Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Baru TikTok, Bisa Bikin Unggahan Teks Mirip Instagram Story, Indonesia Sudah Kebagian

Kompas.com - 25/07/2023, 11:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - TikTok meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengunggah konten berbasis teks. Fitur ini kurang lebih hampir sama dengan salah satu menu di Instagram Story.

Jadi, dengan fitur ini, pengguna bisa mengunggah postingan bermuatan teks, bukan video pendek seperti postingan pengguna TikTok pada umumnya.

Menurut TikTok, dukungan teks akan memungkinkan pengguna untuk berbagi cerita, puisi, lirik, dan aneka konten tertulis lainnya. Opsi ini juga bisa menjadi cara baru bagi pengguna TikTok untuk mengekspresikan dirinya.

"Hari ini kami mengumumkan perluasan postingan teks di TikTok, sebuah format baru untuk membuat konten berbasis teks yang memperluas opsi bagi kreator untuk berbagi ide dan mengekspresikan kreativitas mereka," kata TikTok dikutip KompasTekno dari situs TikTok, Selasa (25/7/2023).

Baca juga: Geser Media, TikTok Jadi Sumber Mencari Berita Para Gen-Z

Fitur untuk membuat postingan teks tersedia di halaman kamera aplikasi TikTok. Jadi, ketika pengguna mengeklik tombol plus (+) TikTok, akan ada tiga opsi utama, yaitu foto, video dengan beberapa opsi durasi dan teks.

Menurut TikTok, postingan berbasis teks sama interaktifnya dengan postingan foto maupun video. Pasalnya, pengguna juga diberikan opsi edit, yang hampir sama seperti saat membuat postingan foto atau video.

Dengan mengeklik opsi teks, pengguna akan disuguhkan tampilan pembuatan teks. Di situ, pengguna bisa memilih bermacam opsi edit, mulai dari edit font teks, tata letak, warna hingga menentukan ukuran teks.

Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan aneka stiker atau emoji, mengubah background hingga menambahkan lagu.

Postingan berbasis teks tersebut bisa diunggah via TikTok Stories atau feed. Pengguna juga bisa mengatur postingan itu, apakah bisa dilihat publik atau terbatas untuk teman-teman yang diikuti (follow) di TikTok saja.

Namun, apabila di tengah proses pembuatan pengguna merasa ragu mengunggah postingan teks, terdapat opsi untuk menyimpan draft atau membatalkan sepenuhnya.

Dukungan teks diumumkan TikTok pada 24 Juli waktu Amerika Serikat (AS). Pantauan KompasTekno, fitur teks juga sudah tersedia di aplikasi TikTok di platform Android di Indonesia. Adapun fitur tersebut hadir di aplikasi TikTok Android versi 30.5.3.

Baca juga: Kominfo Bakal Bentuk Satgas untuk Antisipasi Project S TikTok

Mirip Instagram

Sebelum hadir di TikTok, fitur konten berbasis teks sudah lebih dulu tersedia di Instagram, khususnya untuk Instagram Story. Teksnya bahkan bisa diberikan efek animasi, sehingga terlihat lebih interaktif.

Pada akhir tahun 2022, Instagram memperluas dukungan konten teks melalui fitur Notes. Di Notes, pengguna bisa mengunggah postingan berisi teks singkat. Nantinya teks tersebut muncul di halaman pesan singkat (direct message/DM) Instagram.

Di sana, pengguna bakal melihat deretan "Notes" milik pengguna dan pengguna lainnya. Pengguna bakal bisa langsung melihat teks dan emoji yang ditulis pengguna tepat di atas foto profil alias avatar pengguna yang berbentuk elips.

Instagram Notes memungkinkan pengguna untuk mengunggah status sederhana yang hanya berisikan teks dan emoji dengan jumlah maksimal 60 karakter. Postingan ini akan hilang sendiri setelah 24 jam diposting, sebagaimana Instagram Story.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com