Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bug di iPhone Bikin Orangtua Susah Atur Waktu Anak Main HP

Kompas.com - 01/08/2023, 09:20 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple mengakui ada sebuah bug atau kesalahan di iPhone yang memengaruhi fitur pembatasan waktu layar untuk anak-anak.

Tidak disebutkan bug ini ditemukan di iOS versi berapa, tetapi Apple mengatakan akan segera merilis pembaruan untuk mengatasi bug tersebut.

Bug tersebut membuat fitur parental control atau fitur yang bisa membuat orangtua mengendalikan perangkat anak mereka terganggu. 

Salah satu fitur yang bisa dikendalikan orangtua lewat parental control yaitu screen time atau durasi yang dihabiskan anak-anak dalam menatap layar atau memakai iPhone per harinya.

Orangtua nantinya juga bisa mendapat laporan mingguan tentang durasi penggunaan ponsel, apakah naik, turun atau stabil.

Baca juga: Pasar PC Global Kuartal II-2023 Anjlok, Hanya Apple yang Tumbuh

Nah, karena bug itu, orangtua kesulitan mengatur screen time anak karena pengaturannya diatur ulang (reset) oleh sistem. Padahal mereka sudah menentukan sejumlah batasan dan jadwal untuk buah hatinya.

Alhasil, anak-anak bisa melewati batas waktu yang ditentukan orangtuanya, misalnya untuk mengakses media sosial, bermain game dan lainnya selama berjam-jam.

Kasus ini awalnya dilaporkan oleh The Wall Street Journal. Sejumlah pengguna juga melaporkan masalah ini melalui situs web Komunitas (Community) Apple.

Ada lebih dari 2.300 unggahan yang melaporkan masalah Screen Time. Salah satu pengguna juga mengaku sudah menghubungi Apple.

Apple janjikan pembaruan

Pihak Apple sendiri sudah mengetahui masalah itu. Raksasa teknologi itu lantas menjanjikan perbaikan melalui pembaruan.

"Kami menyadari beberapa pengguna mungkin mengalami masalah di mana pengaturan Screen Time tiba-tiba reset," kata juru bicara Apple, dikutip KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (1/8/2023).

"Kami menangani laporan ini dengan sangat serius dan kami sudah dan akan terus membuat pembaruan untuk memperbaikinya," lanjut perwakilan Apple itu.

Sayangnya Apple tak memberikan jadwal pembaruan itu diterbitkan. Namun, salah satu pengguna di Apple Community mengunggah rekomendasi Apple dalam mengatasi bug itu. Rekomendasi ini bisa dipakai pengguna sebagai alternatif sembari menunggu pembaruan dari Apple. Berikut rinciannya.

Baca juga: Apple Rilis Update iOS 16.5.1 Bawa Rapid Security Response

  • Matikan jadwal di fitur Screen Time iPhone anak
  • Pastikan semua gambar sudah disinkronkan dengan iCloud atau akan hilang
  • Keluar (log out) dari akun iCloud di semua perangkat (anak dan orangtua) yang memiliki akses ke fitur Screen Time terkait
  • Reset perangkat (hanya reset pengaturan) dengan cara masuk ke menu Pengaturan (Settings) > Umum > Transfer atau Reset iPhone > Reset > Reset Semua Pengaturan
  • Masuk lagi ke iCloud di semua perangkat
  • Aktifkan lagi Screen Time dan atur batas waktu/jadwal baru

Fitur Screen Time sendiri dirilis Apple bersamaan peluncuran iOS 12 tahun 2018 atau ketika praktik kecanduan smartphone mulai mengkhawatirkan.

Selain mengatur durasi penggunaan ponsel, orangtua juga bisa membatasi konten yang bisa dilihat anak di iPhone, dengan siapa mereka berkomunikasi melalui telepon, pesan atau FaceTime.

Orangtua juga bisa menentukan aplikasi mana yang bisa diakses oleh anaknya dan berapa lama durasinya per hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com