Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Masalah Card Reader di Konsol ROG Ally, Asus Janji Segera Rilis Update

Kompas.com - 13/07/2023, 19:30 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Asus resmi terjun ke pasar konsol portabel alias handheld melalui ROG Ally. Konsol ini memulai debutnya pada Mei lalu.

Sejak dikirimkan ke konsumen pada 13 Juni, sejumlah pengguna melaporkan adanya masalah pada perangkat berbasis Windows 11 ini. Salah satunya yaitu masalah soal card reader kartu SD atau port pembaca memori eksternal. Komponen itu dilaporkan tidak berfungsi seperti seharusnya.

Nah, Asus kini mengakui adanya masalah tersebut. Menurut Asus, masalah itu muncul karena  kondisi tekanan termal tertentu.

"Setelah melakukan pengujian internal, dalam kondisi tekanan termal tertentu, card reader kartu SD mungkin tidak berfungsi," kata manajer komunitas Asus di situs forum Asus ROG.

Untuk memperbaikinya, Asus menjanjikan pembaruan (update) agar membuat kipas ROG Ally bisa menyesuaikan kecepatannya, sehingga membantu mendinginkan suhu konsol.

Baca juga: Melihat Konsol Game Genggam Asus ROG Ally dari Berbagai Sisi

Meski cepat, Asus berupaya agar kipas ROG Ally cukup senyap sehingga tak mengganggu jalannya permainan. Sayangnya pihak Asus tak mengungkap jadwal pasti pembaruan tersebut.

Adapun bagi pengguna ROG Ally yang mengalami masalah card reader, Asus meminta mereka untuk menghubungi layanan pelanggan Asus di wilayahnya masing-masing. Nantinya konsol pengguna akan diperiksa oleh petugas terkait untuk dilakukan perbaikan, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Cnet, Kamis (13/7/2023).

Sudah rilis di Indonesia

Bagian belakang Asus ROG Ally.KOMPAS.com/Bill Clinten. Bagian belakang Asus ROG Ally.

ROG Ally juga sudah diluncurkan Asus di Indonesia pada 22 Juni lalu. Keran pemesanan konsol itu juga sudah dibuka sejak tanggal tersebut hingga 8 Juli.

Namun program pemesanan itu dikhususkan untuk ROG Ally Z1 Extreme saja. Sementara itu unitnya baru akan didistribusikan ke pengguna mulai 14 Juli nanti.

Di Indonesia, Asus ROG Ally hadir dalam dua model, yaitu ROG Ally Z1 "reguler" dan ROG Ally Z1 Extreme. Menurut Head of Public Relation Asus Indonesia, Muhammad Firman, ROG Ally Z1 model biasa akan menyusul setelahnya.

Baca juga: Konsol Genggam Asus ROG Ally Bisa Dipasangi GPU Eksternal

Perbedaan ROG Ally Z1 dan Z1 Extreme

ROG Ally Z1 dan ROG Z1 Extreme sebenarnya memiliki desain dan spesifikasi serupa. Perbedaan hanya terletak di chipset yang diusung, di mana ROG Ally Z1 menggunakan Ryzen Z1, sedangkan ROG Ally Z1 Extreme memakai Ryzen Z1 Extreme.

AMD Ryzen Z1 dibekali dengan prosesor (CPU) Zen 4 yang terdiri dari 6 inti (core) dan 12 threads, serta 3 unit pengolah grafis (GPU) berbasis RDNA 3. Di sisi lain, AMD Ryzen Z1 Extreme memiliki CPU Zen 4 dengan 8 core dan 16 threads. serta 12 unit GPU RDNA 3.

Di atas kertas, AMD Ryzen Z1 menawarkan performa pemrosesan hingga 2,8 teraflops, sedangkan versi "Extreme" menawarkan performa hingga 8,6 teraflops. Ini artinya, ROG Ally Z1 Extreme memiliki performa dan kinerja pemrosesan yang sedikit lebih unggul dibanding ROG Ally Z1 biasa.

"Performa ROG Ally Z1 Extreme ini nyaris mendekati PS5 dengan kemampuan 10,3 teraflops," klaim Riandanu Utomo, Technical Public Relations Asus Indonesia dalam Media Gathering Asus ROG Ally yang digelar di Hotel Alila SCBD, Jakarta 22 Juni lalu.

Konsol handheld Asus ROG Ally dikenalkan di sebuah acara di Jakarta, Kamis (22/6/2023).KOMPAS.com/Bill Clinten. Konsol handheld Asus ROG Ally dikenalkan di sebuah acara di Jakarta, Kamis (22/6/2023).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com