Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unboxing dan Hands-on Samsung Galaxy Tab S9 Ultra 5G, Tablet Tahan Air Harga Rp 20 Juta

Kompas.com - 16/08/2023, 13:31 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy Tab S9 Ultra 5G resmi dipasarkan di Indonesia, Selasa (15/8/2023). Tablet ini merupakan model paling mumpuni dari trio Galaxy Tab S9 series yang dirilis di Tanah Air.

Samsung Galaxy Tab S9 Ultra membawa spesifikasi canggih seperti layar Dynamic AMOLED 2X 14,6 inci, chipset Qualcomm Snpadragon 8 Gen 2 for Galaxy, baterai 11.200 mAh, total empat kamera depan dan belakang, dukungan 5G, serta fitur tahan air dan debu dengan rating IP68.

Dengan spesifikasi tersebut, tablet ini juga dibanderol dengan harga paling mahal di antara ketiganya, yaitu:

  • Harga Samsung Galaxy Tab S9 Ultra (12 GB/256 GB): Rp 20 juta
  • Harga Samsung Galaxy Tab S9 Ultra (12 GB/512 GB): Rp 22 juta

Dengan harga tersebut, apa saja yang didapatkan konsumen dalam kotak kemasan Samsung Tab S9 Ultra? Ikuti ulasan singkatnya berikut ini.

Untuk diketahui, KompasTekno berkesempatan menjajal Samsung Galaxy Tab S9 Ultra 5G (12 GB/256 GB) berwarna Graphite versi ritel resmi Indonesia.

Unboxing Galaxy Tab S9 Ultra 5G

Isi kotak kemasan Samsung Galaxy Tab S9 Ultra seharga Rp 20 juta terbilang minimalis dan cukup tipis. Di dalamnya, konsumen mendapatkan satu unit Samsung Galaxy Tab S9 Ultra, stylus S Pen, kabel USB Type-C to Type-C, SIM ejector tool, kartu garansi, dan kertas panduan penggunaan.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Isi kotak kemasan Samsung Galaxy Tab S9 Ultra seharga Rp 20 juta terbilang minimalis dan cukup tipis. Di dalamnya, konsumen mendapatkan satu unit Samsung Galaxy Tab S9 Ultra, stylus S Pen, kabel USB Type-C to Type-C, SIM ejector tool, kartu garansi, dan kertas panduan penggunaan.
Kotak kemasan Samsung Galaxy Tab S9 Ultra didominasi dengan warna putih. Di bagian depan kotak kemasan terdapat tulisan "Galaxy Tab" dengan aksen warna abu-abu muda mengilat serta gambar perangkat Galaxy Tab S9 Ultra yang berwarna abu-abu kehitaman.

Tak lupa, ada nama "Galaxy Tab S9 Ultra 5G" yang disematkan di bawah gambar perangkat. 

Kesan pertama saat memegang kotak kemasan Galaxy Tab S9 Ultra 5G adalah ukurannya yang besar. Namun, ketika dibuka, isi kotak penjualan Galaxy Tab S9 Ultra seharga Rp 20 juta ini terlihat minimalis.

Pasalnya, di dalam kotak hanya terdapat satu unit tablet Galaxy Tab S9 Ultra berwarna Graphite, satu buah pena digital (stylus) S Pen, kabel USB Type-C to USB Type-C, satu SIM card ejector tool, kartu garansi, dan lembar panduan penggunaan.

Baca juga: Trio Tablet Samsung Galaxy Tab S9 Meluncur di Indonesia, Varian Terbesar Harga Rp 22 Juta

Samsung tidak lagi menyertakan kepala charger dalam kotak kemasan Galaxy Tab S9 Ultra. Jadi, pengguna bisa menggunakan adapter charger dengan USB Type C yang dimiliki sebelumnya, atau membeli adapter charger SuperFast Charging 45 watt secara terpisah.

Video unboxing Galaxy Tab S9 Ultra 5G bisa dilihat lewat video di bawah ini.

