Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengatasi Akun TikTok yang Terkena Shadow Ban

Kompas.com - 12/08/2023, 11:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Shadow banned TikTok adalah istilah yang digunakan ketika akun pengguna dibatasi atau dilarang secara diam-diam oleh platform, tanpa memberi tahu pengguna tentang pembatasan tersebut.

Umumnya penangguhan ini terjadi karena berbagai faktor. Mulai dari akun TikTok pengguna yang dianggap memiliki aktivitas spam, melanggar ketentuan panduan komunitas, hingga ketidaksengajaan algoritma dari platform TikTok.

Penangguhan ini terjadi selama satu hingga dua minggu bahkan lebih. Selain itu pengguna terkadang tidak sadar bahwa akunnya terkena shadow ban. Maka dari itu untuk mengenalinya, Anda dapat menyimak ciri-ciri akun yang terkena shadow ban dan bagaimana mengatasinya.

Baca juga: Cara Beli Pulsa di TikTok dengan Harga Lebih Murah

Ciri-ciri akun yang terkena shadow

  • Video tidak bisa diunggah dan biasanya muncul "dalam proses" atau "dalam peninjauan"
  • Konten TikTok tidak muncul di halaman beranda atau For Your Page (FYP)
  • Visibilitas konten berkurang, seperti menurunnya penonton, likes, atau bagikan dari pengguna lain yang tidak seperti biasanya
  • Akun TikTok sulit ditemukan di fitur pencarian

Cara mengatasi shadow banned TikTok

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi akun TikTok yang terkena shadow banned

Mengevaluasi konten

TikTok biasanya tidak menerangkan secara eksplisit penyebab akun Anda ditangguhkan. Maka dari itu cobalah untuk meninjau kembali konten-konten Anda. Apabila terdapat salah satu konten yang dirasa melanggar Panduan Komunitas, maka Anda dapat segera mengedit maupun menghapus konten tersebut.

Menghapus aktivitas spam

Aktivitas spam di TikTok bisa menjadi salah satu penyebab TikTok terkena shadow banned. Salah satu contohnya adalah mengunggah konten yang terlalu sering dengan intensitas waktu yang berdekatan.

Ini dia yang membuat akun ditangguhkan. Maka dari itu Anda bisa meninjau kembali penjadwalan konten dan memposting secara normal sehingga tidak terdeteksi TikTok sebagai postingan spam.

Cek kembali panduan komunitas

Cara ini mirip solusi poin pertama yaitu mengevaluasi konten. Namun untuk lebih jelas dan detailnya, pengguna bisa mengecek pada Panduan Komunitas TikTok di tautan berikut ini. Selanjutnya cek kembali konten-konten yang diunggah apakah terdapat bagian yang melanggar Panduan Komunitas TikTok.

Hapus aplikasi dan instal ulang

Cobalah untuk menghapus aplikasi TikTok dari ponsel Anda dan kemudian instal ulang. Melalui cara ini bisa jadi aplikasi akan mengalam pembaruan dan pembersihan cache. Setelah instal ulang dan login kembali, Anda dapat mencoba akun TikTok Anda, apakah sudah berjalan normal atau belum.

Menghubungi kontak dukungan TikTok

Cara selanjutnya adalah menghubungi kontak dukungan TikTok. Untuk mengaksesnya, Anda bisa menuju aplikasi TikTok kemudian pilih "Pengaturan dan privasi" dan klik "Laporkan masalah" atau "Kirim laporan".

Baca juga: Cara Berlangganan TikTok Music dan Daftar Harganya

Itulah beberapa cara mengatasi akun TikTok yang terkena shadow banned. Selain itu Anda bisa menunggu selama satu hingga dua minggu hingg shadow ban telah selesai. Semoga membantu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com