Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Bikin Threads Versi Web, Begini Tampilannya

Kompas.com - 23/08/2023, 10:21 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Instagram berupaya membawa Threads ke desktop dengan membuat aplikasi pesaing Twitter itu ke versi web. Namun, Threads berbasis web ini belum bisa diakses oleh semua, karena masih bersifat uji coba.

Sebelumnya, Threads memang sudah dapat diakses melalui website melalui link URL. Namun, pengguna hanya dimungkinkan untuk melihat satu unggahan dari link URL yang dikirimkan. Selebihnya, fitur dan menu-menunya masih terbatas, tidak banyak yang dapat dilakukan.

Dalam uji coba ini, Threads versi web memungkinkan penggunanya untuk mengunggah konten ke dalam platform, berinteraksi di postingan akun lain, melihat profil akun, dan sebagainya.

Baca juga: Sebulan Meluncur, Threads Ditinggal Nyaris 80 Persen Pengguna

Tampilan Threads dalam versi webMeta Tampilan Threads dalam versi web

Sementara itu, bicara soal tampilan, bahasa desain yang diadopsi sama persis dengan tampilan Threads versi mobile. Hanya saja, terdapat perubahan kecil di bagian menu utamanya.

Di menu Home, tampilan website terlihat didominasi warna putih dan hitam. Logo Threads terletak di pojok kiri atas dan ikon dua garis berada di pojok kanan. Kemudian, terdapat tombol "For You" di pojok kiri bawah.

Di bagian atas, terdapat lima ikon di tengah layar yang bisa diakses pengguna. Kelima ikon tersebut sama persis dengan ikon Threads versi mobile. Bedanya ikon versi mobile berada di bawah, sedangkan versi web berada di bagian atas.

Ikon pertama berbentuk rumah untuk mengakses beranda (timeline), ikon kaca pembesar “Search” untuk melakukan pencarian konten, profil akun, dan sebagainya.

Ikon ketiga digunakan untuk mengirim unggahan, ikon hati untuk melihat notifikasi (konten yang disukai, informasi diikuti (follow) orang lain, dan sebagainya), dan ikon profil untuk melihat akun profil.

Baca juga: 3 Fitur Baru Threads, Salah Satunya Bisa Share ke DM Instagram

Di bawah kelima ikon, terdapat kolom bertuliskan "Start a thread...". Kolo tersebut dapat digunakan untuk mengirim posting yang ingin diunggah.

Adapun di bawah kolom tersebut, terdapat timeline atau unggahan dari akun lain. Pengguna dapat menggulir layar untuk melihat keseluruhan konten. Tampilan yang ditawarkan terlihat sangat minimalis dan sederhana.

Pantauan KompasTekno, pengguna Indonesia belum mendapat akses Threads versi web. Namun, menurut The Verge, seperti yang dikutip KompasTekno, Rabu (23/8/2023), pengalaman yang ditawarkan Threads versi web masih belum maksimal.

Ada beberapa fitur di Threads versi mobile yang masih belum dapat diakses di website. Merujuk pada penuturan juru bicara Meta, Christine Pai, fitur-fitur yang masih absen adalah mengedit foto profil dan mengirim pesan melalui Direct Message (DM) ke Instagram.

Terlepas dari hal tersebut, uji coba Threads versi web tampaknya layak untuk ditunggu. Sebab, kebaruan ini memungkinkan pengguna mengakses Threads langsung dari komputer atau laptop. Pengguna tidak harus mengandalkan smartphone untuk membuka platform tersebut.

Tampilan dari platform ini juga lebih lega dan luas ketimbang smartphone. Pengguna bisa memiliki opsi dan alternatif lain ketika tidak ingin mengakses Threads via smartphone.

Total waktu yang dihabiskan pengguna X Twitter dan Threads Instagram di Amerika Serikat untuk platform Android, periode 5 Juli hingga 6 Agustus 2023Similarweb Total waktu yang dihabiskan pengguna X Twitter dan Threads Instagram di Amerika Serikat untuk platform Android, periode 5 Juli hingga 6 Agustus 2023

Popularitas menurun

Aplikasi Threads sudah diperkenalkan ke publik pada 6 Juli 2023. Kemunculan aplikasi ini disambut positif dan menjadi sangat populer dalam sekejap.

Baca juga: Threads Belum Bisa Bikin Pengguna Betah Berlama-lama

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com