@kompastekno Unboxing Samsung Galaxy Tab S9 Ultra 5G???? ?AMOLED 14,6 inch ?5.5 mm thin ?S Pen included ? Water and dust resistant IP68 #samsung #galaxytab #galaxytabs9ultra #galaxytabs9 ? Komang - Raim Laode

Tahan air dengan rating IP68

Samsung Galaxy Tab S9 Ultra sudah dilengkapi sertifikasi tahan air dan debu dengan rating IP68. Perangkat ini aman ditenggelamkan di dalam air maksimal dengan kedalaman air 1,5 meter dalam kurun waktu hingga 30 menit. Selama di dalam air, tablet ini dapat berfungsi dengan baik. Misalnya, untuk digunakan corat-coret, membuka aplikasi Netflix, Google, dan lainnya.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Samsung Galaxy Tab S9 Ultra sudah dilengkapi sertifikasi tahan air dan debu dengan rating IP68. Perangkat ini aman ditenggelamkan di dalam air maksimal dengan kedalaman air 1,5 meter dalam kurun waktu hingga 30 menit. Selama di dalam air, tablet ini dapat berfungsi dengan baik. Misalnya, untuk digunakan corat-coret, membuka aplikasi Netflix, Google, dan lainnya.
Salah satu pembaruan besar yang dibawa Galaxy Tab S9 Ultra adalah ketahan terhadap air dan debu. Tablet ini serta stylus S Pen bawaannya sudah tersertifikasi IP68.

Artinya, Samsung Galaxy Tab S9 Ultra dan S Pen bisa bertahan di dalam air dengan kedalaman maksimal 1,5 meter selama 30 menit. Adanya sertifikasi ini menjadikan Galaxy Tab S9 series sebagai tablet pertama bikinan Samsung yang dapat tahan air.

Ketika dijajal KompasTekno, Galaxy Tab S9 Ultra masih bisa berfungsi di dalam air, seperti video TikTok di bawah. Kami bisa membuka aplikasi Samsung Notes, lalu mencorat-coretnya dengan S Pen dengan normal. Kami juga bisa membuka kamera dan berfoto seperti biasa.

Ketika di dalam air, sentuhan layar dengan jari tidak begitu optimal, namun pengguna bisa menggunakan stylus S Pen untuk mengoperasikan tablet.

@kompastekno tablet Samsung Galaxy Tab S9 Ultra 5G water resistant IP68 test???? #samsung #galaxytab #galaxytabs9 #galaxytabs9ultra #tablet ? New Jeans - NewJeans

Layar besar, tampilan jernih

Samsung Galaxy Tab S9 Ultra memiliki layar Dynamic AMOLED 2X 14,6 inci dengan resolusi WQXGA Plus, refresh rate 120 Hz. Ini membuat layar tablet ini mampu memanjakan mata dengan kualitas gambar atau konten yang tajam dan jernih. Terutama ketika digunakan untuk menonton konten video, streaming YouTube, atau binge watching Netflix dengan resolusi tinggi.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Samsung Galaxy Tab S9 Ultra memiliki layar Dynamic AMOLED 2X 14,6 inci dengan resolusi WQXGA Plus, refresh rate 120 Hz. Ini membuat layar tablet ini mampu memanjakan mata dengan kualitas gambar atau konten yang tajam dan jernih. Terutama ketika digunakan untuk menonton konten video, streaming YouTube, atau binge watching Netflix dengan resolusi tinggi.
Samsung Galaxy Tab S9 Ultra menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X 14,6 inci. Ukuran layar tersebut hampir menyamai laptop ukuran 15 inci. Ini menjadikan Galaxy Tab S9 Ultra sebagai tablet terbesar Samsung untuk saat ini.

Layar tablet ini memikiki resolusi WQXGA Plus (2.960 x 1.848 piksel). Dengan begitu, layar tablet ini mampu menampilkan gambar atau konten yang tajam dan jernih.

Layar Galaxy Tab S9 Ultra juga sudah mendukung adaptive refresh rate paling rendah 1 Hz dan paling tinggi 120 Hz. Ini membuat tablet bisa menyesuaikan tampilan dengan refresh rate paling rendah 1 Hz untuk konten statis, sehingga, secara teknis, bakal lebih menghemat daya.

Sementara dengan refresh rate 120 Hz, kami bisa menggeser layar, menavigasi menu, berpindah antar-aplikasi terasa mulus dan lancar. Begitu juga saat menonton video atau film, kami bisa melihat konten visual dengan jernih.

