Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata FOMO Setelah Threads Meluncur yang Ramai di Twitter

Kompas.com - 10/07/2023, 11:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Thread salah satu aplikasi keluaran Meta baru saja dirilis dan kini telah mencapai puluhan pengguna. Aplikasi yang mirip dengan Twitter ini menjadi salah satu hal menarik tersendiri. Salah satunya adalah Threads yang otomatis terhubung dengan Instagram.

Pengguna yang mencoba Threads pertama kali mungkin sudah tidak asing lagi dengan tampilan linimasanya. Threads memiliki tampilan yang sama berupa mikroblog mirip Twitter. Saat membuat postingan, pengguna lain juga bisa menyukai, berkomentar, hingga memposting ulang (semacam retweet).

Rilisnya Threads menjadi perbincangan ramai di Twitter. Bahkan istilah FOMO kembali tren dan ramai disematkan pada beberapa postingan yang membicarakan mengenai aplikasi buatan Mark Zuckerberg itu.

Sebagian pengguna yang menggunakan istilah ini pun berpendapat bahwa pengguna yang mencoba dan beralih ke Threads hanya semata-mata karena FOMO. Salah satu kata istilah FOMO tersemat di twit ini.

Twit di atas menggunakan istilah FOMO untuk mempertanyakan apakah keramaian Threads yang terjadi hanya karena FOMO semata dan penasaran. Istilah ini ditujukan untuk pengguna yang beralih berbondong-bondong membuat akun Threads yang baru saja rilis Kamis (6/7/2023). 

Lantas, apa arti kata FOMO yang dikaitkan dengan kemunculan Threads? Berikut ini penjelasannya.

Baca juga: Arti FOMO, Bahasa Gaul yang Lagi Viral Belakangan Ini di Twitter

Arti kata FOMO

FOMO merupakan bahasa gaul dalam bahasa Inggris. FOMO sendiri adalah akronim dari "Fear of Missing Out". Secara harfiah, arti kata FOMO terdiri dari akronim "Fear of Missing Out" yang merupakan ketakutan atas kehilangan sesuatu hal.

Sementara itu, dilansir dari World Journal of Clinical Cases, FOMO adalah istilah unik yang berarti takut ketinggalan. Istilah ini diperkenalkan pada tahun 2004 untuk menggambarkan fenomena yang diamati di situs jejaring sosial.

FOMO juga erat kaitannya dengan istilah psikologi. Pada tahun 2013, psikolog Inggris menguraikan dan mendefinisikan FOMO sebagai istilah untuk orang yang merasa cemas atau takut bahwa mereka akan melewatkan pengalaman yang berharga atau menarik yang dimiliki oleh orang lain.

Mereka merasa bahwa ada potensi mereka tidak akan mendapatkan pengalaman serupa atau merasa terpinggirkan dari suatu kegiatan atau tren yang sedang terjadi. Hal ini juga dicirikan dengan keinginan pengguna untuk terus terhubung dengan apa yang dilakukan orang lain.

Sehingga apabila dikaitkan dengan istilah FOMO yang ramai dibicarakan dan dikaitkan dengan munculnya Threads, maka kata ini bermakna bahwa pengguna khawatir akan kehilangan tren yang sedang ramai saat ini yaitu Threads.   

Baca juga: Arti Kata “Cegil” yang Ramai di Twitter dan TikTok

Pengguna yang dilabeli dengan istilah "FOMO" akan Threads dianggap bahwa seseorang memiliki kecemasan kehilangan pengalaman berharga, dalam hal ini mencoba aplikasi baru mirip Twitter, seperti Threads.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com