Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara agar Battery Health iPhone Tak Turun Drastis, Perhatikan

Kompas.com - 31/07/2023, 16:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna perlu mengetahui beberapa panduan dasar dalam mengoperasikan iPhone. Salah satunya seperti mengetahui cara agar battery health iPhone tak turun drastis. Cara itu perlu diketahui supaya iPhone bisa dipakai secara optimal.

Untuk diketahui, kesehatan baterai atau battery health iPhone adalah durasi baterai dapat dipakai dalam waktu tertentu, atau bisa juga dipahami sebagai kemampuan baterai dalam menyimpan daya sebelum habis dan perlu dicas kembali.

Baca juga: Trik Mengunci Layar iPhone Tanpa Tombol dengan Ketuk Logo Apple di Belakang

Kemampuan baterai untuk menyimpan daya itu bisa berkurang karena lama pemakaian. Kandungan kimia yang ada di dalam baterai bisa aus dari waktu ke waktu selama masa pemakaian iPhone, sehingga bisa mempengaruhi kemampuan dalam menyimpan daya.

Jika battery health masih bagus maka iPhone dapat dipakai dalam waktu yang optimal. Sebaliknya, jika kesehatan baterainya sudah menurun, iPhone bakal lebih cepat kehabisan daya dari waktu idealnya. Bahkan, iPhone bisa mati secara tiba-tiba.

Meski bakal berkurang seiring lama pemakaian, kesehatan baterai iPhone juga bisa menurun secara drastis. Penurunan kesehatan baterai iPhone secara drastis dapat diakibatkan oleh tindakan pengguna.

Oleh karena itu, supaya baterai awet, pengguna harus memahami cara agar battery health iPhone tak turun drastis. Lantas, bagaimana agar battery health iPhone tidak cepat turun? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara agar battery health iPhone tidak cepat turun.

Cara agar battery health iPhone tidak cepat turun

1. Hindarkan iPhone dari paparan suhu panas ekstrem

Dikutip dari laman resmi Apple, suhu panas ekstrem dapat menjadi penyebab kesehatan baterai iPhone turun drastis. iPhone didesain untuk dapat bekerja dengan optimal pada rentang suhu 16 derajat hingga 22 derajat Celcius.

Membiarkan iPhone terpapar suhu lebih dari 35 derajat celcius bakal mempercepat penurunan kesehatan baterainya. Dengan peringatan ini, pengguna sebaiknya menghindari iPhone terpapar suhu panas berlebih.

Suhu panas itu bisa datang dari berbagai sumber, misalnya dari faktor cuaca, kondisi lingkungan sekitar, atau aktivitas pengguna dalam memakai iPhone. Sumber suhu panas sebaiknya dihindari agar battery health iPhone tak turun drastis.

2. Hindarkan iPhone dari paparan langsung sinar matahari

Paparan sinar matahari secara langsung dapat membuat temperatur iPhone naik menjadi sangat panas. Saat dibiarkan terus menerus terpapar sinar matahari langsung, kesehatan baterai iPhone bisa menurun drastis akibat menerima panas berlebih.

3. Hindari meninggalkan iPhone di mobil

Meninggalkan iPhone di mobil dalam kondisi berhenti, terutama saat siang hari, dapat membuat suhunya naik drastis. Saat iPhone terpapar suhu panas, seperti yang dijelaskan di atas, kesehatan baterainya bisa menurun drastis.

Mobil dalam kondisi berhenti atau parkir bisa dibilang seperti oven karena dapat menampung panas dari sinar matahari. Agar baterai health tak turun, sebaiknya hindari meninggalkan iPhone di mobil.

4. Jangan cas sambil main iPhone

Cara agar battery health iPhone tidak cepat turun yang berikutnya bisa datang dari beberapa tindakan pengisian daya. Untuk menjaga battery health, sebaiknya jangan cas sambil main iphone.

Baca juga: 10 Aplikasi iPhone yang Wajib Dimiliki saat Pertama Kali Menggunakan

Ketika pengguna memakai iPhone seperti untuk bermain game atau menjalankan aplikasi berat lain, sembari dicas, temperaturnya bisa meningkat menjadi panas sekali. Sebagaimana dijelaskan di atas, suhu panas bisa merusak kesehatan baterai dengan cepat.

5. Lepaskan case saat cas iPhone

Keempat, pengguna juga disarankan untuk melepaskan case atau pelindung iPhone saat melakukan pengisian daya. Mengisi daya iPhone dengan kondisi tertutup case dapat menumpuk suhu panas berlebih, yang akhirnya membuat battery health turun drastis.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com