Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy Tab S9 Series Resmi, Bisa Dipakai Corat-coret di Dalam Air

Kompas.com - 26/07/2023, 19:30 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

SEOUL, KOMPAS.com - Bersamaan dengan peluncuran Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5, Samsung juga memperkenalkan jajaran tablet terbarunya, Galaxy Tab S9 series, dalam acara Galaxy Unpacked di Seoul, Korea Selatan, Rabu (26/7/2023) pukul 18.00 WIB.

Jurnalis KompasTekno, Caroline Saskia Tanoto, juga hadir secara langsung dalam acara peluncuran tersebut. Ada tiga model yang dirilis yaitu Samsung Galaxy Tab S9 “reguler”, Galaxy Tab S9 Plus, dan Galaxy S9 Ultra.

Dari ketiga produk tersebut, Samsung Galaxy Tab S9 Ultra menjadi model paling tinggi karena dibekali spesifikasi paling mumpuni. Perbedaan paling signifikan bisa dilihat dari ukuran bodinya yang lebih bongsor ketimbang dua “saudaranya”.

(Kiri-kanan) Tampilan punggung dari Galaxy Tab S9 Ultra dan Galaxy Tab S9 Plus yang dilengkapi dua sensor kamera, sedangkan Galaxy Tab S9 memiliki satu sensor kamera belakang sajaKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto (Kiri-kanan) Tampilan punggung dari Galaxy Tab S9 Ultra dan Galaxy Tab S9 Plus yang dilengkapi dua sensor kamera, sedangkan Galaxy Tab S9 memiliki satu sensor kamera belakang saja

 Samsung Galaxy Tab S9 Ultra memiliki layar 14,6 inci. Sementara Galaxy Tab S9 Plus seluas 12,4 inci, sedangkan Galaxy Tab S9 “reguler” seluas 11 inci.

Baca juga: Pasar Tablet Turun 3 Persen Sepanjang 2022, Apple Tetap Tumbuh

Terlepas dari perbedaan yang ada, Galaxy Tab S9 series kali ini menjadi tablet pertama bikinan Samsung yang sudah mengantongi sertifikasi IP68.

Artinya, perangkat dapat tahan air dan debu. Dalam uji coba, tablet baru ini dapat digunakan walau ditenggelamkan ke dalam air selama beberapa jam.

"Galaxy Tab S9 Series menghadirkan layar besar yang terang, tingkat ketahanan terhadap air dan debu, hingga chipset yang bertenaga. Berbagai fitur ini akan bekerja bersamaan untuk memberikan pengalaman premium di sebuah perangkat tablet," kata Danielle E Moten, Product Management MX Business Samsung dalam acara peluncuran.

Galaxy Tab S9 series sudah mengantongi sertifikasi IP68, yang artinya tahan debu dan air. Dalam uji coba, tablet bisa ditenggelamkan ke dalam air, sambil layar dicoret-coret menggunakan pen digital bawaan (stylus)KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Galaxy Tab S9 series sudah mengantongi sertifikasi IP68, yang artinya tahan debu dan air. Dalam uji coba, tablet bisa ditenggelamkan ke dalam air, sambil layar dicoret-coret menggunakan pen digital bawaan (stylus)
Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S9 Ultra

Samsung Tab S9 Ultra memiliki layar 14,6 inci dengan panel Dynamic AMOLED 2x dan refresh rate 120 Hz. Perangkat ini datang dengan bezel (bingkai layar) yang cukup tipis di keempat sisinya. Layar dihiasi poni di bagian atas (dalam posisi landscape/horizontal) yang menampung kamera depan.

Soal performa, perangkat ditenagai oleh chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy. Chipset dipadankan dengan RAM 12 GB dan ruang penyimpanan (storage) 256 GB dan 512 GB.

Bila dirasa kurang, kapasitas penyimpanan bisa diperbesar hingga 1 TB melalui slot microSD. Soal daya, perangkat ditopang baterai berkapasitas 11.200 mAH dan mendukung pengisian daya cepat (fast charging) 45 watt.

Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 13 yang dipoles dengan antarmuka OneUI 5.1.1. Versi UI (User Interface) terbaru ini juga meningkatkan produktivitas pengguna.

Fitur-fiturnya seperti proses editing di layar tablet lebih fleksibel dan mulus, dapat berbagi pekerjaan dari Samsung Notes ke Google Meet, terintegrasi dengan sejumlah aplikasi editing.

Aplikasi tersebut terdiri dari GoodNotes (semacam Samsung Noted), Luma Fision (aplikasi edit video), Clip Studio Paint (aplikasi untuk membuat desain grafis), dan ArcSite, khusus pengguna arsitektur atau desain interior.

Tampilan dari layar depan Samsung Galaxy Tab S9 UltraKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Tampilan dari layar depan Samsung Galaxy Tab S9 Ultra

Samsung Galaxy Tab S9 series kali ini juga memiliki Multi Window dan Pop-up View. Dalam satu jendela layar, pengguna dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus untuk melakukan pekerjaan multitasking.

Perangkat juga mengadopsi ekosistem Samsung dengan fitur Quick Share. Artinya, tablet bisa langsung terintegrasi dengan sejumlah perangkat Samsung lainnya dengan seamless, seperti Galaxy Z Fold 5 atau Galaxy Z Flip 5.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com