Layar Super AMOLED Galaxy Tab S9 Ultra ini juga sudah mendukung fitur pemindai sidik jari di bawah layar (in-display fingerprint), sehingga memudahkan ketika membuka kunci layar.

Bodi tipis

Punggung Samsung Galaxy Tab S9 Ultra dibuat dari material material Armor Aluminium serta berwarna abu-abu kehitaman dengan finishing matte. Desain ini menambah kesan premium pada tablet ini. Ada dua lensa kamera belakang yang langsung dibenamkan di punggung. Kemudian, ada kompartemen penyimpanan dan pengecasan magnetik untuk S Pen. KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Punggung Samsung Galaxy Tab S9 Ultra dibuat dari material material Armor Aluminium serta berwarna abu-abu kehitaman dengan finishing matte. Desain ini menambah kesan premium pada tablet ini. Ada dua lensa kamera belakang yang langsung dibenamkan di punggung. Kemudian, ada kompartemen penyimpanan dan pengecasan magnetik untuk S Pen.
Dalam orientasi horizontal atau landscape, bodi Galaxy Tab S9 Ultra memiliki dimensi tinggi 208,6 mm, lebar 326,4 mm, dan ketebalan 5,5 mm.

Dengan dimensi tersebut dan ditambah dengan pinggiran frame yang flat, Samsung Galaxy Tab S9 Ultra ini terasa sangat tipis dan terkesan premium. Tablet ini memiliki bobot 732 gram.

Tak seperti tablet kebanyakan, Samsung Galaxy Tab S9 Ultra punya ukuran layar super besar 14,6 inci dengan bobot sekitar 732 gram. Ukuran ini membuat perangkat sulit untuk digenggam menggunakan satu tangan.

Baca juga: Samsung Galaxy Tab S9: Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Bila ingin menggunakan satu tangan, tablet ini paling nyaman dan aman dibawa dengan cara ditopang menggunakan satu tangan dibagian bagian punggungnya (orientasi landscape). Sementara, dalam orientasi vertikal (portrait), tablet ini masih bisa dibawa menggunakan satu tangan.

Punggung tablet Galaxy Tab S9 Ultra tersebut menggunakan material Armor Aluminium dengan finishing matte, bukan mengilap dan memberikan efek cermin.

Saat diusap, permukaan punggung Samsung Galaxy Tab S9 Ultra ini terasa licin sehingga rawan terlepas saat dibawa menggunakan satu tangan.

Untuk menyiasatinya, pengguna bisa membeli aksesori Book Cover Keyboard Galaxy Tab S9 Ultra seharga hampir Rp 4 juta dengan uang dari kocek sendiri.

Selama masa pre-order hingga 17 Agustus 2023, aksesori keyboard ini ditawarkan setengah harga alias diskon 50 persen oleh Samsung.

Selain sebagai pelindung tablet, Book Cover Keyboard yang sudah dibekali dengan keyboard ini juga bakal memaksimalkan penggunaan tablet seperti laptop saat dalam mode tampilan Samsung DeX. Keyboard pada aksesori tersebut juga sudah dilengkapi dengan trackpad.

S Pen tahan air dan serba bisa

Bila membeli Galaxy Tab S9 Ultra, pengguna akan mendapatkan penadigital alias stylus S Pen bawaan.

S Pen ini boleh dibilang sebagai stylus yang serba bisa karena dapat digunakan hampir dalam segala hal. Mulai dari menulis, menggambar, mewarnai, mengambil tangkapan layar, hingga menjalankan perintah air action.

S Pen Galaxy Tab S9 Ultra kini memiliki pressure sensitivity yang mampu membedakan 4.096 tingkat tekanan serta memiliki latensi rendah di angka 2,8 ms.

Menurut pengalaman KompasTekno, hal tersebut membuat pengalaman menulis dengan S Pen di layar Galaxy Tab S9 Ultra terasa mirip ketika menulis di atas kertas menggunakan pulpen biasa.

