Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Rilis Proyektor Portabel dengan Fitur Cloud Gaming

Kompas.com - 21/08/2023, 16:42 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - Samsung resmi mengumumkan proyektor portabel terbaru mereka, The Freestyle Gen 2, untuk pasar Amerika Serikat. Samsung The Freestyle Gen 2 ini diklaim sebagai proyektor portabel pertama dengan fitur untuk cloud gaming.

Dengan fitur ini, pengguna bisa main game secara streaming tanpa perlu konsol atau komputer (PC). Gamer juga tidak perlu mengunduh game yang ingin dimainkan.

Pengguna hanya memerlukan proyektor tersebut, koneksi internet yang stabil, dan dinding atau permukaan lainnya untuk menampilkan visual game yang dimainkan.

Game yang bisa dimainkan melalui proyektor Samsung The Freestyle Gen 2 ini tersedia di layanan "Samsung Gaming Hub". Ada ribuan game yang bisa dimainkan di sana.

Samsung Gaming Hub ini didukung oleh sejumlah layanan streaming game, yakni Xbox Game Pass, Nvidia GeForce Now, Amazon Luna, Utomik, Antstream Arcade, dan Blacknut.

"Kini pengguna bisa streaming ribuan game populer dalam kualitas HD di layar lebar, baik di rumah maupun di luar rumah, seperti di perkemahan," kata James Fishler, Senior Vice President, Home Entertainment & Display Division di Samsung Electronics America.

Proyektor Samsung The Freestyle Gen 2 juga kompatibel dengan berbagai controller Bluetooth. Alternatifnya, terdapat alat kontrol berupa remot Samsung SolarCell yang dayanya dapat diisi menggunakan sinar matahari atau charger USB-C.

Baca juga: Proyektor Portable The Freestyle Samsung Dijual di Indonesia, Harga Rp 15 Juta

Samsung The Freestyle Gen 2 membawa peningkatan memori dibanding pendahulunya. Proyektor ini juga didukung oleh aplikasi Spotify, YouTube, dan Twitch, yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan musik atau konten lainnya saat bermain game.

Samsung The Freestyle Gen 2 memiliki spesifikasi yang identik dengan pendahulunya, contohnya ukuran layar yang ditampilkan dari 30 hingga 100 inci, dengan resolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel).

Layar tersebut mendukung teknologi HDR10 Plus dan rasio kontras 100.000:1.

Samsung The Freestyle Gen 2NotebookCheck Samsung The Freestyle Gen 2

Perangkat dengan dimensi 102,4 x 172,8 x 95,2 mm dan bobot 810 gram ini dilengkapi oleh dudukan yang dapat diputar 180 derajat. Ada juga speaker berdaya 5 Watt dengan teknologi suara 360 derajat, yang mampu menghasilkan pengalaman audio yang lebih imersif.

Saat dibawa bepergian, pengguna bisa menghubungkan The Freestyle dengan baterai portabel untuk melakukan pengisian daya. Soal port, The Freestyle Gen 2 dibekali port Micro HDMI dan USB-C.

Beralih ke software, proyektor menjalankan sistem operasi (OS) Tizen OS, sehingga pengguna bisa menikmati beragam layanan dan aplikasi yang tersedia di deretan Samsung Smart TV.

Contohnya saja layanan video on demand untuk menonton ratusan kanal televisi, dan ribuan serial televisi atau film di Amerika Serikat.

Ada pula asisten virtual berbasis suara, Bixby Assistant yang digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya mengatur volume suara tanpa harus menggunakan remot proyektor.

Baca juga: Cara Membuat HP Menjadi Proyektor

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com