Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Perbedaan Akun Bisnis dan Kreator di Instagram

Kompas.com - 04/08/2023, 15:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Instagram menjadi salah satu media sosial andalan sebagian pengguna. Tak hanya sebagai media untuk membagikan momen pribadi. Namun Instagram juga menjadi salah satu alat bisnis yang cukup menjanjikan untuk sebagian pelaku usaha.

Terlebih lagi Instagram terus menyajikan fitur-fitur untuk mendukung pengalaman pengguna. Salah satunya fitur kategori akun yang bisa dipilih pengguna saat mendaftar Instagram pertama kali. 

Aplikasi naungan Metaverse itu menyajikan tiga mode akun. Mulai dari akun pribadi/personal, akun kreator, dan akun bisnis. Dari ketiga akun tersebut, akun kreator dan bisnis sekilas memiiliki tampilan mirip dan fitur sama.

Namun ternyata keduanya memiliki beberapa perbedaan. Lantas apa saja itu? Selengkapnya berikut ini beberapa perbedaan akun bisnis dan kreator di Instagram.

Baca juga: Cara Buat Konten Teks Mirip Instagram Story di TikTok

Pengguna

Berikut ini beberapa perbedaan target pengguna untuk akun kreator dan bisnis.

Kreator

  • Tokoh publik
  • Kreator konten
  • Fotografer
  • Artis
  • Influencer

Akun bisnis

  • UMKM
  • Bisnis Lokal
  • Brand
  • Organisasi
  • Penyedia jasa

Kategori profil

Instagram memperlakukan akun kreator dan bisnis sebagai dua entitas terpisah. Oleh karena itu, kedua jenis akun ini memiliki kategori profil yang unik.

Kategori tersebut dapat muncul sebagai label di profil Anda (jika diaktifkan). Kategori ini bisa Anda tampilkan maupun tidak di pengaturan.

Misalnya, jika Anda memiliki akun kreator, Anda bisa memilih judul seperti koki, pemain game, penulis, atau penari. Sedangkan untuk akun bisnis, Anda bisa memilih dari opsi seperti iklan, hotel, otomotif, dan lainnnya.

Kategori profil ini berguna untuk mempermudah mengidentifikasi jenis akun yang dimiliki.

Kontak informasi

Dari segi kontak informasi keduanya memiliki sedikit perbedaan. Kedua akun memungkinkan pengguna untuk menambahkan alamat email dan nomor telepon mereka sebagai informasi kontak.

Namun, pada akun bisnis terdapat tambahan opsi untuk menambahkan lokasi fisik mereka, seperti kantor pusat, depan toko, atau lokasi restoran, sehingga pengguna dapat lebih mudah menemukan mereka secara fisik.

Tombol Call to Action

Pada tombol Call to Action (CTA) sama-sama ditempatkan antara bio profil dan Highlight Stories. Namun akun bisnis memiliki pilihan untuk menyertakan tombol yang memungkinkan pengikut untuk memesan makanan, memesan sekarang, atau melakukan pemesanan lainnya.

Sementara akun kreator tidak memiliki pilihan tersebut. Seperti banyak fitur lainnya, fitur ini bersifat opsional dan dapat diaktifkan atau dinonaktifkan melalui pengaturan akun Anda.

Akses musik

Akun bisnis tidak memiliki akses penuh ke perpustakaan musik di Instagram. Sementara akun kreator memiliki akses penuh.

Sebenarnya sebagian besar akun dapat menggunakan musik berlisensi dari perpustakaan musik Instagram. Namun, beberapa bisnis tidak bisa menggunakan musik tersebut.

Baca juga: Fitur Baru TikTok, Bisa Bikin Unggahan Teks Mirip Instagram Story, Indonesia Sudah Kebagian

Hal ini karena ada perjanjian dengan pemegang hak yang hanya mengizinkan penggunaan musik untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Sebagai gantinya, Instagram memberi bisnis akses ke Koleksi Suara Facebook.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com