Baca juga: Samsung Galaxy Tab S9 Ultra: Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Air Actions sendiri adalah perintah dengan gestur tertentu tanpa menyentuh layar. Air Actions yang bisa dijalankan melalui S Pen bermacam-macam, bergantung dengan aplikasi yang tengah dijalankan. Misalnya, untuk play atau pause video, mengatur volume, mengambil foto, dan lainnya.

Dengan Cover Book Keyboard, kompartemen penyimpanan dan pengecasan magnetik untuk S Pen semakin aman.  KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Dengan Cover Book Keyboard, kompartemen penyimpanan dan pengecasan magnetik untuk S Pen semakin aman.
Untuk menyimpan S Pen, Galaxy Tab S9 Ultra sebenarnya tidak memiliki kompartemen khusus untuk menyimpan stylus S Pen.

Namun, pengguna bisa menempelkan S Pen di area magnetis di atas frame bagian kanan tablet. Dengan begitu, S Pen tidak mudah tercecer sekaligus masih gampang diraih saat menggunakan tablet.

Pengguna juga bisa menempelkan S Pen di area bermagnet berbentuk oval memanjang dekat kamera belakang.

Di sana, pengguna bisa menempelkan sekaligus mengisi daya S Pen. Jika ingin lebih aman, ada baiknya mempertimbangkan Book Cover yang menyediakan tempat untuk menyimpan S Pen.

Spesifikasi Galaxy Tab S9 Ultra 5G di Indonesia

Samsung Galaxy Tab S9 Ultra mendukung fitur split screen untuk multitasking. Fitur ini memungkin pengguna untuk membuka tiga aplikasi secara bersamaan dalam satu layar. Rasio split screen masing-masing jendela bisa diatur sesuai keinginan pengguna.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Samsung Galaxy Tab S9 Ultra mendukung fitur split screen untuk multitasking. Fitur ini memungkin pengguna untuk membuka tiga aplikasi secara bersamaan dalam satu layar. Rasio split screen masing-masing jendela bisa diatur sesuai keinginan pengguna.
Di sektor hardware, tablet premium Samsung ini diotaki System-on-Chip (SoC) Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy (4nm). Chipset tersebut dipadukan dengan RAM sebesar 12 GB serta penyimpanan internal sebesar 256 GB. Baik RAM maupun penyimpanan internal tablet ini bisa diekspansi.

Misalnya, Samsung menyertakan fitur RAM Plus hingga 8 GB. Fitur RAM Plus akan mengalokasikan sebagian media penyimpanan sebagai RAM virtual. Dengan fitur RAM Plus, RAM tablet yang semula berukuran 12 GB, dapat diperluas hingga mencapai 20 GB.

Lalu, kapasitas penyimpanan internal juga bisa diekspansi hingga 1 TB menggunakan slot kartu eksternal microSD.

Fitur lain yang dibawa Samsung Galaxy Tab S9 Ultra meliputi dukungan 5G, Bluetooth 5.3, mode Samsung DeX, empat speaker stereo besutan AKG dengan teknologi Dolby Atmos.

Tablet ini menjalankan sistem operasi Android 13 dan dilapisi antarmuka One UI 5.1.1. Tablet ini ditopang baterai 11.200 mAh dengan dukungan fast charging 45 watt.

Nah, masih penasaran melihat wujud Galaxy Tab S9 Ultra dari segala sisi? Foto-foto unboxing Galaxy Tab S9 Ultra bisa dilihat melalui galeri foto: "Unboxing Samsung Galaxy Tab S9 Ultra 5G, Tablet Tahan Air Harga Rp 20 Juta".

Spesifikasi dan harga Galaxy Tab S9 Ultra 5G selengkapnya sebagai berikut.

