Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Akan Beri Golden Visa untuk Bos ChatGPT Sam Altman

Kompas.com - Diperbarui 04/08/2023, 07:47 WIB
Yudha Pratomo

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo akan memberikan golden visa kepada Sam Altman, CEO perusahaan induk ChatGPT, OpenAI. Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Menurut Luhut, golden visa ini diberikan kepada warga negara asing yang memiliki intelektual tinggi, seperti peneliti hingga orang yang berpengaruh, salah satunya Sam Altman.

Luhut mengatakan, Presiden Joko Widodo akan memberikan golden visa kepada Sam Altman juga karena sering berkunjung ke Indonesia.

"Ada kriterianya orang-orang yang punya kapasitas intelektual yang tinggi, punya researchers, yang dari top university, orang-orang yang berpengaruh seperti (CEO) ChatGPT, Sam Altman," kata Luhut sebagaimana dikutip KompasTekno dari Antaranews, Kamis (3/8/2023).

Baca juga: Pakai Batik ke Indonesia, Bos ChatGPT: Ini Bukan yang Pertama

"Presiden tadi juga, karena dia mau dan sering ke Indonesia, ya kita kasih," lanjut Luhut.

Golden visa sendiri adalah visa khusus investor yang akan berinvestasi ke Indonesia. Mengutip halaman Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, pemegang golden visa akan menikmati manfaat yang tidak diterima visa biasa.

Contoh manfaatnya adalah prosedur dan persyaratan permohonan visa serta urusan imigrasi lebih mudah dan cepat, jangka waktu tinggal lebih lama, dan lebih cepat untuk pengajuan kewarganegaraan.

Sam Altman sendiri pada Juni lalu berkunjung ke Indonesia. Ia juga mengatakan bahwa kunjungan itu bukanlah yang pertama.

Saat kunjungan tersebut ia mengungkapkan keinginannya untuk meningkatkan dukungan ChatGPT bahasa Indonesia. Sam mengharapkan Indonesia bisa membuat dataset dalam Bahasa Indonesia untuk melatih dan mengevaluasi model bahasa generasi selanjutnya.

Baca juga: Bos ChatGPT Buka-bukaan Butuh Bantuan Indonesia

"Saya pikir jika Indonesia dapat menyediakan kumpulan data (dataset) dan mengevaluasi bahasa, kami akan dengan senang hati menggunakannya dan memasukkannya ke dalam model GPT kami berikutnya," kata Sam saat itu.

Golden visa ini rencananya akan diterbitkan dalam beberapa waktu ke depan. Adapun revisi peraturan pemerintah untuk kebijakan golden visa ini ditargetkan selesai selama satu minggu ke depan.

"Sekarang harmonisasi jadi lagi kita susun mengenai golden visa, saya kira mungin dalam satu atau dua minggu ini selesai. Satu minggu lah," pungkas Luhut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com