Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Mengganti Akun WhatsApp dengan Cepat dan Mudah

Kompas.com - 05/08/2023, 16:45 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Cara mengganti akun WhatsApp kiranya perlu diketahui oleh pengguna. Tindakan ganti akun WhatsApp biasanya dibutuhkan ketika pengguna hendak berhenti sejenak menggunakan satu akun dan beralih ke akun lainnya.

Pengguna yang belum terbiasa melakukan tindakan ganti akun WhatsApp mungkin bakal bingung dengan caranya. Sebab, perlu diketahui, aplikasi WhatsApp di handphone (HP) tak menyediakan opsi yang memungkinkan pengguna untuk ganti akun.

Baca juga: Cara Membuat Nama WhatsApp Kosong atau Blank dengan Mudah

Jika opsinya tak tersedia, lantas apakah bisa mengganti akun WhatsApp? Pengguna pada dasarnya bisa mengganti akun WhatsApp. Namun, Ketiadaan opsi ganti akun itu yang mungkin bisa membuat pengguna bingung ketika ingin beralih menggunakan akun lainnya.

Oleh karena itu, artikel ini bakal mengulas mengenai cara mengganti akun WhatsApp yang terdapat di HP. Lantas, bagaimana cara mengganti akun WhatsApp?

Meski tak tersedia opsinya di aplikasi, cara mengganti akun WhatsApp itu cukup mudah. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengganti akun WhatsApp.

Cara mengganti akun WhatsApp

Untuk ganti akun WhatsApp, langkah pertama yang perlu dilakukan pengguna adalah mengeluarkan atau logout akun yang terdaftar di aplikasi. Dalam hal logout akun WhatsApp, terdapat dua cara yang bisa dilakukan.

Secara umum, kedua cara logout akun WhatsApp itu memerlukan tindakan untuk mengeluarkan penautan akun di aplikasi. Setelah akun dikeluarkan, pengguna baru bisa login kembali dengan akun yang baru sebagai pengganti.

Berdasarkan percobaan KompasTekno, mengeluarkan penautan akun di aplikasi untuk logout akun WhatsApp bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menghapus data aplikasi dan menginstal ulang aplikasi. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

Baca juga: Cara Kirim Pesan Kosong di WhatsApp dengan Mudah buat Iseng ke Teman

1. Ganti akun WhatsApp dengan menghapus data aplikasi untuk logout

  • Buka menu pengaturan di HP.
  • Selanjutnya, silakan mulai menghapus data aplikasi WhatsApp.
  • Untuk menghapus data aplikasi WhatsApp, caranya di tiap HP bisa berbeda-beda.
  • Jika di HP Android Xiaomi, pengguna bisa membuka menu pengaturan “Aplikasi”. Kemudian, pilih opsi “Kelola Aplikasi” dan pilih aplikasi WhatsApp. Setelah itu, klik opsi “Hapus Data”
  • Setelah menghapus data aplikasi, aplikasi WhatsApp akan direset seperti aplikasi baru dan akun WhatsApp pengguna bakal dikeluarkan.
  • Selanjutnya, pengguna dapat login di aplikasi WhatsApp menggunakan nomor telepon atau akun yang berbeda.

Ilustrasi cara mengganti akun WhatsApp dengan menghapus data aplikasi untuk logout.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengganti akun WhatsApp dengan menghapus data aplikasi untuk logout.

2. Ganti akun WhatsApp dengan instal ulang aplikasi untuk logout

Seperti yang sempat disinggung di atas, mengeluarkan penautan akun di aplikasi untuk logout akun WhatsApp juga bisa dilakukan dengan menginstal ulang aplikasi. Caranya, pengguna bisa menghapus aplikasi WhatsApp di HP.

Setelah itu, pengguna dapat mengunduh aplikasi WhatsApp dari toko aplikasi dan menginstalnya kembali. Setelah terinstal kembali, akun WhatsApp di aplikasi yang sebelum dihapus bakal dikeluarkan.

Selanjutnya, pengguna dapat login di aplikasi WhatsApp yang telah diinstal ulang, menggunakan nomor telepon atau akun yang berbeda sebagai pengganti.

Cukup mudah bukan cara mengganti akun WhatsApp? Dengan dua cara di atas, pengguna bisa ganti akun WhatsApp sesuka hati dengan cepat. Demikianlah penjelasan cara mengganti akun WhatsApp di HP, dengan mengeluarkan akun terlebih dahulu.

Baca juga: 3 Cara Membuat Foto Profil WhatsApp Kosong dengan Mudah

Sebagai informasi tambahan, dikutip dari laman resmi WhatsApp, akun yang telah dikeluarkan dari WhatsApp bisa dihapus otomatis secara permanen jika tidak diaktifkan atau dipakai kembali selama 120 hari.

Dengan demikian, pengguna perlu senantiasa mengelola akun WhatsApp miliknya untuk tetap dalam kondisi aktif dengan tidak melebihi batas waktu tersebut, supaya tidak dihapus secara permanen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com