Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spek HP untuk Main "Metal Slug Awakening" di Android dan iOS

Kompas.com - Diperbarui 22/08/2023, 20:57 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber VNG Games

KOMPAS.com - VNG Game Studios resmi meluncurkan game Metal Slug Awakening di Android dan iOS pada Selasa (22/8/2023). Game ini sudah bisa diunduh (download) dan dimainkan mulai pukul 09.00 WIB.

Nah, untuk memainkan game waralaba (franchise) buatan SNK Corporation ini dengan lancar, pemain tampaknya membutuhkan perangkat Android dan iOS yang cukup mumpuni.

Dalam laman daftar pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ), VNG Game Studios mengatakan bahwa pengguna ponsel Android minimal harus memiliki HP dengan RAM 3 GB untuk memainkan Metal Slug Awakening tanpa hambatan.

VNG Game Studios tidak mengungkap berapa RAM iPhone yang dibutuhkan untuk memainkan game terbarunya itu. Namun yang jelas, mereka menyarankan pengguna untuk memiliki iPhone dengan sistem operasi (OS) iOS 10 atau yang lebih baru.

Baca juga: Game Legendaris PS1 Metal Slug Hadir di Android dan iOS, Server Sudah Dibuka

Beralih ke ukuran file, di Android, Metal Slug Awakening memiliki ukuran file sekitar 2 GB, sedangkan di iOS ukurannya lebih besar yaitu sekitar 3 GB.

Terkait ukuran file ini, VNG Game Studios menyarankan pengguna menyiapkan setidaknya sisa ruang penyimpanan (storage) sebesar 10 GB. Kapasitas kosong storage ini akan digunakan untuk mengekstrak file-file game ketika selesai diunduh untuk pertama kalinya. 

Selengkapnya, simak spesifikasi main Metal Slug Awakening di HP Android dan iOS supaya pengguna bisa memainkan game ini dengan lancar, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari VNGGames.com, Selasa (22/8/2023):

Ilustrasi gameplay Metal Slug Awakening.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi gameplay Metal Slug Awakening.

Spesifikasi rekomendasi main Metal Slug Awakening di ponsel iOS (iPhone)

  • Model iPhone: iPhone 6s ke atas
  • Versi iOS: iOS 10 ke atas
  • Storage: sisa ruang penyimpanan minimal 10 GB

Spesifikasi minimum main Metal Slug Awakening di ponsel Android

  • Chipset: Qualcomm 439/MediaTek MT6765/Kirin 655, atau lebih tinggi
  • RAM: 3 GB ke atas
  • OS: Android 6.0 ke atas
  • Storage: sisa ruang penyimpanan minimal 10 GB

Spesifikasi minimum main Metal Slug Awakening di ponsel Android

  • Chipset: Qualcomm 778G/MediaTek Dimensity 1000 Plus/Kirin 990, atau lebih tinggi.
  • RAM: 3 GB ke atas
  • OS: Android 8.0 ke atas
  • Storage: sisa ruang penyimpanan minimal 10 GB

Tentang Metal Slug Awakening

Ilustrasi pemilihan karakter Metal Slug Awakening.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi pemilihan karakter Metal Slug Awakening.

Secara gameplay, Metal Slug Awakening masih mengusung metode bermain klasik ala Metal Slug, yaitu side-scrolling. Dengan ini, pemain hanya akan bisa mengontrol karakter ke kiri, kanan, atas, dan bawah.

Secara alur cerita, Metal Slug Awakening tampaknya diadaptasi dari salah satu game Metal Slug yang dirilis di Neo Geo pada 1999 dan di PS1 pada 2001 lalu, yaitu Metal Slug X.

Artinya, pemain akan disuguhkan dengan suasana peperangan di tengah gurun pasir untuk misi pertama mereka.

Baca juga: Tencent Umumkan Game Metal Slug Code J untuk Android dan iOS

Sama seperti Metal Slug X pula, Metal Slug Awakening mengizinkan pemain memilih satu dari empat karakter yang tersedia. Nama-nama karakter tersebut sama seperti game orisinalnya, yaitu Marco Rossi, Eri Kasamoto, Tarma Roving, dan Fio Germi.

Setelah memilih karakter, pemain lantas akan melaju ke depan (ke kanan) untuk membasmi musuh yang menghadang, menyelamatkan para sandera, serta mendapatkan beragam senjata dan kekuatan untuk mempermudah jalannya permainan.

Mereka juga bisa menaiki sejumlah kendaraan ikonik yang ada di game Metal Slug seperti tank "Metal Slug", pengebor tanah "Drill Slug", robot "Heavy Mecha", hewan "Sonic Alpaca", mobil "Metal Express", hingga unta "SV-Camel".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com