Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setahun Dirilis di PlayStation, Game Petualangan Kucing "Stray" Kini Hadir di Xbox

Kompas.com - 14/08/2023, 13:05 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Xbox

KOMPAS.com - Studio game Annapurna Interactive merilis game petualangan kucing Stray pada 19 Juli 2022 lalu untuk konsol PlayStation 4 (PS4), PlayStation 5 (PS5), dan Windows PC.

Kini, selang kurang lebih satu tahun, game tersebut akhirnya meluncur di Xbox One dan Xbox Series X/S.

Pantauan KompasTekno di laman resmi Stray di Xbox, Senin (14/8/2023), game ini dijual dengan harga 30 dollar AS (sekitar Rp 459.000), sama seperti harga game itu di PS4 dan PS5.

Adapun, harga Stray di konsol Xbox dan PlayStation tidak lebih murah dari harga versi PC (via Steam) yang dibanderol Rp 200.000.

Belum diketahui mengapa Stray butuh waktu sekitar satu tahun untuk dirilis di platform Xbox. Namun yang jelas, kehadiran game ini tentunya akan memanjakan pecinta kucing yang memiliki konsol game Xbox, baik itu Xbox One maupun Xbox Series X/S. 

Saat dirilis, Stray memang mendapat perhatian besar dari para gamer. Bahkan hanya dalam waktu satu minggu, Stray menggeser posisi God of War di Steam dalam hal review positif.

Stray bahkan mendapat penghargaan dalam kategori game terbaik di konsol PlayStation alias PlayStation Game of the Year versi Golden Joystick Awards 2022.

Baca juga: Game Kucing Stray Sabet Gelar Game PS Terbaik, Kalahkan Gran Turismo 7

Berpetualang sebagai kucing

Dari segi gameplay, Stray menawarkan pengalaman bermain yang unik yang dikemas dalam game "AAA" dengan kualitas visual yang memanjakan mata.

Namun berbeda dengan game AAA yang umumnya menyuguhkan pengalaman bermain yang penuh aksi, Stray justru mengajak pemain untuk berpetualang lewat sudut pandang seekor kucing liar berwarna oranye.

Tangkapan gambar gameplay dari game Stray.PlayStation Tangkapan gambar gameplay dari game Stray.

Dikisahkan bahwa kucing tanpa nama ini secara tidak sengaja jatuh ke dalam sebuah lubang yang cukup dalam. Kucing liar yang jatuh ini ternyata tidak mati dan mendarat di sebuah kota asing futuristik mirip "Cyber Punk".

Karena sarat dengan teknologi masa depan, dalam kota ini, pemain akan menemukan beragam jenis robot dan makhluk asing yang nampak berkeliaran kota misterius tersebut.

Baca juga: Seminggu Dirilis, Game Petualangan Kucing Stray Geser God of War di Steam

Nah, di tengah-tengah perjalanannya, kucing liar ini nantinya bertemu dengan sebuah robot berbentuk menyerupai drone bernama B-12.

Berbeda dengan robot lain, B-12 dengan sukarela membantu sang kucing liar memecahkan teka-teki sekaligus menemaninya dalam misi menuju kembali ke permukaan.

Selain menyimpan banyak informasi yang dapat membantu si kucing liar, B-12 juga mampu melakukan berbagai hal mulai dari menyorotkan cahaya, hingga menerjemahkan bahasa asing yang digunakan para robot asing.

Di samping berpetualang dan memecahkan teka-teki, pemain juga bisa melakukan beragam aksi nakal seperti mencakar karpet, rebahan, hingga menjatuhkan barang dengan sengaja layaknya seperti kucing liar sungguhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com