Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus ROG Ally Lambat Baca MicroSD Card karena Kepanasan

Kompas.com - 15/07/2023, 10:01 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - ROG Ally Z1 Extreme adalah konsol game handheld berbasis Windows 11 yang dirilis pada pertengahan Juni lalu. Sejumlah penggunanya baru-baru ini mengeluhkan bahwa kartu memori mereka tidak bisa dibaca oleh microSD reader di perangkat tersebut.

Kalaupun bisa dikenali, kecepatan transfer kartu memori microSD bisa terasa sangat lambat, hingga kurang dari 10 MB per detik. Sebagian pengguna menduga error ini disebabkan oleh panas berlebih.

Belakangan, Community Manager di forum ROG Asus menanggapi keluhan pengguna bahwa setelah diuji, malfungsi microSD reader di ROG Ally ternyata memang disebabkan oleh permasalahan suhu.

Baca juga: Harga Resmi Konsol Game Asus ROG Ally di Indonesia, Mulai Rp 10 Jutaan

"Untuk mengatasinya, kami akan merilis update yang mengubah kecepatan default dan minimum dari fan di perangkat untuk meningkatkan keandalan sekaligus menjaga tingkat noise," tulis sang Community Manager.

Posting Community Manager di forum ROG Asus terkait persoalan error micro SD card reader di ROG Ally karena persoalan panas.rog-forum.asus.com/ MasterC Posting Community Manager di forum ROG Asus terkait persoalan error micro SD card reader di ROG Ally karena persoalan panas.
Dihimpun KompasTekno dari PC Magazine, Sabtu (15/7//2023), dia juga menyarankan pemilik ROG yang pembaca kartu memorinya bermasalah agar mengontak customer service Asus setempat, untuk memeriksa dan memperbaiki perangkat apabila diperlukan.

Head of Public Relations Asus Indonesia, Muhammad Firman, memberikan pernyataan senada. Menurut dia, permasalahan malfungsi pada microSD reader ROG Ally akan diupayakan perbaikannya melalui update software.

"Kalau ada user yang terlanjur mengalami masalah pada micro-SD card reader, tim service kami akan membantu memperbaiki unit yang terdampak tersebut," ujar Firman saat dihubungi KompasTekno.

ROG Ally Z1 Extreme sendiri sudah mulai dipasarkan di Indonesia pada akhir Juni lalu dengan banderol Rp 11,3 juta.

Baca juga: Melihat Konsol Game Genggam Asus ROG Ally dari Berbagai Sisi

Berbekal prosesor APU AMD dengan CPU 8-core dan GPU berbasis RDNA 3, RAM LPDDR5 16 GB, serta media penyimpanan SSD M.2 NVME PCIe 4.0 512 GB, kinerja perangkat portable ini diklaim mendekati konsol PlayStation 5.

Asus turut membekali ROG Ally Z1 Extreme dengan layar sentuh 7 inci (1.920 x 1.080 piksel, 120 Hz), baterai 40 WHr, tombol-tombol kendali yang mengapit layar, serta haptic feedback dan gyroscope.

Selain Z1 Extreme, rencananya perangkat ini juga akan tersedia dalam versi lebih terjangkau yang bernama ROG Ally Z1 pada kuartal-III 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com