Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GeForce RTX 4000 Kepanasan dan Sampai Meleleh, Nvidia Pasang Konektor Baru

Kompas.com - 13/07/2023, 18:33 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kehadiran GeForce RTX 4090, sempat menebar kekhawatiran karena sejumlah pengguna mengalami masalah overheating hingga meleleh di konektor daya 12VHPWR yang digunakan oleh GPU flagship Nvidia tersebut.

Belakangan, Nvidia dilaporkan mulai menggunakan standar konektor daya yang diperbarui dan tidak rawan meleleh, yaitu 12V-2x6, di produksi baru dari model kartu grafis GeForce RTX 4000 Founders Edition bikinannya, termasuk RTX 4070 dan RTX 4090.

Konektor 12V-2x6 dikembangkan oleh lembaga standarisasi PCI-SIG untuk menggantikan 12VHPWR. Konektor 12V-2x6 akan diintegrasikan ke spesifikasi ATX 3.1 dan PCI Express 6.0 yang akan datang.

Baca juga: Kabel GPU GeForce RTX 4090 Meleleh, Nvidia Dituntut di Pengadilan AS

Sekilas, konektor 12V-2x6 di sisi kartu grafis tampak identik dengan pendahulunya karena memang dikembangkan dari 12VHPWR. Dukungan daya maksimalnya sama-sama 600 watt.

Perbedaan yang paling penting di antara kedua standar konektor itu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tom's Hardware, Kamis (13/7/2023), terletak pada empat pin pendeteksi sambungan (sense pins) yang letaknya lebih dalam di 12V-2x6.

Dengan demikian, konektor 12V-2x6 pun tidak akan menyalurkan daya apabila pengguna tak menancapkannya cukup dalam sehingga menyentuh sense pins.

Konektor daya di kartu grafis GeForce RTX 4090 baru kepunyaan pengguna Reddit bernama prackprackprack (kiri) memiliki empat konektor sense pins yang letaknya lebih dalam dibanding GeForce RTX 4090 produksi awal.REDDIT/prackprackprack Konektor daya di kartu grafis GeForce RTX 4090 baru kepunyaan pengguna Reddit bernama prackprackprack (kiri) memiliki empat konektor sense pins yang letaknya lebih dalam dibanding GeForce RTX 4090 produksi awal.

Sebelumnya, konektor 12VHPWR memang rawan meleleh apabila dipasang kurang dalam oleh pengguna sehingga berujung pada sebagian pin penyalur daya kelebihan beban.

Sebenarnya konektor 12V-2x6 sendiri masih belum final dan masih terus dikembangkan. Tidak diketahui apakah konektor "12V-2x6" yang digunakan di kartu grafis GeForce RTX 4000 sepenuhnya memenuhi standar itu atau tidak.

Baca juga: Asus Umumkan 2 GPU Nvidia RTX 4090 Versi Baru, Ukuran Lebih Ringkas

Yang pasti, konektor baru tersebut benar-benar ada dan sudah terlihat oleh beberapa pengguna GeForce RTX 4000 yang melaporkannya ke forum online Reddit.

Satu masalahnya adalah tidak jelas versi produksi mana saja dari GeForce RTX 4000 Founders Edition yang mendapat konektor baru. Belum diketahui juga apakah para rekanan add-in board (AIB) Nvidia juga akan menggunakan konektor serupa di produk-produknya atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com