Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gigabyte Rilis Kartu Grafis GeForce RTX 4060 Low Profile dengan 3 Kipas

Kompas.com - 08/08/2023, 14:01 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Tweak Town

KOMPAS.com - Gigabyte memperkenalkan sebuah kartu grafis berbasis GPU Nvidia GeForce RTX 4060 yang tampil beda dari kebanyakan produk sejenis

Sebab, kartu grafis bernama lengkap Gigabyte RTX 4060 OC Low Profile 8 GB ini memiliki form factor low profile berukuran panjang 182 mm, lebar 40 mm, dan tebal 2 slot. Tampangnya pun imut dengan lebar papan PCB hanya sekitar setengah dari biasanya.

Baca juga: Nvidia Umumkan Jajaran GPU RTX 4060 Series Terbaru

Pendinginnya yang dibekali tiga buah kipas (fan) pun berukuran ringkas. Disertakan juga bracket slot ekspansi low profile yang sama pendeknya dengan papan PCB agar kartu grafis mudah dipasang di casing komputer berukuran mini.

Rangkaian konektor output dan tampak atas dari Gigabyte RTX 4060 OC Low Profile 8 GB yang memiliki ketebalan dua slot. Gigabyte Rangkaian konektor output dan tampak atas dari Gigabyte RTX 4060 OC Low Profile 8 GB yang memiliki ketebalan dua slot.
Gigabyte RTX 4060 OC Low Profile 8 GB tampak jauh berbeda dari kartu-kartu grafis seri GeForce RTX 4000 lain yang bisa berukuran raksasa dengan pendingin super tebal.

Biarpun hanya memiliki cooler kecil, sesuai namanya, Gigabyte masih bisa menerapkan factory overclocking sebesar 15 MHz sehingga GPU berjalan di kecepatan 2.475 MHz.

Baca juga: Kartu Grafis GeForce RTX 4060 Ti 16 GB Dirilis, Ini Harganya

Spesifikasi lain termasuk 3.072 CUDA Cores, RAM GDDR6 8 GB, serta dua konektor Display Port 1.4a dan dua buah HDMI 2.1a sehingga bisa menjalankan hingga empat monitor sekaligus.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TweakTown, Selasa (8/8/2023), ukuran mungil kartu grafis ini dimungkinkan oleh GPU GeForce RTX 4060 yang memang relatif irit daya dengan konsumsi sekitar 100 watt.

Kartu Grafis Gigabyte RTX 4060 OC Low Profile 8 GB dengan bracket slot ekspansi low profile.Gigabyte Kartu Grafis Gigabyte RTX 4060 OC Low Profile 8 GB dengan bracket slot ekspansi low profile.

Meski demikian, angka itu masih melebihi daya maksimal yang bisa disalurkan oleh slot PCIe. Gigabyte RTX 4060 OC Low Profile 8 GB pun memiliki satu buah konektor daya PCIe 8 pin di bagian belakangnya.

Laman produk ini sudah bisa dilihat di situs Gigabyte, tapi masih belum ada informasi harga maupun jadwal ketersediaannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com