Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengetahui LCD iPhone Pernah Diganti atau Tidak dengan Mudah

Kompas.com - 08/08/2023, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Cara mengetahui LCD iPhone pernah diganti atau masih asli bawaan pabrik kiranya perlu diketahui oleh pengguna, terutama pengguna yang hendak membeli iPhone bekas. Sebab, penggantian komponen bisa berpengaruh pada performa iPhone.

Pengguna mungkin tak ingin mendapatkan iPhone bekas yang performanya tak bagus, apalagi performa di bagian layar atau LCD. Komponen LCD bisa dibilang merupakan komponen yang penting di iPhone.

Baca juga: 8 Cara agar Battery Health iPhone Tak Turun Drastis, Perhatikan

LCD menjadi wadah utama untuk bisa mengoperasikan iPhone. Jika performanya tak bagus, pengguna bakal kerepotan untuk mengoperasikan iPhone. Oleh karena itu, pengguna memahami cara mengetahui LCD iPhone pernah diganti atau tidak.

Cara tersebut perlu diketahui untuk memastikan bahwa iPhone masih memakai komponen layar yang asli dari Apple, sehingga bisa bekerja dengan optimal. Lantas, bagaimana cara mengetahui LCD iPhone pernah diganti atau masih asli dari Apple?

Cara cek LCD iPhone pernah diganti atau tidak itu cukup mudah. Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara cek LCD iPhone pernah diganti atau tidak.

Cara cek LCD iPhone pernah diganti atau tidak

Apple telah membekali iPhone dengan fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat status riwayat komponen dan servis perangkat. Fitur tersebut sudah hadir di menu pengaturan iPhone mulai iOS 15.2 dan yang lebih baru.

Lewat fitur status riwayat komponen dan servis perangkat itu, pengguna dapat mengetahui
beberapa komponen iPhone yang telah diganti, termasuk untuk komponen layar atau LCD. Fitur untuk cek riwayat servis itu sayangnya tidak tersedia pada semua model iPhone.

Pengguna bisa cek LCD iPhone pernah diganti atau tidak lewat fitur itu hanya pada model iPhone 11 dan yang lebih baru. Untuk cek LCD iPhone pernah diganti atau tidak lewat fitur status riwayat komponen dan servis perangkat, caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu pengaturan di iPhone.
  • Selanjutnya, pilih menu “Umum” dan klik opsi “Mengenai”.
  • Pada opsi tersebut, jika tak muncul status riwayat komponen dan servis perangkat maka iPhone belum pernah diservis atau belum ada komponen yang diganti. Jadi, layar iPhone belum pernah diganti alias masih asli bawaan pabrik.
  • Sebaliknya, jika muncul status riwayat komponen dan servis perangkat untuk komponen layar maka layar di iPhone telah diganti.

Itulah cara mengetahui LCD iPhone pernah diganti atau tidak. Sementara itu, bila LCD iPhone pernah diganti, terdapat beberapa tanda yang dapat diketahui. Adapun tanda LCD iPhone pernah diganti adalah sebagai berikut.

Tanda LCD iPhone pernah diganti

1. Muncul status “Komponen Asli Apple

Ilustrasi status Komponen Asli Apple pada komponen layar sebagai penunjuk bahwa komponen layar pengganti asli dari Apple.Apple.com Ilustrasi status Komponen Asli Apple pada komponen layar sebagai penunjuk bahwa komponen layar pengganti asli dari Apple.

Bila LCD iPhone pernah diganti, tetapi komponen penggantinya adalah asli dari Apple, maka pada status riwayat komponen dan servis perangkat di menu pengaturan bakal muncul status layar sebagai “Komponen Asli Apple” atau “Genuine Apple Part”.

Baca juga: Ciri-ciri iPhone yang Kena Pemblokiran IMEI, Cek Sebelum Membeli

Jika status tersebut diklik, pengguna bakal bisa mengetahui juga tanggal servis atau tanggal penggantian komponen layar. Penggantian layar iPhone dengan komponen asli biasa dilakukan di Authorized Apple Service Provider.

2. Muncul status “Komponen Tidak Dikenal

Ilustrasi status Komponen Tidak Dikenal pada komponen layar sebagai penunjuk bahwa komponen layar pengganti bukan asli dari Apple.Apple.com Ilustrasi status Komponen Tidak Dikenal pada komponen layar sebagai penunjuk bahwa komponen layar pengganti bukan asli dari Apple.

Tanda LCD iPhone pernah diganti yang berikutnya adalah muncul status layar sebagai “Komponen Tidak Dikenal” atau “Unknown Part” pada status riwayat komponen dan servis perangkat di menu pengaturan.

Status “Komponen Tidak Dikenal” atau “Unknown Part” itu muncul untuk menunjukkan LCD iPhone sudah diganti, tetapi komponen penggantinya bukanlah asli dari Apple alias KW atau diproduksi oleh pihak ketiga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com