarang motherboard, melainkan hanya kompatibel dengan motherboard khusus saja.

Dalam hal ini, motherboard dimaksud berasal dari lini anyar bernama "Back to Future" (BTF). Model pertamanya yang ditujukan sebagai pasangan GeForce RTX 4070 "Megalodon" menggunakan chipset Intel Z790.

Baca juga: Asus Perkenalkan Kartu Grafis GeForce RTX 4090 Edisi Evangelion

Jumlah daya maksimal yang bisa disalurkan lewat slot PCIe x16 pada motherboard umumnya terbatas hanya 75 watt.

Sebab itulah kartu-kartu grafis dengan GPU berkinerja tinggi membutuhkan sumber daya tambahan, baik lewat kabel PCIe maupun konektor khusus seperti produk Asus di sini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun KompasTekno dari PC World, Sabtu (28/7/2023), kartu grafis tanpa kabel dari Asus dan motherboard pendampingnya disinyalir akan hadir di pasaran pada akhir 2023 atau awal 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com