  Spesifikasi Galaxy Tab S9 Ultra 5G
Layar Dynamic AMOLED 2x 14,6 inci, resolusi WQXGA Plus (2.960 x 1.848 piksel), refresh rate 120 Hz, aspek rasio 16:10
Dimensi dan bobot 208,6mm x 326,4mm x 5,5mm
732 gram
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy (4nm)
CPU:Octa-core (1x3.36 GHz Cortex-X3 & 2x2.8 GHz Cortex-A715 & 2x2.8 GHz Cortex-A710 & 3x2.0 GHz Cortex-A510)
GPU: Adreno 740
Memori RAM: 12 GB (+ RAM Plus 8 GB)
Storage: 256/512 GB (+microSD 1 TB)
Kamera belakang Kamera utama 13 MP (Autofocus)
Kamera ultrawide 8 MP
Kamera depan Kamera utama 12 MP
Kamera ultrawide 12 MP
Baterai 11.200 mAh, fast charging 45 watt
Biometrik In-display fingerprint scanner dan face unlock
Sistem operasi Android 13, OneUI 5.1.1
Fitur lain stylus S Pen bawaan, 5G, Bluetooth 5.3, mode Samsung DeX, empat speaker stereo besutan AKG dengan teknologi Dolby Atmos
Warna Graphite
Harga Galaxy Tab S9 Ultra (12 GB/256 GB): Rp 20 juta
Galaxy Tab S9 Ultra (12 GB/512 GB): Rp 22 juta 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Samsung Experience Lounge Hadir di Jakarta, 'Ruangan' Smart Home dan Serba AI

Samsung Experience Lounge Hadir di Jakarta, "Ruangan" Smart Home dan Serba AI

Gadget
Bocoran iPhone 16 Series, Bawa Layar Lebih Luas dari iPhone 15

Bocoran iPhone 16 Series, Bawa Layar Lebih Luas dari iPhone 15

Gadget
Cara Mengatur Durasi Layar dan Aplikasi di iPhone

Cara Mengatur Durasi Layar dan Aplikasi di iPhone

Gadget
Microsoft Akan Beri Pelatihan AI Skilling untuk 840.000 Orang di Indonesia

Microsoft Akan Beri Pelatihan AI Skilling untuk 840.000 Orang di Indonesia

e-Business
Kenapa Aplikasi di iPhone Menginstal Ulang dengan Sendirinya? Begini Cara Mengatasinya

Kenapa Aplikasi di iPhone Menginstal Ulang dengan Sendirinya? Begini Cara Mengatasinya

Gadget
Merger XL Axiata-Smartfren, Siapa Berkuasa?

Merger XL Axiata-Smartfren, Siapa Berkuasa?

Internet
Bos Microsoft Satya Nadella Ungkap Peluang Komunitas Developer Indonesia Masuk 5 Besar Dunia

Bos Microsoft Satya Nadella Ungkap Peluang Komunitas Developer Indonesia Masuk 5 Besar Dunia

Software
Cara Mengaktifkan Passkey di WhatsApp Android

Cara Mengaktifkan Passkey di WhatsApp Android

Software
OpenAI Rilis Fitur 'Memory' di ChatGPT, Bisa Ingat dan Kenali Pengguna

OpenAI Rilis Fitur "Memory" di ChatGPT, Bisa Ingat dan Kenali Pengguna

Software
Daftar 20 HP Terlaris Sepanjang Sejarah, Nomor 1 Bukan Smartphone

Daftar 20 HP Terlaris Sepanjang Sejarah, Nomor 1 Bukan Smartphone

Gadget
Microsoft Investasi Rp 27 Triliun di Indonesia, Terbesar dalam 29 Tahun

Microsoft Investasi Rp 27 Triliun di Indonesia, Terbesar dalam 29 Tahun

e-Business
'Microsoft Build: AI Day' Digelar di Jakarta, Dihadiri CEO Microsoft Satya Nadella

"Microsoft Build: AI Day" Digelar di Jakarta, Dihadiri CEO Microsoft Satya Nadella

e-Business
Bukti Investasi Apple Rp 1,6 Triliun di Indonesia Masih Sekadar Janji

Bukti Investasi Apple Rp 1,6 Triliun di Indonesia Masih Sekadar Janji

e-Business
Smartphone Vivo Y18e Meluncur, Bawa Layar 90 Hz dan Baterai 5.000 mAh

Smartphone Vivo Y18e Meluncur, Bawa Layar 90 Hz dan Baterai 5.000 mAh

Gadget
Tablet Xiaomi Pad 6S Pro Meluncur di Indonesia 5 Mei, Ini Bocoran Spesifikasinya

Tablet Xiaomi Pad 6S Pro Meluncur di Indonesia 5 Mei, Ini Bocoran Spesifikasinya

Gadget
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com