Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Centang Biru Instagram dan Facebook di Indonesia serta Syaratnya

Kompas.com - Diperbarui 29/07/2023, 16:45 WIB
Zulfikar Hardiansyah,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna Instagram (IG) dan Facebook di Indonesia akhirnya bisa beli centang biru. Sebab, layanan centang biru Instagram dan Facebook berbayar atau Meta Verified, sudah tersedia di Indonesia. Meta Verified sejatinya telah dirilis secara terbatas sekitar Februari 2023.

Kala itu, layanan centang biru berbayar yang mirip Twitter Blue ini dirilis hanya untuk pengguna di Australia dan Selandia Baru. Sebulan berikutnya, layanan centang biru Facebook dan Instagram berbayar dirilis di Amerika Serikat.

Kehadiran layanan centang biru Instagram dan Facebook di Indonesia diumumkan langsung oleh CEO Meta Indonesia, Pieter Lydian lewat sebuah posting di akun Instagram pribadinya @pieterlydian.

“Dengan senang saya menyampaikan bahwa Meta Verified kini telah tersedia dan dapat dibeli secara langsung melalui Instagram atau Facebook di Indonesia," tulis akun @pieterlydian.

Lantas, berapa biaya centang biru Instagram dan Facebook di Indonesia? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan harga centang biru Instagram dan Facebook di Indonesia.

Baca juga: Pengguna Instagram dan Facebook di Indonesia Bisa Beli Centang Biru

Harga centang biru Instagram dan Facebook

Biaya centang biru Instagram dan Facebook di Indonesia dipatok lebih murah dibanding harga langganan global.

Pieter mengungkapkan, pengguna Instagram dan Facebook dapat berlangganan Meta Verified seharga Rp 100.000 per bulan untuk pengguna Instagram dan Facebook versi web.

Sedangkan layanan Meta Verified untuk pengguna iOS dan Android dibanderol dengan harga lebih mahal, yakni Rp 130.000 per bulan.

Sebagai perbandingan, biaya centang biru Instagram dan Facebook secara global dipatok 11,99 dollar AS (sekitar Rp 180.000) per bulan untuk pengguna Instagram dan Facebook versi web.

Kemudian, untuk pengguna yang memakai Instagram dan Facebook versi aplikasi di iOS atau Android, harga langganan Meta Verified dipatok lebih mahal, yaitu 14,99 dollar AS (sekitar Rp 225.000), sebagaimana dilansir laman resmi Meta.

Syarat beli centang biru berbayar IG

Meta Verified tidak bisa didapatkan oleh semua pengguna, hanya pengguna yang memenuhi syarat yang bisa berlangganan. Dikutip dari laman resmi Instagram, adapun syarat langganan Meta Verified adalah sebagai berikut:

  • Berusia minimal 18 tahun atau lebih.
  • Memiliki profil publik atau pribadi dengan nama lengkap sesuai dengan standar penamaan, dan memiliki foto profil yang menyertakan wajah pengguna.
  • Mengaktifkan autentikasi dua faktor, dapat diselesaikan setelah pembayaran.
  • Memenuhi persyaratan aktivitas minimum, seperti riwayat posting sebelumnya.
  • Memiliki tanda pengenal resmi (ID yang dikeluarkan pemerintah) yang sesuai dengan nama dan foto di profil.

Baca juga: Harga Meta Verified atau Centang Biru Instagram dan Facebook di Indonesia

Cara beli centang biru IG

Cara beli centang biru IG cukup mudah. Pengguna bisa mengakses menu pengaturan di aplikasi Instagram atau Facebook. Kemudian, buka menu “Pusat Akun”. Lalu, pilih salah satu akun Facebook atau Instagram yang hendak berlangganan centang biru.

Kemudian, klik opsi “Meta Verified” dan pilih metode pembayaran langganan layanan Meta Verified. Lengkapi semua data yang diperlukan untuk proses verifikasi. Jika data benar, Meta bakal menerimanya dan memberikan centang biru pada pengguna.

Akan tetapi, berdasarkan pantauan KompasTekno hingga Sabtu (29/7/2023), langganan Meta Verified tampaknya belum merata ke seluruh pengguna di Indonesia.

Sebagian pengguna Instagram dan Facebook, mungkin saja sudah menemukan opsi “Meta Verified pada menu “Pusat Akun”. Namun, beberapa lainnya belum mendapat pembaruan ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com