Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Youtuber Uji Layar Lipat Galaxy Z Flip 5, Tahan Lebih Lama dari Klaim Samsung

Kompas.com - 13/08/2023, 08:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Samsung sudah resmi meluncurkan duo smartphone lipatnya pada akhir Juli lalu. Salah satu ponsel anyar yang diperkenalkan adalah Galaxy Z Flip 5, penerus dari Galaxy Z Flip 4 yang sudah meluncur tahun lalu.

Upgrade yang dihadirkan adalah kontruksi engsel yang baru, yang membuat perangkat bisa tertutup rapat, tanpa ada celah lagi di dekat engselnya (hinge). Hinge tersebut juga dirancang dengan ketahanan yang ditingkatkan.

Nah, baru-baru ini, seorang youtuber menemukan bahwa layar Galaxy Z Flip 5 mampu bertahan dua kali lipat dari klaim Samsung. Samsung mengeklaim layar Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5 dapat dibuka-tutup denhan ketahanan 200.000 kali lipatan, yang disertai sertifikasi Bureau Veritas (BV).

Namun percobaan yang dilakukan youtuber dengan nama Mrkeybrd menunjukkan layar Galaxy Z Flip 5 bisa bertahan hingga lipatan ke 400.000.

Ia mencoba melipat Galaxy Z Flip 5 selama seharian guna mengetahui seberapa banyak lipatan yang bisa ditahan oleh perangkat dan apakah smartphone masih dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

 Baca juga: 4 Keunggulan Samsung Galaxy Z Flip 5, Cover Screen Besar dan Engsel Rapat

Sama seperti judul video yang diunggah, “The Z Flip Survived Over 400K Folds!”, youtuber menemukan Galaxy Z Flip 4 bisa tetap bertahan di lipatan ke 401.146 kali. Perangkat anyar bikinan Samsung ini memang dapat digunakan dan berfungsi dengan baik. Akan tetapi, ada beberapa perubahan.

Engsel dari Galaxy Z Flip 5 mengalami masalah ketika dibentangkan atau dalam posisi tidak terlipat. Bodi perangkat tidak bisa dibentangkan secara lurus, tetapi sedikit menekuk ke bawah.

Penasaran rangkaian uji coba apa saja yang dilakukan? Berikut adalah uji lipat dan ketahanan yang dilakuka  Mrkeybrd, seperti yang sudah dirangkum oleh KompasTekno dari kanal YouTube-nya.

Dibandingkan dengan Motorola Razr 40 Ultra

Uji lipatan Galaxy Z Flip 5 (kanan) dan Motorola Razr 40 Ultra (kiri)YouTube/Mrkeybrd Uji lipatan Galaxy Z Flip 5 (kanan) dan Motorola Razr 40 Ultra (kiri)

Dalam video berdurasi 1 menit 42 detik, youtuber memberi cuplikan singkat mengenai uji ketahanan dan lipatan pada smartphone lipat yang diuji coba. Pengujian juga membandingkan dua perangkat, yakni Galaxy Z Flip 5 dan Motorola Razr 40 Ultra.

Namun, sayangnya Mororola Razr 40 Ultra mengalami kerusakan lebih dulu pada lipatan ke 126.266 kali. Maka dari itu, pengujian selanjutnya hanya dilakukan pada satu perangkat, yakni Galaxy Z Flip 5 saja.

Ketahanan air

Uji lipatan Galaxy Z Flip 5 di dalam air selama 30 menitYouTube/Mrkeybrd Uji lipatan Galaxy Z Flip 5 di dalam air selama 30 menit

Pengujian kedua, Galaxy Z Flip 5 dilipat dan dibentangkan di dalam kotak air selama 30 menit. Perangkat lolos di kedua pengujian dan masih berfungsi dengan baik.

Menurut Mrkeybrd, pengujian lipatan dan ketahanan di dalam air cukup memengaruhi kontruksi engsel perangkat. Lipatan yang dilakukan mulai mengalami perbedaan, tetapi secara fungsionalitas, perangkat tetap bekerja dengan baik.

“Setelah dilipat dan dibentangkan tanpa ada masalah, kami memutuskan untuk melipat (perangkat) di dalam air selama 30 menit. Hal ini tentunya berimbas pada engsel dan melemahkan kekuatannya sedikit. Akan tetapi, perangkat dapat tetap berfungsi,” ujar Mrkeybrd.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com