Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsol PS5 Overheat di Turnamen E-sports, Port USB Sampai Meleleh

Kompas.com - 11/08/2023, 18:04 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Kotaku

KOMPAS.com - Sebuah konsol Sony PlayStation 5 (PS5) mengalami panas berlebih alias overheat saat digunakan dalam kompetisi e-sports Evo 2023 yang digelar di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat (AS) pada 5 Agustus - 6 Agustus 2023 kemarin.

Bahkan karena saking panasnya, port USB di PS5 tersebut sampai meleleh. Kejadian ini diungkap oleh beberapa peserta yang mengikuti turnamen Evo 2023 melalui media sosial X Twitter.

Pengguna dengan handle @Kyoku236HS yang bermain Street Fighter 6 di kompetisi tersebut,  mengaku bahwa ada bekas plastik USB PS5 (berwarna biru) yang menempel di kabel USB controller PS5 miliknya.

Hal ini terjadi karena komponen plastik di USB PS5 meleleh karena kepanasan, sehingga plastik tersebut menempel di kabel USB yang sebelumnya tersambung. 

Baca juga: Wujud Konsol Handheld PS5 Sony, Seperti Tablet yang Dipasangi Stik

Selain @Kyoku236HS, pengguna Reddit dengan handle SyrupyCereal juga mengalami nasib yang sama. 

Dalam sebuah thread Reddit, ia mengunggah gambar yang menunjukkan bahwa kabel controller PS5 miliknya, terutama di bagian konektor USB-A, ternyata dijejali dengan plastik konektor USB berwarna biru yang didapati oleh @Kyoku236HS tadi. 

"Setelah saya menjalankan pertandingan Street Fighter 6, saya langsung mencabut komponen dari USB PS5 yang macet di kabel saya," kata SyrupyCereal, sembari mengunggah gambar komponen USB PS5 yang ada di dalam kabel controller PS5 miliknya.

Kabel controller PS5 yang dijejali dengan komponen USB PS5 yang meleleh.Reddit/SyrupyCereal Kabel controller PS5 yang dijejali dengan komponen USB PS5 yang meleleh.
Pihak Sony PlayStation dan pihak penyelenggara Evo 2023 belum buka suara soal insiden ini. Namun, melelehnya konsol PS5 ini diduga karena konsol tersebut dipakai terus menerus dalam waktu lama.

Adapun konektor USB PS5 yang meleleh tersebut adalah bua buah port USB-A. Port ini berada di bagian belakang PS5 dan berjumlah dua buah. Satu port USB-A lainnya berada di bagian depan PS5.

Sebagai informasi, Evo 2023 adalah turnamen e-sports yang fokus pada sejumlah game bertarung populer, mulai dari Street Fighter 6, Mortal Kombat 11, Tekken 7, hingga The King of Fighters 15.

Turnamen ini utamanya mengandalkan konsol game PS5, dan para peserta diizinkan untuk membawa alat pengendali game alias controller PS5 mereka sendiri dari rumah.

Baca juga: Resident Evil 2 Remake Jadi Game Seri Resident Evil Terlaris Sepanjang Masa

Evo 2023 merupakan turnamen franchise yang digelar oleh Sony PlayStation tiap tahun.

Sejak 2021, Sony telah membeli merek turnamen e-sports Evo, sehingga mereka bisa melakukan apa saja di dalam turnamen tersebut, termasuk hanya mengkompetisikan game yang bisa dijalankan di konsol game buatannya saja (PS5).

Konon di Evo 2023, terdapat begitu banyak unit PS5 yang beroperasi di beberapa titik di dalam venue, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Kotaku, Jumat (11/8/2023).

Nah, sama seperti barang elektronik lain, isu overheat mungkin saja bisa terjadi apabila PS5 dipakai dan dinyalakan terus-menerus dalam waktu yang cukup lama, terutama apabila digunakan di dalam turnamen dengan jadwal yang padat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com