Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Fitur Baru YouTube Shorts untuk Saingi TikTok, Salah Satunya Remix

Kompas.com - 02/08/2023, 17:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - YouTube meluncurkan sejumlah fitur baru untuk membantu pengguna membuat video kreatif di Shorts, layanan berbagi video pendek di YouTube ala TikTok.

Ada enam fitur yang dirilis YouTube, yakni fitur untuk remix (menggabungkan) video, efek dan stiker baru, serta dukungan siaran langsung (live) dalam orientasi vertikal.

Keenam fitur baru itu ditambahkan YouTube untuk memperkaya kemampuan Shorts agar bisa bersaing dengan kompetitor, seperti TikTok.

"Kami memperkenalkan alat kreatif baru untuk meningkatkan kualitas Shorts Anda dan menginspirasi Anda membuat video Shorts lainnya," kata Sarah Ali, Senior Director of Product Management, YouTube Shorts, Creation & Community, dikutip KompasTekno dari blog YouTube, Rabu (2/8/2023).

Berikut fitur-fitur baru di YouTube Shorts.

Baca juga: Video YouTube Shorts Bisa Hasilkan Uang Mulai Hari Ini

Collab

Fitur atau alat pertama disebut Collab alias remix. Fitur ini memungkinkan pengguna merekam video Shorts dalam format kolase. Jadi, pengguna bisa membuat video baru, kemudian digabungkan dengan video lain di Shorts atau YouTube, sehingga menjadi satu video.

YouTube juga menyediakan beberapa opsi kolase. Selain itu, ada pula opsi untuk menggabungkan video pengguna dengan latar belakang video di Shorts/YouTube.

Opsi ini bisa dipakai berkat dukungan Green Screen. Namun pengguna hanya bisa memakai 1-5 detik video Shorts/YouTube sebagai background.

Untuk memakai fitur Collab, pengguna hanya perlu menekan opsi Remix > Collab. Fitur ini bakal tersedia dalam beberapa minggu mendatang untuk pengguna di iOS, disusul Android.

Stiker dan efek baru

YouTube juga menambahkan efek video dan stiker baru di Shorts. Salah satunya yaitu stiker Tanya Jawab (Q&A) yang bisa mengajak followers atau pengguna lain untuk berinteraksi dengan mengajukan pertanyaan.

Jawaban atau tanggapan dari pertanyaan itu nantinya juga bisa ditambahkan pada video lainnya.

Siaran langsung (live)

YouTube juga sedang menguji fitur siaran langung alias live dalam orientasi vertikal alias portrait. Nantinya, video live juga bakal ditemukan pengguna di feed Shorts. Jadi distribusi siaran langsung kreator lebih luas lagi, ketimbang hanya di feed YouTube.

Video siaran langsung di feed Youtube ShortsYoutube Video siaran langsung di feed Youtube Shorts

YouTube mengatakan fitur ini diharapkan bisa membantu kreator untuk terhubung langsung dengan audiens baru dan membangun komunitas mereka dengan cara yang lebih menyenangkan.

Selain live, YouTube juga bakal menyertakan fitur Super Chat hingga Super Sticker dan langganan channel sebagai pelengkap.

Baca juga: Durasi Musik YouTube Shorts Diperpanjang hingga 60 Detik

Rekomendasi efek

Ketika pengguna menggulir konten di feed Shorts, akan muncul efek yang menarik. Nah, pengguna bisa mencomot efek yang dipakai pengguna lain dalam konten itu, kemudian memasangnya pada konten pengguna sendiri.

Efek filter di Youtube ShortsYoutube Efek filter di Youtube Shorts

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com