Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy Z Flip 5 Resmi Diumumkan di Indonesia, Harga Mulai Rp 16 Juta

Kompas.com - 15/08/2023, 14:13 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah dirilis secara global di ajang tahunan "Galaxy Unpacked 2023", Samsung Galaxy Z Flip 5 resmi dirilis di pasar Indonesia.

Peluncuran Galaxy Z Flip 5 digelar dalam acara bertajuk “Join the Flip Side with Galaxy Z Fold5 | Z Flip5” di Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (15/8/2023).

"Kita bisa mengekspresikan diri dengan device yang ada di genggamanmu. Ekosistem seamless yang canggih memungkinkan Anda multitasking dengan lancar" kata Simon Lee, President of Samsung Electronics Indonesia di atas panggung peluncuran.

Sebagai suksesor dari Galaxy Z Flip 4, ponsel lipat Samsung Galaxy Z Flip 5 hadir dengan sejumlah perubahan dan peningkatan. Mulai dari layar sekundernya yang kini diperbesar, hingga konstruksi engsel baru sehingga lipatan ponsel terlipat lebih rapat.

Layar sekunder tersebut diperbesar dari 1,9 inci menjadi 3,4 inci. Peningkatan ukuran layar ini membuat punggung ponsel nyaris dipenuhi layar, ketika dalam kondisi terlipat.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Z Flip 5 di Indonesia

Layar tersebut juga bisa digunakan untuk berbagai aktivitas. Misalnya, membalas pesan teks, pesan WhatsApp, melakukan transaksi, mengakses Samsung Wallet, membuka jendela notifikasi, hingga menonton layanan streaming Netflix.

"Cover screen-nya lebih besar dan kita bisa lebih berekspolarasi. Ada juga Flipsuit Case. Ini saya percaya bisa mengekspresikan diri dan dapat dipersonalisasi tiap pengguna", kata Lo Khing Seng, Head of Mobile Experience Business, Samsung Electronics Indonesia.

(Kiri-kanan) Simon Lee, President of Samsung Indonesia dan Lo Khing Seng, Head of amobile Experience Business, Samsung Electronics IndonesiaKOMPAS.com/Caroline Saskia (Kiri-kanan) Simon Lee, President of Samsung Indonesia dan Lo Khing Seng, Head of amobile Experience Business, Samsung Electronics Indonesia

Sementara itu, konstruksi engsel baru yang sudah disinggung di atas, membuat ponsel terlihat lebih tipis, ringan, ringkas, dan nyaman untuk digenggam dalam satu telapak tangan orang dewasa.

Apabila dibandingkan dengan Galaxy Z Flip 4, dimensi pendahulunya memiliki ketebalan bodi yang lebih tebal saat ditutup.

Galaxy Z Flip 4 berukuran 71,9 mm (lebar) x 84,9 mm (tinggi) x 17,1 mm (ketebalan), sedangkan Galaxy Z Flip 5 berukuran 71,9 mm (lebar), 85,1 mm (tinggi), dan 15,1 mm (ketebalan) dalam kondisi terlipat

Spesifikasi Samsung Z Flip 5

Varian warna yang dihadirkan Galaxy Z Flip 5 adalah Mint, Graphite, Cream, dan LavenderKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Varian warna yang dihadirkan Galaxy Z Flip 5 adalah Mint, Graphite, Cream, dan Lavender

Samsung Galaxy Z Flip 5 datang dengan layar utama Dynamic AMOLED 2X seluas 6,7 inci, refresh rate 120 Hz dan resolusi Full HD Plus (2.640x1.080 piksel) dengan rasio 22:9 dan tingkat kecerahan maks 1.600 nits.

Untuk layar sekunder berukuran 3,4 inci datang dengan panel Super AMOLED. Layar sekunder memiliki refresh rate 60 Hz, resolusi 720x748 piksel, tingkat kerapatan 306 PPI.

Beralih ke sektor fotografi, Galaxy Z Flip 5 dilengkapi kamera ultra wide 12 MP (f/2.2) dengan sudut pandang 123 derajat dan kamera 12 MP (f/1.8) yang dilengkapi OIS (Optical Image Stabilization/penstabil gambar). Sementara itu, kamera di layar utama adalah 10 MP (f/2.2).

Tampilan depan Samsung Galaxy Z Flip 5 saat layar dibentangkan.KOMPAS.com/Caroline Saskia Tampilan depan Samsung Galaxy Z Flip 5 saat layar dibentangkan.

Bicara soal chipset, Galaxy Z Flip 5 ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy yang disiapkan khusus oleh Qualcomm, seperti di Galaxy S23 Ultra. Chipset tersebut dipadankan dengan RAM 8 GB dan ruang penyimpanan (storage) seluas 256 GB atau 512 GB.

Baca juga: 4 Keunggulan Samsung Galaxy Z Flip 5, Cover Screen Besar dan Engsel Rapat

Galaxy Z Flip 5 masih ditopang baterai yang sama dengan pendahulunya, yakni 3.700 mAh dan mendukung pengisian daya cepat 25 watt. Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 13 yang dipoles dengan antarmuka OneUI 5.1.1.

Fitur pendukung lainnya, perangkat sudah mendukung jaringan 5G, mengantongi sertifikasi IPX8, Wi-FI 6E, Bluetooth 5.3, pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan tombol daya, dan slot nano-SIM.

Harga Samsung Z Flip 5

Untuk banderol, berikut adalah harga Samsung Z Flip 5 di Indonesia:

  • Samsung Galaxy Z Flip 5 (8/256 GB): Rp 16 juta
  • Samsung Galaxy Z Flip 5 (8/512 GB): Rp 18 juta

Varian warna yang dihadirkan adalah Mint, Graphite, Cream, dan Lavender. Tambahan warna eksklusif khusus pemesanan online terdiri dari Grey, Yellow, Green, dan Blue yang didesain dengan warna bingkai hitam doff.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com